Blog

Pengertian Teknologi Menurut Ahli Berikut Manfaatnya

SALAH satu perkembangan zaman, yaitu dengan adanya teknologi. Perkembangan teknologi sangat pesat. Di era perkembangan teknologi seperti sekarang, masyarakat banyak yang sudah memanfaatkan teknologi dalam kegiatan sehari-hari.

Berbagai sektor pun sudah memanfaatkan teknologi untuk membantu kegiatannya. Lantas, apa sebenarnya teknologi itu? Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Teknologi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata teknologi mengandung arti metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis, ilmu pengetahuan terapan atau keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Secara etimologi, teknologi berasal dari kata technologia (bahasa Yunani) techno artinya ‘keahlian’ dan logia artinya ‘pengetahuan’. Sementara secara umum, pengertian teknologi adalah penerapan pengetahuan ilmiah untuk tujuan praktis dalam kehidupan manusia atau pada perubahan dan manipulasi lingkungan manusia.

Definisi teknologi menurut para ahli sebagai berikut:

1. Menurut Capra

Teknologi adalah pembahasan sistematis atas seni terapan atau petukangan. Hal ini sesuai dengan literatur Yunani yang mengacu pada kata techne yang artinya wacana seni.

2. Menurut Manuel Castells
Pengertian teknologi ialah suatu kumpulan alat, aturan dan juga prosedur yang merupakan penerapan dari sebuah pengetahuan ilmiah terhadap sebuah pekerjaan tertentu dalam suatu kondisi yang dapat memungkinkan terjadinya pengulangan.

3. Menurut Gary J. Anglin

Pengertian teknologi ialah penerapan ilmu-ilmu perilaku serta alam dan juga pengetahuan lain dengan secara bersistem serta mensistem untuk memecahkan masalah manusia.

4. Menurut Jacques Ellil

Pengertian teknologi ialah keseluruhan metode yang dengan secara rasional mengarah serta memiliki ciri efisiensi dalam tiap-tiap kegiatan manusia.

5. Menurut Miarso

Pengertian teknologi ialah suatu bentuk proses yang meningkatkan nilai tambah. Proses yang berjalan dapat menggunakan atau menghasilkan produk tertentu, di mana produk yang tidak terpisah dari produk lain yang sudah ada. Hal itu juga menyatakan bahwa teknologi merupakan bagian integral dari yang terkandung dalam sistem tertentu.

6. Menurut Poerbahawadja Harahap

Harahap menjelaskan bahwa penggunaan kata teknologi pada dasarnya mengacu pada sebuah ilmu pengetahuan yang menyelidiki tentang cara kerja di dalam bidang teknik, serta mengacu pula pada ilmu pengetahuan yang digunakan dalam pabrik atau industri tertentu. Definisi ini tentu saja sangat mengacu pada definisi praktis dari teknologi, yang banyak ditemukan pada pabrik-pabrik dan juga industri tertentu.

Jenis-Jenis Teknologi

Adapun jenis teknologi yang biasa ditemukan di kehidupan sehari-hari sebagai berikut:

1. Teknologi Bidang Informasi

Teknologi informasi atau TI adalah teknologi yang mempermudah manusia dalam menyampaikan informasi kepada orang lain dengan cepat dan tepat. Teknologi ini terdiri atas perangkat lunak dan keras yang dibutuhkan untuk menyampaikan informasi tersebut.

2. Teknologi Bidang Komunikasi

Jenis teknologi lainnya yaitu teknologi komunikasi. Teknologi ini membantu menusia untuk berkomunikasi antar sesamanya dengan menggunakan perangkat tertentu. Jenis teknologi ini yang mungkin saat ini paling terasa di kehidupan manusia. *Contoh* teknologi komunikasi yaitu email, smarphone, aplikasi pesan singkat.

3. Teknologi Bidang Transportasi

Teknologi transportasi merupakan perangkat yang membantu manusia melakukan perpindahan dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu yang cepat. Kehadiran teknologi ini membuat mobilitas manusia lebih efisien. *Contoh* teknologi ini yaitu kereta api, pesawat, kereta listrik, mobil listrik, dan lain sebagainya.

4. Teknologi Bidang Pendidikan

Siapa sangka jika di dalam sistem pendidikan juga terdapat unsur teknologi. Jenis teknologi ini diciptakan untuk meningkatkan kinerja pembelajar. *Contoh* teknologi pendidikan yaitu metode pengajaran, alat laboratorium, pembelajaran daring, dan lain sebagainya.

5. Teknologi Bidang Kesehatan

Jenis teknologi ini digunakan dalam kegiatan medis. Teknologi kesehatan atau medis memiliki cakupan yang sangat luas. inovasi teknologi di bidang ini bermanfaat untuk memelihara kesehatan manusia, mengurangi rasa sakit, dan mempercepat pemulihan.

