Blog

Pengertian Wawancara Tujuan Ciri Bentuk Jenis Metodenya

Pengertian Wawancara, Tujuan, Ciri, Bentuk, Jenis & Metodenya– Dalam suatu organisasi media cetak ataupun elektronik melakukan wawancara kepada narasumber adalah suatu kewajiban untuk mengetahui informasi atau berita penting. Dan juga wawancara dapat dilakukan oleh siapapun untuk mendapatkan kejelasan dari berita atau peristiwa tertentu. Tetapi bagaiaman sebenarnya wawancara yang baik, apa saja jenisnya?

Untuk menjawab pertanyaan diatas, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang wawancara. Yang mana penjelasan ini meliputi pengertian wawancara, pengertian wawancara menurut para ahli, tujuan wawancara, ciri-ciri wawancara, bentuk wawancara, jenis-jenis wawancara dan metode wawancara dengan pembahasan rinci dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Mari kita bahas pengertian wawancara terlebih dahulu dengan seksama.

Wawancara atau dalam bahasa Inggris adalah Interview yaitu percakapan diantara dua orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara.

Berikut ini adalah definisi wawancara menurut ahlinya.

1. Koentjaraningrat
Koentjaraningrat mengemukakan pengertian wawancara adalah suatu cara yang digunakan untuk tugas tertentu, mencoba untuk mendapatkan sebuah informasi dan secaralisan pembentukan responden, untuk berkomunikasi secara tatap muka.

2. Lexy J. Moleong
Lexy J. Moleon mengemukakan pengertian wawancara adalah suatu percakapan dengan tujaun tertentu. Dalam percakapan itu dilakukan oleh dua pihak, yaitu pewawancara (yang mengajukan pertanyaan) dan diwawancarai (yang memberikan jawaban atas pertanyaan itu).

3. Robert Kahn dan Channel
Robert Kahan dan Channel mengemukakan pengertian wawancara adalah suatu pola khusus dari sebuah interaksi yang dimunlai secara lisan untuk suatau tujuan tertentu dan difokuskan pada daerah konten yang spesifik dengan suatu proses eliminasi dari bahan-bahan yang tidak ada hubungannya secara berkelanjutan.

4. Denzig
Denzig mengemukakan pengertian wawancara adalah suatu kegiatan yang dipandu dan rekaman pembicaraan atau tatap muka suatu percakapan yang di mana seseorang mendapat informasi dari orang lain.

5. Charles Stewart dan W.B Cash
Charles Stewart dan W.B. Cash mengemukakan pengertian wawancara adalah suatu proses komunikasi dipasangkan dengan sebuah tujuan serius dan telah ditentukan dirancang untuk bertukar perilaku dan melibatkan tanya jawab.

6. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
KBBI mengemukakan pengertian wawancara adalah suatu kegiatan tanya jawab yang dilakukan oleh seorang pewawancara sebagai penanya dan narasumber sebagai orang yang ditanya.

7. P. Joko Subagyo (2011:39)
P.Joko Subagyo mengemukakan pengertian wawancara adalah suatu kegiatan dilakukan untuk mendapatkan informasi secara langsung dengan mengungkapkan pertanyaan-pertanyaan pada para responden, wawancara bermakna berhadapan langsung antara interview dengan responden, dan kegiatannya dilakukan secara lisan.

8. Esterberg (terjemahan oleh Sugiyono 2009:72)
Esterberg mengemukakan pengertian wawancara adalah pertemuan dua orang untuk bertukar informasi dan ide melalui tanya jawab, sehinga dapat dikonstruksikan makna dalam suatu topik tertentu.

9. Supriyati (2011:48)
Supriyati mengemukakan pengertian wawancara adalah cara yang umum dan ampuh untuk memahami suatu keinginan atau kebutuhan, wawancara adalah teknik pengambilan data melalui pertanyaan yang diajukan secara lisan kepada responden.

Tujuan Wawancara
Adapun tujuan wawancara adalah untuk mendapatkan informasi yang tepat dari narasumber (orang yang diwawancarai) yang terpercaya.

* Memperoleh data dari pihak pertama
* Melengkapi teknik pengumpulan lainnya
* Menguji hasil pengumpulan data lainnya

Ciri-Ciri Wawancara
Ciri-ciri dari wawancara adalah sebagai berikut:

* Dilaksanakan secara tatap muka
* Dilakukan dengan tujuan untuk mengambil data dan fakta
* Adanya orang yang melakukan wawancara (pewawancara)
* Adanya orang yang diwawancarai (narasumber)

Bentuk Wawancara
Bentuk wawancara antara lain sebagai berikut:

* Denagn Berita: wawancara yang dilakukan dalam mencari bahan berita
* Dengan telepon: wawancara yang dilaksanakan dengan pesawat telepon
* Secara pribadi
* Dengan banyak orang
* Secara dadakan atau mendesak
* Secara kelompok, wawancara ini dilaksanakan yang serombongan wartawan mewawancarai seorang pejabat, olahragawan dan lain sebagianya

Jenis-Jenis Wawancara
Menurut sisi pelaksanaannya, wawancara dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:

Wawancara Bebas
Dalam wawancara bebas, pewawancara bebas mengajukan pertanyaan apa saja terhadap responden atau narasumber. Namun harus diperhatikan bahwa pertanyaan harus berkaitan dengan data-data yang diinginkan. Jika tidak berhati-hati, arah pertanyaan tidak terkendali

Wawancara Terpimpin
Dalam wawancara terpimpin, pewawancara sudah disiapkan dengan daftar pertanyaan secara lengkap dan terperinci

Wawancara Bebas Terpimpin
Dalam wawancara bebas terpimpin, pewawancara melakukan kombinasi wawancara bebas dengan wawancara terpimpin dan dalam melakukannya sudah menyiapkan pedoman tentang apa saja yang ditanyakan secara garis besar.

Metode Wawancara
Dalam memperoleh suatu informasi, ada beberapa metode yang dipakai oleh pewawancara pada saat mengadakan sebuah wawancara yakni sebagai berikut:

Apabila memakai metode ini, pewawancara seringkali menyediakan buku dan pulpen untuk mencatat jawaban dari narasumber. Ketika mencatat jawaban tersebut, pewawancara akan menulisnya dengan sangat cepat dengan cara hanya menuliskan pointnya saja. Karena apabila tidak, mereka tidak akan memperoleh informasi yang telah diungkapkan dari narasumber. Setelah memperoleh catatan hasil wawancara, baru catatan tersebut dikembangkan dengan menggunakan tulisan yang baik dan informatif.

Merekam (Recording)
Jika memakai metode ini, pewawancara akan memerlukan alat dalam bentuk perekam suara. Alat itu dimanfaatkan untuk merekam sebuah jawaban yang diberikan oleh narasumber, sehingga mereka tidak akan kehilangan informasi sedikitpun. Setelah memperoleh rekaman, kemudian pewawancara akan menulis transkrip tanya jawab tersebut dan menjadikannya sebuah berita.

Itulah tadi telah dijelaskan tentang Pengertian Wawancara, Tujuan, Ciri, Bentuk, Jenis & Metodenyasemoga bisa bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.