Blog

Perbedaan Pemimpin Dan Manajer Menurut Para Ahli

Anda mungkin memiliki satu atau dua manajer dalam karier Anda yang tidak terlalu Anda sukai. Dan di sisi lain, Anda mungkin pernah bekerja dengan atau untuk seseorang yang sangat Anda kagumi dan kagumi. Manajer dan pemimpin. Tidak semua manajer bagus dalam kepemimpinan, dan tidak semua pemimpin hebat bagus dalam manajemen. Ada argumen tentang apakah kedua istilah ini sebenarnya sama atau berbeda. Apa yang sebagian besar penelitian telah temukan adalah bahwa seorang manajer lebih tentang posisi Anda, dan kepemimpinan lebih tentang siapa Anda. Anda bisa menjadi manajer dan pemimpin, atau Anda bisa menjadi salah satunya. Jika Anda seorang manajer saat ini atau calon manajer, sangat penting untuk fokus pada kepemimpinan yang baik. Ada beberapa perbedaan di antara kedua judul ini, tetapi memahami perbedaan ini dapat menjadi aset besar dan bagaimana Anda dapat bekerja untuk mengembangkan karakteristik keduanya.

Manajer umumnya bertanggung jawab atas operasi sehari-hari dari suatu operasi. Mereka memiliki orang-orang yang melapor kepada mereka, mereka mengawasi pekerjaan mereka, dan membantu membuat semua proyek berjalan dengan lancar. Mereka mengelola sistem dengan percaya diri dan membantu pekerja mereka merasa dipahami dan berarti bagi organisasi.

Kepemimpinan adalah tentang membangun visi untuk diikuti orang. Mereka menginspirasi dan mengarahkan dengan otoritas dan kecerdasan. Mereka membantu orang merasa percaya diri dan bersemangat untuk mengikuti jejak mereka.

Kepemimpinan dan manajemen mungkin tampak berbeda, tetapi pada kenyataannya mereka memiliki banyak kualitas. Jika seorang manajer adalah pemimpin yang baik, pekerja mereka akan bersedia mengikuti jejak mereka, mereka akan mempercayai mereka, dan mereka akan memiliki pengalaman kerja yang lebih positif.

Temukan berbagai karakteristik pemimpin tim dan manajer, dan bagaimana Anda dapat bekerja untuk memanfaatkan keduanya dan berhasil mengarahkan tim di organisasi Anda.

Karakteristik kepemimpinan dan manajemen
karakteristik kepemimpinan dan manajemenPemimpin dan manajer memiliki beberapa karakteristik penting, tetapi mereka juga memiliki beberapa elemen yang sangat berbeda yang membuat mereka unik. Ada berbagai teori kepemimpinan dan gaya manajemen yang dapat secara langsung memengaruhi bagaimana seorang manajer atau pemimpin berperilaku.

Karakteristik kepemimpinan
* berinovasi
* memotivasi
* Menginspirasi
* Memberdayakan
* Berfokus pada orang
* Menciptakan visi untuk masa depan
* Menetapkan nada untuk budaya kelompok yang hebat
* Penglihatan jarak jauh
* Merangkul perubahan

Karakteristik manajemen
* mengelola
* Menetapkan tujuan tertentu
* Menyediakan struktur untuk tim
* Rencana
* Mengatur
* Delegasi
* Menerapkan strategi
* Memecahkan masalah
* Berorientasi pada detail

Persamaan Karakteristik
* Komunikasi terbuka
* Kejujuran
* Integritas
* Ketegasan
* Menghormati
* Empati
* Kreativitas
* Kepercayaan diri
* Optimisme
* Komitmen

Apa yang dilakukan pemimpin dan manajer?
Dalam banyak kasus, tidak semua pemimpin melakukan pekerjaan manajemen dalam pekerjaan mereka. Dan beberapa manajer tidak efektif dalam kepemimpinan. Sangat penting untuk memahamiperbedaan spesifikdalam peran, tindakan, dan tanggung jawab pemimpin dan manajer.

apa yang dilakukan pemimpin dan manajerJika Andamempelajari manajemen,sangat berharga untuk dapat menerapkan karakteristik dan kemampuan pemimpin ke dalam pekerjaan Anda. Jika Anda berada dalam posisi kepemimpinan dalam sebuah organisasi, sangat penting untuk memahami apa yang menjadi tanggung jawab manajer dan bagaimana Anda dapat membantu mendukung pekerjaan mereka. Kedua jabatan ini dapat dan harus bekerja sama secara kohesif untuk memberikan lingkungan kerja terbaik bagi karyawan.

