Blog

Pengertian Unsur Contoh Cerita Pendek Ciri 2022

FAQs
Ciri-ciri Cerpen dan Unsur Instriknya yang Perlu Diketahui

* Ceritanya fiktif atau rekaan.
* Fokus pada satu aspek cerita.
* Mengungkapkan masalah yang penting saja.
* Menyajikan peristiwa dengan cermat dan jelas.
* Ceritanya pendek atau singkat.
* Menggunakan bahasa yang tajam, sugestif, dan provokatif atau menarik perhatian.

Unsur Intrinsik dalam Cerita Pendek (Cerpen)

Terdapat tujuh macam unsur intrinsik dalam cerpen, di antaranya tema, tokoh dan penokohan, latar, alur, sudut pandang, amanat, dan gaya bahasa.

Cerpen atau cerita pendek adalah cerita yang tidak benar-benar terjadi (fiksi). Cerpen biasanya dikemas secara singkat dan jelas. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian cerpen adalah kisahan pendek, memiliki kesan tunggal yang biasanya dipusatkan pada satu tokoh dalam satu situasi cerita.

Pengertian cerpen merupakan singkatan cerita pendek jenis karya sastra berbentuk prosa yang dikemas secara ringkas, serta menceritakan suatu kisah fiktif yang berpusat pada satu tokoh beserta dengan konflik dan penyelesaiannya.

Cerita pendek merupakan salah satu teks fiksi. Cerpen adalah cerita narasi fiktif yang relatif pendek sehingga dapat selesai dibaca dalam sekali duduk.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata ciri adalah tanda khas yang membedakan sesuatu dari yang lain.

* Jalan ceritanya pendek. …
* Maksimal 10 ribu kata. …
* Bersifat fiktif. …
* Hanya mempunyai 1 alur cerita saja. …
* Ceritanya tentang kehidupan sehari-hari. …
* Dapat selesai dibaca sekali duduk. …
* Alur ceritanya lurus. …
* Penokohan cerita sangat sederhana.

Berikut ini macam-macam tema cerpen:

* Tema Jasmaniah. Tema jasmaniah merupakan tema yang berhubungan atau pun terfokus pada permasalahan kondisi fisik manusia. …
* 2. Tema Sosial. Tema sosial adalah tema cerpen yang berkaitan erat dengan berbagai macam hal yang berbau urusan sosial. …
* 3. Tema Ketuhanan. …
* 4. Tema Organik. …
* Tema Egoik.

Unsur cerita adalah unsur-unsur yang mempengaruhi terbentuknya sebuah cerita. Sebuah cerita jika dipahami secara mendalam maka akan dijumpai didalamnya terdapat unsur-unsur penting sebagai penyusun sebuah cerita. Unsur-unsur ini digolongkan menjadi dua yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik.

Unsur intrinsik terdiri dari tema, tokoh atau penokohan, alur cerita, latar waktu, gaya, bahasa, sudut pandang, dan amanat.

* Latar Belakang Penulis. Latar belakang penulis merupakan unsur ekstrinsik cerpen yang mendorong pengarang untuk menuliskan cerita. …
* Latar Belakang Masyarakat. …
* Nilai dalam Cerpen. …
* Situasi Sosial Ketika Cerpen Dibuat.
* Sikap Pengarang.
* Psikologi Pengarang dan Pembaca.
* Keadaan Lingkungan Pengarang.

* Memiliki jumlah kata lebih dari 35.000 kata.
* Novel terdiri dari setidaknya 100 halaman.
* Ceritanya lebih dari satu impresi, efek, dan emosi.
* Alur cerita biasanya kompleks.
* Seleksi cerita dalam novel lebih luas.

Daftar Contoh Cerpen Beserta Nama Pengarang dan Penerbitnya

* “Kemarau” karya Andrea Hirata.
* “Bersiap Kecewa Bersedih Tanpa Kata-kata” karya Putu Wijaya.
* “Kado istimewa” karya Jujur Prananto.
* “Lelaki Sejati” karya Putu Wijaya.
* “Dunia Gorda” karya Seno Gumira Ajidarma.

Unsur tersebut ialah unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur yang ada di dalam cerpen itu sendiri, seperti tema, alur, tokoh, latar, dan lain-lain. Sedangkan unsur ekstrinsik adalah unsur dari luar cerpen.

Latar Belakang Masyarakat

* Ideologi negara.
* Kondisi politik.
* Kondisi sosial.
* Kondisi ekonomi.

Struktur cerpen sendiri terdiri atas 6 bagian, yakni Abstrak, Orientasi, Komplikasi (Puncak Konflik), Evaluasi, Resolusi, dan Koda.

