Blog

Pengertian XAMPP Menurut Para Ahli

XAMPP adalah satu paket software web server yang terdiri dari Apache, MySQL, PHP dan PHP MyAdmin. Mengapa menggunakan XAMPP? Karena XAMPP sangat mudah penggunaannya, terutama jika anda seorang pemula. Proses instalasi XAMPP sangat mudah, karena tidak perlu melakukan konfigurasi Apache, PHP, dan MySQL secara manual, XAMPP melakukan instalasi dan konfigurasi secara otomatis.

XAMPP merupakan paket PHP yang berbasis Open Source yang dikembangkan oleh sebuah komunitas Open Source. Informasinya dapat diperoleh pada alamat untuk paket dengan versi Windows, anda dapat memperolehnya dengan cara men-download langsung pada alamat website-nya /de/xamppwindows.html#628. Dengan menggunakan XAMPP tidak usah lag melakukan penginstalan program-program yang lain, karena semua kebutuhan telah disediakan oleh XAMPP.

Xampp adalah sebuah paket kumpulan software yang terdiri dari apache, mysql, phpmyadmin, php, Perl, Freetype2,dll. Xampp berfungsi untuk memudahkan instalasi lingkungan php, di mana biasa nya lingkungan pengembangan web memerlukan php,apache,mysql dan phpmyadmin serta software-software yang terkait dengan pengembangan web. Dengan menggunakan xampp, kita tidak perlu menginstall aplikasi-aplikasi tsb satu persatu. Paket aplikasi perlu di extract dan di install terlebih dahulu, dengan memilih jenis xampp sesuai dengan jenis OS nya. Berikut ini adalah beberapa pengertian xampp menurut para ahli..

1. Menurut Imansyah (2010:4), berpendapat bahwa “Xampp adalah installer yang membundel Apache, PHP,dan MySQL untuk Windows dalam satu paket”.
2. Menurut Puspitasari (2011:1), berpendapat bahwa “XAMPP adalah sebuah softwarewebserver apache yang didalamnya sudah tersedia database server mysql dan support php programming. xampp merupakan software yang mudah digunakan gratis dan mendukung instalasi di linux dan windows. Keuntungan lainya adalah cuma menginstal 1 kali sudah tersedia apache web server, mysql database server, php support (php4 dan php5) dan beberapa modul lainya hanya bedanya kalau versi windows selalu dalam bentuk instalasi grafis dan yang linux dalam bentuk file terkompresi tar.gz. kelebihan lain yang berbeda dari versi untuk windows adalah memeliki fitur untuk mengaktifkan sebuah server secara grafis, sedangkan linux masih berupa perintah-perintah didalam console. oleh karena itu versi untuk linux sulit untuk dioperasikan”.
3. Sidik (2012:72) menyatakan, “XAMPP (X(Windows/Linux) Apache MySQL PHP dan Perl) merupakan paket server web PHP dan databae MySQL yang paling populer di kalangan pengembang web dengan menggunakan PHP dan MySQL sebagai databasenya”
4. Menurut Nugroho (2013:1), “XAMPP adalah paket program web lengkap yang dapat Anda pakai untuk belajar pemrograman web, khususnya PHP dan MySQL”.
5. Menurut Kartini (2013:27-26) berpendapat bahwa, “Xampp merupakan tool yang menyediakan paket perangkat lunak ke dalam satu buah paket”.
6. Menurut Buana (2014:4), “XAMPP adalah perangkat lunak opensource yang diunggah secara geratis dan bisa dijalankan di semua semua operasi seperti windows, linux, solaris, dan mac”.
7. Winarno dkk (2014:1), “Xmpp adalah software web server yang bias dipakai untuk mengakomodasi system operasi yang anda pakai (X), Apache (A), MySQL (M), PHP (P) dan Perl (P).
8. Wahana Komputer (2014:72), XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP, dan Perl. XAMPP adalah tool yang menyediakan paket perangkat lunak dalam satu buah paket.
9. XAMPP adalah software yang mendukung banyak sistem operasi dan merupakan kompilasi dari beberapa program (Mallu, 2015).
10. Riyanto (2015:1), XAMPP merupakan paket PHP dan MySQL berbasis open source, yang dapat digunakan sebagai tool pembantu pengembangan aplikasi berbasis PHP.
11. Madcoms (2016:148), “Xmpp adalah sebuah paket kumpulan software yang terdiri dari Apache, MySQL, PhpMyadmin, PHP, Perl, Filezilla, dan lain lain.
12. Menurut MADCOMS (2016) xampp adalah sebuah kumpulan software yang terdiri dari apache, MySQL, PhpMyadmin, PHP, pearl,Filezilla dan lain – lain. Xampp berfungsi untuk memudahkan instalasi lingkungan PHP dimana biasanya lingkungan php, apache, MySQL dan phpMyAdmin. (Fitri ayu, et, All, 2018).

XAMPP memiliki arti sebagai berikut :

* X: Dapat dijalankan diberbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, Mac OS dan juga Solaris.
* A: Apache yaitu aplikasi web server yang bertugas menghasilkan halaman web kepada user berdasarkan kode PHP yang ditulis programmer.
* M: MySQL yaitu aplikasi database server yang digunakan untuk membuat dan mengelola database beserta isinya.
* P: PHP yaitu bahasa pemprograman untuk membuat web yang bersifat server-side scripting.
* P: Perl adalah bahasa pemprograman untuk segala keperluan, dikembangkan pertama kali oleh oleh Larry Wall di mesin Unix

Pembahasan lainnya :

# tag

definisi xampp yang lengkap definisi xampp menurut para ahli pengertian xampp menurut para ahli pengertian xampp dan fungsinya pengertian xampp menurut para ahli 2018 pengertian xampp menurut para ahli 2017 pengertian xampp menurut jurnal pengertian xampp menurut para ahli dan daftar pustaka

Sistem Informasi