6. Teknologi Bidang Konstruksi

Jenis teknologi ini berhubungan dengan alat dan cara yang digunakan dalam membangun struktur bangunan baik dari struktur dasar atau tingkat lanjutan.

7. Teknologi Bidang Pertanian

Di bidang pertanian atau agrikultur juga menggunakan teknologi berupa mesin atau teknik budidaya tertentu. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan produksi pertanian. *Contoh* teknologi ini yaitu, traktor, alat pengering hasil panen, mesin pemilah bibit, dan lain sebagainya.

8. Teknologi Bidang Arsitektur

Teknologi arsitektur adalah komponen dari rekayasa bangunan dan arsitektur yang berhubungan dengan metode konstruksi, desain bangunan, dan bahan bangunan. Teknologi ini diperlukan untuk keperluan desain bangunan baik interior atau eksterior.

9. Artificial Intelligence (AI)

AI adalah cabang ilmu komputer yang bertujuan untuk mencapai kecerdasan yang ditujunjukkan oleh mesin. Teknologi ini terdiri dari beberapa disiplin ilmu seperti matematika, filsafat, ekonomi, komputer, teknik, psikologi, ilmu saraf, dan teori kontrol.

10. Teknologi Bidang Bisnis

Teknologi dalam bidang bisnis ini merupakan penerapan beberapa ilmu seperti sains, teknik, data, dan informasi. Teknologi dalam bidang bisnis sangat membantu bisnis kecil dan UMKM, sehingga usaha tersebut bisa bersaing dengan usaha yang sudah besar.

Manfaat Teknologi
Ada beberapa manfaat teknologi dalam berbagai bidang, diantaranya:

1. Manfaat Teknologi dalam Bidang Bisnis

Orang-orang yang berkecimpung di dunia bisnis tentu akan memperoleh banyak keuntungan, salah satunya kenaikan laba. Hal ini akan dirasakan oleh pebisnis yang menjalankan usahanya dengan basis online. Dengan hanya modal gadget dan kuota, Anda sudah bisa memulai usaha bahkan dari rumah. Tentu saja, hal ini mampu menghemat biaya dan juga menekan biaya operasional.

2. Manfaat Teknologi dalam Bidang Perbankan

Saat ini, penyetoran dan pengambilan uang bisa dilakukan secara online. Dengan adanya teknologi informasi, Anda tidak perlu lagi repot untuk menyetor atau mengambil uang di kantor pada jam kerja. Selain itu, banyak sekali ATM dan mesin setor tunai yang bisa Anda jumpai di setiap sudut kota dengan layanan 24 jam nonstop. Hal ini tentu sangat menghemat waktu dan biaya.

3. Manfaat Teknologi dalam Bidang Telekomunikasi

Dengan adanya teknologi informasi, Anda sudah bisa menggunakan beragam teknologi yang lebih mudah. Anda dapat melakukan komunikasi jarak jauh dengan mudah dan cepat bahkan sampai mancanegara. Hingga sekarang Anda sudah bisa merasakan kemudahan dalam berkomunikasi melalui media sosial yang ada di smartphone ke semua orang yang ada di dunia.

4. Manfaat Teknologi dalam Bidang Pendidikan

Seiring dengan perkembangan teknologi, Anda dapat memanfaatkan media internet untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang mungkin tidak bisa Anda temukan di buku. Selain itu, dalam hal pendaftaran sekolah yang dahulunya harus datang langsung ke sekolah yang diinginkan, sekarang sudah mulai menerapkan registrasi berbasis online yang dinilai sangat menghemat waktu dan lebih efisien.

Bahkan dalam kondisi pandemi saat ini, banyak sekolah yang memberikan fasilitas belajar mengajar jarak jauh. Melalui perantara internet, anda sudah bisa terhubung dengan guru maupun dosen tanpa harus bertatap muka secara langsung.

5. Manfaat Teknologi dalam Bidang Kesehatan

Manfaat teknologi informasi lainnya yang bisa kamu rasakan dalam bidang kesehatan. Dapat dikatakan teknologi amat sangat berjasa dalam perbaikan manajemen di klinik atau rumah sakit. Jika dulu pencatatan riwayat kesehatan pasien hanya ditulis dalam sebuah berkas, sekarang pencatatan juga dilakukan dan diarsipkan di komputer.

Hal ini akan sangat memudahkan petugas untuk mengetahui rekam medis pasien dengan cepat. Rekam medis berbasis komputer ini meliputi data klinis pasien dari hasil pemeriksaan dokter ataupun hasil laboratorium.

(OL-11)