Jenis Cerpen

Cerpen yang pendek adalah cerpen yang panjangnya berkisar antara kata. Cerpen sedang adalah cerpen yang panjangnya berkisar antara kata. Cerpen panjang adalah cerpen yang panjangnya berkisar 1000-ribuan kata.

Tujuan cerpen adalah untuk mengungkapkan perasaan si penulis dalam menuangkan imajinasi atau khayalan pada sebuah cerita dan juga dapat menghibur para pembaca sehingga si pembaca dapat memperoleh hiburan atau mendapatkan teguran atau juga sebuah nasihat dari sebuah cerpen.

Jawaban: Abstrak merupakan bagian awal dalam cerita atau ringkasan utama dari cerpen yang dikembangkan dalam rangkaian-rangkaian peristiwa. Dalam sebuah cerpen struktur abstrak bersifat opsional (boleh ada ataupun tidak).

Jawaban ini terverifikasi. CIRI CIRI KHUSUS makhluk hidup adalah suatu ciri yang membedakan makhluk hidup yang satu dengan makhluk hidup lainnya. Ciri khusus pada makhluk hidup ini biasanya merupakan hasil dari adaptasi atau penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungan tempat tinggalnya.

Sinonim kata CIRI antara lain adalah CENA, CAP, ATRIBUT, TANDA, STIGMA, KARAKTER, IDENTITAS, KEKHASAN, KEISTIMEWAAN, KEUNIKAN, JATI DIRI, SIFAT, PETUNJUK dan lain sebagainya.

Ciri-ciri poster diantaranya:

* Memuat komposisi huruf dan gambar.
* Dibuat dengan menggunakan bahasa yang singkat padat, dan jelas.
* Berisi sesuatu yang menarik perhatian orang.
* Ukurannya disesuaikan dengan tempat pemasangan.
* Menggunakan perpaduan warna yang kuat dan kontras.

Jawaban: Pengertian Cerpen/CeritaPendek adalah jenis karya sastra yang berbentuk prosa naratif fiktif/ fiksi dimana isinya menceritakan/ menggambarkan kisah suatu tokoh beserta segala konflik dan penyelesaiannya, yang ditulis secara ringkas dan padat.

* alur cerita nya ringan.
* mengisahkan cerita seputar kehidupan remaja.
* biasa mengandung humor.

Struktur Cerita Pendek. Menurut Sumber Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), struktur cerita pendek terdiri dari 3 bagian. Ketiganya adalah orientasi, komplikasi, dan resolusi.

Contoh sudut pandang orang pertama adalah, “Aku berlari menuju ruangan yang berada di ujung dengan cepat. Buku-buku milikku sudah jatuh berserakan, dst.”. Contoh sudut pandang orang ketiga adalah, ”Budi sudah lama bermain gitar. Seluruh keluarganya sangat mendukung talenta bermusik yang ia miliki.

Amanat adalah sebuah ajaran moral atau pesan yang mau disampaikan oleh pengarang kepada pembaca. Jalan keluar permasalahan atau akhir permasalahan yang ada dalam cerita dapat disebut sebagai amanat.

Liputan6.com, Jakarta Sudut pandang adalah cara atau pandangan yang digunakan oleh pengarang sebagai sarana untuk menyajikan cerita fiksi kepada pembaca. Sederhananya, sudut pandang adalah ara penulis dalam memandang atau menempatkan dirinya dalam sebuah cerita. Sudut pandang merujuk pada sebuah cerita yang dikisahkan.

Tema. Tema merupakan gagasan utama yang menjalin struktur cerita, persoalan, peristiwa-peristiwa yang dibawakan pada suatu cerpen. Misalnya tema cerpen dapat bertema: cinta, kedengkian manusia, filosofis, cerminan sejarah, maupun tema sosial yang menjamah persoalan-persoalan kemanusiaan.

Unsur intrinsik yang membentuk cerita dongeng dari dalam, unsur intrinsik dongeng meliputi tema, amanat, latar, sudut pandang, tokoh, penokohan, alur. Sedangkan unsur ekstrinsik unsur yang membentuk dari luar dan unsur ekstrinsik meliputi latar belakang masyarakat, latar belakang pengarang.

Berangkat dari tema, unsur-unsur intrinsik adalah unsur yang kemudian dikembangkan dan dirangkai sedemikian rupa supaya mengikuti tema yang sudah ditentukan, misalnya seperti alur, penokohan, latar atau setting, gaya bahasa, judul, dan lain sebagainya.

jenis alur dibedakan menjadi alur maju, alur mundur, dan alur campuran.

