Blog

Pentingnya Melestarikan Kebudayaan Halaman 1

Pasti kita semua sudah sering mendengar istilah kebudayaan, kebudayaan bisa dikatakan sebagai salah satu pembentuk karakter seseorang. Negara kita (Indonesia) yang begitu luas yang terdiri dari berbagai suku bangsa pasti berbeda pula kebudayaan yang dimiliki oleh masing-masing daerah apakah itu dari segi bahasanya, logatnya atau norma yang berlaku di daerah asalnya. Namun di era modern seperti sekarang ini sudah banyak kebudayaan yang dimiliki negeri ini yang bergeser ke arah negatif salah satu faktor penyebabnya adalah gampangnya masyarakat kita mengadopsi kebudayaan dari negara lain tanpa memperhatikan apakah budaya tersebut sesuai dengan budaya yang selama ini dianut oleh bangsa indonesia. Namun, sebelum membahas lebih jauh tentang pentingnya melestarikan kebudayaan tentu saja kita harus tahu duluh apa yang dimaksud dengan kebudayaan, di bawah ini saya akan memberikan pengertian tentang kebudayaan:

A. Pengertian kebudayaan

Kata “kebudayaan berasal dari (bahasa Sanskerta) yaitu “buddayah” yang merupakan bentuk jamak dari kata “budhi” yang berarti budi atau akal. Kebudayaan diartikan sebagai “hal-hal yang bersangkutan dengan budi atau akal”. Pengertian Kebudayaan secara umum adalah hasil cipta, rasa dan karsa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang kompleks yang mencakup pengetahuan, keyakinan, seni, susila, hukum adat dan setiap kecakapan, dan kebiasaan.

B. Pengertian kebudayaan menurut para ahli

a) Menurut Edward Burnett Taylor dalam karyanya yang berjudul primitive culture, kebudayaan adalah kompleks dari seluruh pengetahuan, kepercayaan, kesenian, hukum, adat istiadat dan setiap kemampuan lain dan kebiasaan yang dimiliki oleh manusia sebagai anggota suatu masyarakat.

b) Menurut Malynowski kebudayaan merupakan kesatuan pengorganisasian dari 2 aspek fundamental.

c) Menurut Marvin Haris kebudayaan harus dipandang dengan melihat sebuah kenyataan bahwa manusia menampilkan prilaku atau aktivitas tertentu agar ia dapat makan, menghirup udara, membuang air besar, mencari jodoh, memperbanyak keturunan, berpindah-pindah, tidur dan beristirahat.

d) Frans Boas mengatakan kebudayaan adalah gabungan dari seluruh manivestasi kebisaan sosial dari suatu masyarakat.

e) Menurut Koentjaraningrat yang mengatakan bahwa pengertian kebudayaan adalah keseluruhan manusia dari kelakuan dan hasil yang harus didapatkannya dengan belajar dan semua itu tersusun dalam kehidupan masyarakat.

f) A.L. Kroeber dan C.Kluckhohn (1952:34) Dalam bukunyan Culture, a critical review of concepts and definitions mengatakan bahwa kebudayaan adalah manifestasi atau penjelmaan kerja jiwa manusia dalam arti seluas-luasnya.

Setelah membaca pengertian kebudayaan baik yang menurut para ahli diatas kita bisa menarik kesimpulan bahwa kebudayaan adalah kebiasaan yang dilakukan manusia sebagai hasil karya dari pemikiran akal manusia itu sendiri dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang kompleks yang mencakup pengetahuan, keyakinan, seni, susila, hukum adat dan setiap kecakapan, dan kebiasaan.

Lihat Humaniora Selengkapnya Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Lihat Semua Komentar (0)