Blog

Pengertian Tujuan Penelitian Jenis Dan Contohnya

Saat menyusun makalah karya ilmiah, mengidentifikasi masalah dan tujuan penelitian adalah poin yang perlu diketahui. Hal ini penting agar penelitian yang dilakukan sesuai dengan harapan.

Dalam penelitian, tujuan penelitian diperlukan untuk menjawab rumusan masalah. Singkatnya, tujuan penelitian bisa menggambarkan maksud dan hasil yang akan dicapai lewat penelitian tersebut.

Untuk lebih jelasnya simak pengertian, tujuan, hingga jenis-jenis tujuan penelitian lengkapnya di bawah ini.

Tujuan Penelitian Adalah
Menurut situs Editage Insight, tujuan penelitian adalah tujuan keseluruhan dari dilakukannya penelitian. Tujuan penelitian ini bisa menambah pengetahuan di area (topik) tersebut, untuk menunjukkan kesenjangan yang ada dalam ilmu tersebut, atau untuk merancang dan menguji solusi dari masalah yang ada.

Sementara itu, mengutip Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Ushuluddin, tujuan penelitian adalah pernyataan mengenai apa yang hendak kita capai. Tujuan penelitian ini berhubungan dengan rumusan masalah penelitian.

Tujuan penelitian bisa ditulis dengan dua cara yaitu:

* Dengan kalimat aktif: misalnya menggunakan kata untuk memahami, untuk menemukan, untuk mengetahui, untuk menjelaskan, untuk menguraikan dan lainnya. Sementara itu dalam penelitian kuantitatif biasanya menggunakan kata-kata untuk memahami, untuk menemukan, untuk menjelaskan, dan untuk menguraikan.
* Dengan kalimat pasif: misalnya agar dapat diketahui, agar dapat dijelaskan, dan lainnya.

Jenis-Jenis Tujuan Penelitian
Menurut buku Pengantar Metodologi Penelitian terbitan Yayasan Kita Menulis, ada tiga jenis tujuan penelitian yaitu:

1. Tujuan Penemuan (Eksploratif)
Tujuan penelitian ini dapat menemukan sebuah pengetahuan baru dalam bidang tertentu.

2. Tujuan Pengujian (Verifikatif)
Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi dan menganalisis serta menguji kebenaran pada bidang yang sudah ada sebelumnya.

3. Tujuan Pengembangan (Development)
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan sebuah pengetahuan dalam bidang yang telah ada.

Tujuan Penelitian Menurut Para Ahli
Menurut buku Pengantar Metodologi Penelitian terbitan Yayasan Kita Menulis, ada beberapa tujuan penelitian menurut ahli yaitu:

1. Beckingham (1974)
Tujuan penelitian adalah ungkapan ‘mengapa’ penelitian itu dilakukan. Tujuan ini merupakan persepsi yang mampu menguraikan atau memperkirakan situasi atau pemecahan masalah pada keadaan dan dapat membuktikan yang akan dilakukan.

2. Locke Spirduso dan Silverman (2013) dalam Creswell (2016)
Tujuan penelitian adalah untuk menunjukkan serangkaian pertanyaan ‘mengapa anda ingin melakukan riset dan apa yang ingin anda dapatkan’.

Cara Membuat Tujuan Penelitian dan Skripsi
Mengutip situs Universitas Raharja, ada tiga cara menulis tujuan penelitian dan skripsi yaitu tujuan penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, dan penelitian campuran. Berikut penjelasannya:

1. Tujuan Penelitian Kualitatif
Untuk menulis tujuan penelitian kualitatif, ada beberapa elemen dasar yang perlu diperhatikan. Di antaranya:

1. Gunakan kata-kata seperti tujuan, maksud atau tujuan untuk mengidentifikasi tujuan penelitian yang ditulis. Tulis tujuan penelitian ini dalam kalimat atau paragraf terpisah dan gunakan bahasa seperti “maksud atau tujuan penelitian ini adalah…”.
2. Fokus pada satu fenomena utama (konsep atau ide). Persempit penelitian dengan ide yang ingin diteliti atau dipahami.
3. Gunakan kata kerja tindakan untuk menunjukkan bahwa penelitian sedang melalui proses pembelajaran. Kata kerja atau kalimat tindakan seperti pemahaman, pengembangan, pencarian makna atau penemuan membuka kemungkinan lain untuk penelitian lain dan menghasilkan desain.
4. Memberikan definisi operasional umum dari fenomena atau gagasan utama, terutama jka fenomena tersebut adalah istilah yang tidak dipahami oleh khalayak luas.
5. Gunakan kata-kata yang menunjukkan strategi penelitian untuk pengumpulan data, analisis data, dan proses penelitian. Misalnya jika penelitian menggunakan teori etnografi, studi kasus, teori fenomenologis, pendekatan naratif, atau strategi lainnya.
6. Masukkan lokasi penelitian dan jelaskan tempat ini secara terperinci sehingga pembaca benar-benar tahu di mana penelitian dilakukan.
7. Gunakan bahasa yang berbeda yang membatasi ruang lingkup peserta atau tempat penelitian.

2. Tujuan Penelitian Kuantitatif
Sama seperti penelitian kualitatif, menulis tujuan penelitian kuantitatif juga memerlukan beberapa elemen dasar. Berikut poin-poinnya:

1. Gunakan kata-kata seperti tujuan, maksud atau tujuan untuk mengidentifikasi tujuan penelitian yang akan diteliti. Tulis tujuan penelitian ini dalam kalimat atau paragraf terpisah dan gunakan bahasa seperti “maksud atau tujuan penelitian ini adalah…”.
2. Peragakan teori, model, atau struktur konseptual yang digunakan.
3. Jelaskan tentang variabel yang digunakan dalam penelitian, misalnya variabel independen dan dependen atua variabel lainnya.
4. Tempatkan dan atur variabel-variabel ini dari kiri ke kanan, dengan variabel independen (kiri) diikuti oleh variabel dependen (kanan).
5. Tentukan jenis strategi penelitian (survei atau eksperimen) yang digunakan.
6. Tentukan peserta (atau unit analisis) dan lokasi penelitian dengan jelas.
7. Secara umum, tentukan setiap variabel kunci menggunakan definisi yang diterima secara luas dalam literatur.

3. Tujuan Penelitian Metode Campuran
Penelitian dengan metode campuran juga perlu memperhatikan beberapa hal mendasar, di antaranya:

1. Tulis dengan jelas yang menunjukkan tujuan penelitian, misalnya tujuan atau maksud penelitian ini adalah…
2. Jelaskan tujuan penelitian dari perspektif konten. Dengan begitu pembaca memiliki semacam ‘jangkar’ untuk memahami tujuan umum penelitian, sebelum peneliti membagi penelitiannya menjadi kualitatif atau kuantitatif.
3. Menunjukkan jenis-jenis metode campuran yang digunakan, baik sekuen ekploratif atau sekuens tertanam, transformatif, multi-fase, dan lainnya.
4. Jelaskan logika atau alasan untuk kombinasi data kualitatif dan kuantitatif.
5. Gabungkan alasan-alasan ini dalam konsep yang lebih komprehensif.

Contoh Tujuan Penelitian
Mengutip buku Metodologi Penelitian Sosial yang diterbitkan Bumi Aksara, di bawah ini ada dua contoh tujuan penelitian dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif.

1. Berikut contoh penelitian dengan pendekatan kuantitatif:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan antara:

* Motivasi kerja guru dengan prestasi kerja guru di…
* Kepuasan kerja guru dengan prestasi kerja guru di… dan
* Motivasi kerja dan kepuasan terhadap prestasi kerja guru di…

2. Berikut contoh tujuan penelitian dengan pendekatan kualitatif:
* Deskripsi kepemimpinan pembelajaran di.. saat ini.
* Kelebihan dan kelemahan kepemimpinan pembelajaran di… saat ini.
* Solusi mengatasi kelemahan kepemimpinan pembelajaran di… saat ini? (atau kepemimpinan pembelajaran di… yang diharapkan di masa yang akan datang)
* Menemukan teori baru kepemimpinan.

Itulah pengertian tujuan penelitian, jenis dan contohnya. Semoga bermanfaat dan selamat merumuskan tujuan penelitian ya detikers.

Simak Video “Ada Terduga Teroris, Standar Masuk MUI Dipertanyakan”
[Gambas:Video 20detik]
(ams/fds)