Unsur intrinsik adalah unsur yang membangun dari dalam karya tersebut, seperti tema, alur, penokohan, dan sebagainya. b. Unsur ekstrinsik adalah unsur yang membangun di luar karya tersebut, seperti budaya dan latar belakang pengarangnya.

A. Pengertian Unsur Ekstrinsik. Unsur ekstrinsik merupakan unsur luar yang berada dalam sebuah cerita yang juga ikut membangun jalannya suatu cerita. Meskipun unsur ekstrinsik ikut membangun suatu karya sastra namun, tidak secara langsung mempengaruhi karya sastra tersebut.

Unsur intrinsik adalah unsur yang menyusun sebuah karya sastra. Unsur ini terdiri dari tema, tokoh dan penokohan, alur atau plot, latar, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat. Sedangkan unsur ekstrinsik sifatnya membangun karya sastra dari luar.

Contoh unsur Intrinsik = Tema,Amanat,Alur/Plot,Latar,Penokohan. ⇒Unsur Ekstrinsik adalah unsur yang membangun karya sastra dari luar. Contoh unsur Ekstrinsik = Latar belakang penciptaan,Kondisi masyarakat pada saat karya sastra diciptakan,Pandangan hidup pengarang/Latar belakang pengarang.

struktur teks cerita fiksi terdiri dari abstrak, orientasi, komplikasi/klimaks, evaluasi, resolusi, koda.

Novel adalah karya sastra yang menceritakan sisi utuh atas problematika kehidupan seseorang tokoh atau beberapa tokoh. Contohnya : Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Mariposa karya Luluk HF.

Contoh Novel Sejarah Indonesia

* 1. Laut Bercerita – Leila. S Chudori. …
* 2. Gadis Kretek – Ratih Kumala. …
* 3. Amba – Laksmi Pamuntjak. …
* 4. Orang-Orang Proyek – Ahmad Tohari. …
* Tetralogi Buru – Pramoedya Ananta Toer. …
* 6. Max Havelaar – Multatuli. …
* 7. Ronggeng Dukuh Paruk – Ahmad Tohari. …
* 8. Halaman Terakhir – Yudhi Herwibowo.

Novel memiliki alur cerita yang panjang, rumit, dan dinamis dengan ruang gerak yang tidak terbatas. Sedangkan, alur cerita pada cerpen sangat sederhana dengan ruang gerak yang sempit dan terbatas. Selain itu, jumlah kata novel juga lebih banyak dibandingkan dengan jumlah kata yang digunakan pada novel.

Ciri-ciri dari cerpen anak, yaitu:

* Menggunakan satu alur cerita yang sederhana.
* Menggunakan kalimat sederhana yang mudah dipahami.
* Menceritakan kehidupan sehari-hari yang dialami oleh anak-anak.
* Memiliki banyak pesan moral yang dapat menginspirasi anak-anak.

KOMPAS.com – Keterangan mengenai tempat, waktu, dan suasana terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan disebut latar cerita atau setting. Latar merupakan salah satu unsur intrinsik dalam cerita, yang merupakan unsur pembangun dari dalam cerita itu sendiri.

Sedangkan unsur ekstrinsik adalah unsur luar yang ikut membangun dan mendukung sebuah novel seperti latar kondisi keagamaan, kebudayaan, sosial, ekonomi, dan nilai-nilai yang dianut masyarakat.

Sudut pandang adalah arah pandang seorang pengarang dalam menyampaikan sebuah cerita, sehingga cerita tersebut menjadi lebih hidup dan bisa disampaikan dengan baik kepada pembaca atau pendengarnya. Sederhananya, sudut pandang ialah cara penulis dalam memandang atau menempatkan dirinya dalam sebuah cerita.

Alur adalah rangkaian peristiwa yang direka dan dijalin sedemikian rupa sehingga menggerakkan jalan cerita, dari awal, tengah, hingga mencapai klimaks dan akhir cerita.

Komplikasi adalah keadaan di mana seseorang menderita penyakit/kondisi lain yang diakibatkan oleh penyakit yang sedang dideritanya. Komplikasi yang muncul dalam waktu cepat dan bahkan bisa menyebabkan kematian disebut sebagai komplikasi akut.

Ciri-Ciri Cerpen

Secara garis besar, cerpen biasanya dituliskan dalam 4-15 halaman. Meski begitu, ada juga cerpen yang melebihi jumlah halaman tersebut.

Pengertian Cerpen (Cerita Pendek)

Seperti yang diketahui, cerpen merupakan suatu karya sastra dalam bentuk tulisan yang mengisahkan tentang sebuah cerita fiksi lalu dikemas secara pendek, jelas dan ringkas.