Misi vs. visi
Manajemen menghabiskan banyak waktu mereka dengan fokus pada misi spesifik organisasi dan tim mereka. Mereka perlu mengetahui tujuan terperinci untuk kesuksesan proyek, dan membantu tim menemukan cara untuk mencapai tujuan mereka. Fokus seorang manajer pada misi membantu anggota tim memahami apa yang diharapkan dari mereka. Visi adalah elemen kepemimpinan yang melibatkan melihat gambaran yang lebih besar. Pemimpin membantu tim memahami bagian terbesar yang dapat mereka mainkan dalam membantu organisasi. Mereka memotivasi orang-orang yang bekerja dengan mereka untuk membantu mereka menangkap visi itu. Mereka membantu tim melihat kontribusi mereka dalam cahaya yang lebih besar, sebagai bagian dari visi keseluruhan untuk sukses. Mereka fokus pada beberapa hasil gambaran yang lebih besar dan membantu semua orang bergabung. Manajer dapat memiliki kualitas kepemimpinan ini dengan membantu tim menangkap visi organisasi dan proyek sebelum menyelami detail yang lebih kecil dari misi spesifik mereka. Adalah tanggung jawab mereka untuk fokus pada detail, tetapi juga bisa menjadi kunci untuk menginspirasi mereka agar ingin fokus pada detail itu.

Inovasi vs. organisasi
Manajer perlu diorganisir untuk membantu pekerja mereka menjadi sukses. Organisasi dalam proyek, rapat, strategi, dan tim adalah kunci bagi manajer untuk membantu pekerja mereka merasa aman. Manajer perlu menghabiskan waktu berfokus pada cara-cara khusus untuk diatur dalam tugas sehari-hari serta proyek yang lebih besar. Apa pun ide hebat yang akan datang, manajer menemukan cara untuk memecahnya menjadi tugas dan proyek yang lebih kecil yang dapat dikelola oleh tim. Kepemimpinan menghabiskan waktu berfokus pada inovasi dan menghasilkan rencana baru yang menarik.Kreativitas adalah kunci untuk inovasi yang efektif dalam diri para pemimpin. Mereka selalu mencari hal baru yang bisa mereka coba untuk membantu perusahaan. Manajer dapat memanfaatkan kedua tindakan ini dengan mencari ide-ide inovatif yang menarik bagi tim mereka, dan membantu mengatur cara untuk membuat inovasi tersebut terungkap.

Kesadaran diri, kepercayaan, dan kontrol
Manajemen dan kepemimpinan sama-sama perlu memiliki kesadaran diri, kepercayaan, dan kontrol pada karyawan mereka. Karyawan dan pekerja perlu melihat bahwa manajer dan pemimpin mereka mempercayai mereka. Ini penting agar mereka merasa percaya diri dalam pekerjaan mereka. Manajer dan pemimpin juga perlu sadar diri sehingga mereka memahami bagaimana mereka berdampak pada orang-orang di sekitar mereka.

Mampu melihat diri mereka sendiri secara objektif membantu mereka untuk lebih terhubung dengan karyawan mereka. Ini adalah bagian penting dari kecerdasan emosional yang mana manajemen dan kepemimpinan dapat sangat diuntungkan. Kontrol adalah elemen penting lainnya bagi para pemimpin dan manajer yang efektif. Manajemen perlu menemukan kontrol sehingga karyawan mereka memandang mereka dengan hormat dan otoritas. Para pemimpin juga membutuhkan kontrol untuk memastikan bahwa orang-orang yang mengikuti mereka percaya bahwa mereka memiliki sesuatu yang penting untuk ditunjukkan kepada mereka.

Pembelajaran dua arah
Pembelajaran dua arah adalah keyakinan bahwa wawasan dan nasihat bisa datang dari mana saja. Manajer dan pemimpin sama-sama membutuhkan ini untuk dapat menerima ide dan wawasan dari karyawan yang lebih rendah. Bersedia dan bersemangat mendengarkan karyawan sangat penting untuk menjadi sukses baik sebagai manajer maupun sebagai pemimpin. Sangat penting untuk memahami bahwa Anda dapat belajar dari siapa pun dalam organisasi, apa pun jabatannya.

Pentingnya mendefinisikan peran Anda sebagai pemimpin dan manajer
Meskipun kepemimpinan dan manajemen sedikit berbeda, Anda dapat memainkan kekuatan dari keduanya dan menjadi manajer yang memimpin karyawan dengan sukses.Pemilik usaha kecil dan pengusaha sering kali harus menjalani garis sebagai pemimpin dan manajer, dan manajemen harus bekerja keras untuk mencoba dan juga memiliki kepemimpinan yang hebat bagi orang-orang yang bekerja di bawah mereka.

pentingnya mendefinisikan peran anda sebagai pemimpin dan manajerMenggabungkan kualitas dari kedua peran ini membantu manajer dan pemimpin menjadi lebih berdampak. Jika Anda berharap menjadi seorang manajer, penting untuk memulai dengan bersekolah sehingga Anda memiliki semua keterampilan yang Anda butuhkan, dan kemudian dapat bekerja untuk mendapatkan karakteristik kepemimpinan dan manajemen.