Blog

Pengertian TIK Fungsi Tujuan Dan Sejarah Perkembangannya

Pengertian TIK, Fungsi, Tujuan dan Sejarah Perkembangannya – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang TIK (Teknologi Informasi Komunikasi). Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian TIK, fungsi, tujuan dan sejarah perkembangannya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Teknologi informasi dan Komunikasi merupakan sebuah tempat yang mewadahi semua peralatan teknis yang digunakan dalam proses penyampaian informasi. Maka teknologi informasi dan komunikasi dibagi menjadi dua bagian, diantaranya yaitu teknologi informasi serta teknologi komunikasi.

Termasuk kedalam Teknologi Informasi yaitu hal yang memiliki hubungan dengan suatu proses, penggunaan alat bantu, memanipulasi hingga hasil dari mengelola informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah sesuatu yang berhubungan erat dengan cara menggunakan alat bantu guna melakukan prosedur transfer file atau data dari satu perangkat ke perangkat lain.

Untuk dapat mengetahui lebih lanjut tentang definisi dari TIK. Maka di bawah ini adalah beberapa pengertian teknologi informasi dan komunikasi menurut para ahli antara lain sebagai berikut:

Menurut Susanto menyatakan, bahwa teknologi informasi dan komunikasi merupakan sarana atau media yang dipakai untuk kebutuhan transfer file, baik berupa informasi maupun data. Selain itu, juga menjadi sebuah alat komunikasi secara searah atau dua arah.

Menurutnya, teknologi informasi dan komunikasi sudah menjadi suatu kebutuhan pokok manusia untuk proses mengambil, memindahkan, mengelola dan mendapatkan informasi dalam sebuah konteks yang akan memberikan keuntungan pribadi serta seluruh masyarakat.

Teknologi informasi dan komunikasi yaitu sebuah rangkaian struktur yang saling berkaitan antara satu sama lain. Dimana berisi tentang aktivitas proses, kelola, manipulasi, kelola dan transfer data maupun informasi dari suatu media ke media lainnya.

Teknologi informasi dan komunikasi yaitu sebagai suatu alat, yang digunakan untuk mendapatkan informasi atau pengetahuan dari orang lain.

Menurut William and Sawyer
Teknologi komunikasi adalah sebuah struktur dari teknologi, yang memadukan perangkat keras seperti komputer dengan jaringan komunikasi berkekuatan tinggi untuk membawa file, data, video maupun suara. Jaringan ini bisa disebut sebagai internet.

Adalah sebuah sarana yang digunakan oleh para manajer untuk menanggulangi suatu perubahan. Dalam hal ini, Loudon menegaskan perubahan yang dimaksud yaitu suatu proses perubahan pada informasi yang sudah disimpan di dalam komputer sebelumnya.

Adalah sebuah studi alat elektronik, khususnya komputer yang difungsikan sebagai media penyimpanan, analisis, distribusi informasi dalam berbagai bentuk. Misalnya yaitu gambar dan kata-kata.

Teknologi informasi bukan hanya tetang software dan hardware yang notabene berfungsi sebagai pengolah, memproses dan menyimpan informasi saja. Lebih dari itu, teknologi ini juga mencakup komunikasi yang memiliki peranan sebagai pengirim informasi. Dapat ditarik kesimpulan bahwa teknologi informasi dan komunikasi ini saling berhungan satu sama lain.

Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi
Fungsi teknologi informasi dan komunikasi terdiri dari tiga macam, yaitu fungsinya terhadap pendidikan, kehidupan dan fungsi secara umum. Silahkan simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Fungsi TIK dalam Pendidikan
Dalam dunia pendidikan, teknologi informasi dan komunikasi memiliki tiga fungsi vital yang mana selalu digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.

* Teknologi memiliki peran fungsi sebagai media atau alat. Contoh adalah untuk mengolah angka, kata, membuat unsur desain grafis, program administratif, database, membuat data keuangan dan sebagainya.
* Teknologi memiliki fungsi sebagai ilmu pengetahuan. Contohnya adalah beberapa jurusan di perguruan tinggi yang khusus mempelajari teknologi informasi dan komunikasi seperti jurusan informatika dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan di dalam kurikulum belajar terbaru, para siswa dari semua tingkatan maupun jurusan dituntut untuk menguasai bidang ini.
* Selain menjadi alat pembelajaran, teknologi juga memiliki fungsi dan peran sebagai bahan materi.

Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kehidupan
Di dalam kehidupan sehari-hari, teknologi informasi dan komunikasi juga memegang fungsi dan peranan yang sangat penting. Contohnya adalah seperti yang dipaparkan dibawah ini:

* Kemudahan mengakses informasi

Di zaman modern dimana segala hal bisa ditemukan dan dilakukan secara online hanya dengan modal smartphone dan kuota internet saja. Internet adalah sebuah alat yang ada dalam sistem teknologi informasi dan komunikasi.

Alat bernama internet ini menjadikan jaringan telekomunikasi seperti telepon umum yang membutuhkan terminal telepon. Fungsi yang ditawarkan oleh internet antara lain: lebih efektif dan efisien, mudah diakses, mudah digunakan, praktis dan menyediakan informasi tanpa batas.