Menurut Kosasih, cerpen adalah karangan pendek berbentuk prosa. Di dalam cerpen itu sendiri menceritakan sebuah kisah, kehidupan tokoh yang penuh pertikaian, memuat peristiwa yang mengharukan ataupun menyenangkan. Termuat pula kesan agar tidak mudah dilupakan.

Cerita itu terjadi hanya dalam waktu beberapa jam. Cerpen jenis ini tidak dibatasi oleh halaman, jika pun ditulis sangat panjang bisa saja dikatakan sebagai cerita pendek karena kejadiannya pendek meskipun ditulisan dengan berlembar-lembar halaman.

Unsur tersebut ialah unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur yang ada di dalam cerpen itu sendiri, seperti tema, alur, tokoh, latar, dan lain-lain. Sedangkan unsur ekstrinsik adalah unsur dari luar cerpen.

Latar Belakang Masyarakat

* Ideologi negara.
* Kondisi politik.
* Kondisi sosial.
* Kondisi ekonomi.

Daftar Contoh Cerpen Beserta Nama Pengarang dan Penerbitnya

* “Kemarau” karya Andrea Hirata.
* “Bersiap Kecewa Bersedih Tanpa Kata-kata” karya Putu Wijaya.
* “Kado istimewa” karya Jujur Prananto.
* “Lelaki Sejati” karya Putu Wijaya.
* “Dunia Gorda” karya Seno Gumira Ajidarma.

Berdasarkan waktunya alur dibagi menjadi tiga yaitu alur maju, alur mundur, dan alur campuran. Alur maju, disebut juga dengan alur progresif yaitu rangkaian peristiwa yang urutannya sesuai dengan waktu kejadian atau waktu bergerak ke depan.

Jawaban: Abstrak merupakan bagian awal dalam cerita atau ringkasan utama dari cerpen yang dikembangkan dalam rangkaian-rangkaian peristiwa. Dalam sebuah cerpen struktur abstrak bersifat opsional (boleh ada ataupun tidak).

Ciri-ciri dari cerpen anak, yaitu:

* Menggunakan satu alur cerita yang sederhana.
* Menggunakan kalimat sederhana yang mudah dipahami.
* Menceritakan kehidupan sehari-hari yang dialami oleh anak-anak.
* Memiliki banyak pesan moral yang dapat menginspirasi anak-anak.

Jenis Cerpen

Cerpen yang pendek adalah cerpen yang panjangnya berkisar antara kata. Cerpen sedang adalah cerpen yang panjangnya berkisar antara kata. Cerpen panjang adalah cerpen yang panjangnya berkisar 1000-ribuan kata.

c. Jenis-jenis kalimat yang sering digunakan di dalam cerpen diantaranya: Kalimat bermakna lampau, yaitu kalimat yang menerangkan bahwa kejadian dalam teks adalah kejadian di masa lalu. Kalimat langsung, yaitu kalimat yang ditulis sesuai dengan kutipan pembicaraan orang.

A. Ciri-ciri Cerpen Singkat

Jumlah kata tidak lebih dari 10.000 kata. 2. Memiliki proporsi penulisan yang lebih singkat. 3. Isi cerita menggambarkan kehidupan sehari-hari.

Perbedaan Novel dan Cerpen

Cerpen dan novel memiliki perbedaan yang cukup jauh dalam jumlah kata-kata. Rata-Rata untuk jumlah kata dalam cerpen maksimal sekitar 10.000 kata. Berbeda dengan cerpen, novel memiliki jumlah yang lebih panjang. Kata-kata dalam novel dapat mencapai 35.000 kata.

Unsur intrinsik adalah unsur yang membangun dari dalam karya tersebut, seperti tema, alur, penokohan, dan sebagainya. b. Unsur ekstrinsik adalah unsur yang membangun di luar karya tersebut, seperti budaya dan latar belakang pengarangnya.

Fungsi Cerpen

Fungsi rekreatif: sebagai penghibur bagi para pembaca. 2. Fungsi estetis: memiliki nilai estetika atau keindahan sehingga memberi rasa puas dalam hal estetis bagi para pembaca.

Sedangkan unsur ekstrinsik adalah unsur luar yang ikut membangun dan mendukung sebuah novel seperti latar kondisi keagamaan, kebudayaan, sosial, ekonomi, dan nilai-nilai yang dianut masyarakat.

Sudut pandang adalah arah pandang seorang pengarang dalam menyampaikan sebuah cerita, sehingga cerita tersebut menjadi lebih hidup dan bisa disampaikan dengan baik kepada pembaca atau pendengarnya. Sederhananya, sudut pandang ialah cara penulis dalam memandang atau menempatkan dirinya dalam sebuah cerita.