Dengan memanfaatkan teknologi maka segala hal bisa menjadi lebih sederhana. Salah satunya yaitu aktivitas kerja yang ditunjang dengan fasilitas teknologi mutakhir akan mampu meningkatkan produktivitas karyawan. Selain itu, orang-orang juga memiliki peluang besar untuk bisa menghasilkan keuntungan melalui mencari kerja sistem remote (online).

Dengan semakin canggihnya sistem teknologi dan informasi, maka proses komunikasi juga menjadi semakin mudah. Salah satunya yaitu dengan hadirnya fitur bernama kamera di ponsel, lalu berbagai macam aplikasi yang menyediakan layanan video call. Dimana Anda bisa berkomunikasi dengan siapa saja dan kapan saja tanpa terhalang jarak. Karena bisa berbicara secara langsung atau face to face.

* Kemudahan dalam bertransaksi

Fungsi teknologi salah satunya adalah memberikan kemudahan dalam berbagai segi, termasuk melakukan transaksi. Di masa ini, teknologi juga memiliki peranan penting sebagai alat untuk bertransaksi secara online. Transfer uang tidak perlu lagi antri di bank atau pergi ke ATM, cukup gunakan aplikasi internet banking maka Anda bisa mentransfer kapan saja dan kemana saja hanya dalam sekali ketik.

Fungsi Teknologi Informasi Secara Umum
Secara umum teknologi informasi memiliki enam fungsi penting, yaitu sebagai berikut:

Fungsi sebagai capture atau penangkap
Fungsi capture yaitu memainkan peranan sebagai penangkap informasi yang dipercaya oleh pengguna (user). Sehingga mendapatkan apa saja hal yang dibutuhkan.

Fungsi sebagai processing atau pengolah
Fungsi processing adalah kompilasi dari beberapa rincian aktivitas. Contohnya adalah menerima suatu input data dari scanner dan lain sebagainya. Setelah itu, data tersebut kemudian diolah dan diproses sehingga menjadi sebuah bentuk informasi.

Fungsi generating atau menghasilkan
Fungsi generating yaitu dimana teknologi berperan sebagai alat untuk mengorganisasikan suatu informasi ke dalam sebuah bentuk yang lebih terarah dan mudah dipahami. Contoh sederhananya adalah grafik dan table.

Fungsi storage atau penyimpanan
Fungsi storage adalah peranan teknologi dalam menyimpan atau merekam informasi dan data ke dalam sebuah media multifungsi sehingga bisa digunakan untuk kepentingan lain di kemudian hari. Contohnya adalah disimpan di flashdisk, hardisk dan sebagainya.

Fungsi retrifal atau pencari kembali
Fungsi retrifal yaitu berkaitan dengan penelusuran. Dimana pengguna dapat menyalin atau membuka kembali data informasi yang disimpan. Cara kerjanya juga sangat mudah dan praktis, karena tinggal ketik apa yang dicari di kolom penelusuran maka Anda bisa langsung mendapatkan data tersebut.

Fungsi transmission atau transmisi
Fungsi transmission ini berhubungan dengan kirim mengirim sebuah data atau informasi dengan menggunakan jaringan komputer sebagai media. Contoh mudahnya adalah mengirim data rekapan dari user yang satu ke lainnya.

Tujuan Teknologi
Tujuan teknologi informasi dan komunikasi yaitu sebagai solusi sebuah masalah, membuka pintu kreativitas yang lebih luas, membangun efektivitas dan meningkatkan efisiensi dalam aktivitas kerja. Karena solusi, kreativitas, efektivitas dan efisiesi sangat dibutuhkan dalam sebuah sistem kerja maka teknologi informasi ini kemudian diciptakan.

Perkembangan Teknologi Informasi
Berbicara tentang perkembangan teknologi informasi bisa dikatakan sangatlah panjang. Contohnya Teknologi pada masa lalu dimana publik disuguhi dengan adanya penemuan telepon kabel, radio, televisi, kamera dan lain sebagainya. Di Indonesia sendiri, kemajuan pesat dari teknologi informasi ini baru dimulai di tahun 1994 silam. Sejak saat itu, teknologi terus berkembang pesat, salah satunya adalah dengan mulai digunakannya internet.

Aspek yang memengaruhi perkembangan teknologi antara lain adalah infrakstruktur yang memadai. Hingga saat ini, perkembangan teknologi di Indonesia masih berada dalam masa perkembangan yang terus berjalan maju. Sehingga bisa dipastikan bahwa di tahun-tahun mendatang publik masih akan terus dikejutkan dengan hadirnya struktural teknologi yang baru.

Meskipun begitu, selain membawa dampak positif berupa kehidupan atau aktivitas yang serba mudah dan praktis. Namun perkembangan ini juga membawa dampak negatif, seperti generasi muda khususnya anak-anak yang menjadi autis dengan fokus terhadap gadget. Oleh sebab itu, di tengah masa perkembangan teknologi yang kian pesat ini, sudah seharunya Anda menyikapinya dengan bijak. Hal ini dilakukan demi menghindarkan diri dari dampak yang tidak diinginkan.

Demikian penjelasan tentang Pengertian TIK, Fungsi, Tujuan dan Sejarah Perkembangannya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.