Blog

Pengertian Teknologi Menurut 8 Ahli Disertai Dengan Definisi Dari Teknologi Tersebut

Duniamasa.com – Saat mendengar kata teknologi, biasanya orang-orang akan menyangkut pautkannya dengan berbagai alat-alat yang canggih. Namun hakikatnya mereka tidak mengerti dengan pengertian teknologi secara lebih dalam.

Berkat kemajuan teknologi, kini Anda tidak perlu lagi panik saat ditanya mengenai teknologi. Karena Anda dapat mencari pengertian teknologi di internet. Atau bisa menyimak ulasan berikut mengenai pengertian dari teknologi. Siapa tahu bisa menambah referensi Anda!

Pengertian Teknologi Menurut Ahli
Bila ditelisik dari pengertian dari kata Teknologi itu sendiri pun sebenarnya berasal dari bahasa Yunani, yakni technologia. Dimana pada kata techno artinya adalah keahlian, dan pada kata logia mengandung arti pengetahuan.

Sehingga arti dari kedua tersebut dapat didefinisikan sebagai pengetahuan manusia akan teknologi semakin berkembang. Terutama di era globalisasi seperti sekarang, tentu dengan adanya teknologi canggih terbaru dan termutakhir sudah pasti sangat membantu kehidupan manusia. Jadi tidak heran lagi apabila kedepannya, teknologi akan menjadi semakin maju bahkan semakin canggih sepersekian detik.

Pengertian Teknologi Menurut 8 Ahli Disertai Dengan Definisi dari Teknologi TersebutBerikut adalah beberapa definisi dan pengertian teknologi menurut para ahli yang kami rangkum untuk Anda. Antara lain :

1. M. Maryono
Teknologi merupakan pengembangan dan penerapan dari berbagai peralatan atau sistem. Yang mana dipergunakan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi manusia dalam kehidupan sehari- hari.

2. Jacques Ellil
Teknologi merupakan keseluruhan metode yang dibuat oleh manusia secara rasional. Yang tidak hanya mengarah, tetapi juga memiliki ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia.

3. Gary J. Anglin
Teknologi merupakan penerapan dari ilmu- ilmu yang mencangkup pada perilaku dan alam. Bahkan disertai dengan pengetahuan lain yang direntet bersistem dan mensistem untuk memecahkan masalah yang dihadapi manusia.

4. Read Bain (1937)
Teknologi merupakan cangkupan dari semua aspek seperti:

* alat
* mesin
* peralatan
* perlengkapan
* senjata
* perumahan
* pakaian
* transportasi dan komunikasi perangkat

Bahkan juga termasuk dengan keterampilan yang memungkinkan kita sebagai manusia dapat memproduksi alat-alat dengan teknologi canggih.

5. Naisbit (2002)
Teknologi merupakan obyek yang mencangkup pada benda-benda, serta bahan dan bentuk yang berbeda dari biasanya untuk membantu manusia dalam beraktivitas.

6. Miarso (2007)
Teknologi merupakan suatu bentuk proses yang dibuat sedemikian rupa, untuk dapat meningkatkan nilai tambah pada produk itu sendiri. Dimana pada proses tersebut dapat berjalan dengan menggunakan atau menghasilkan produk tertentu. Sehingga produk-produk tersebut tidak terpisah dari produk lain yang sebelumnya sudah pernah diciptakan. Dengan demikian, pengertian teknologi ini merupakan bagian integral dari yang terkandung dalam sistem tertentu.

7. Ursula Franklin
Teknologi merupakan sebuah cara yang praktis. Yang mana menggambarkan bagaimana kita semua sebagai manusia dapat membuat hal-hal yang baru dan bermanfaat di suatu tempat.

8. Capra (2004)
Teknologi merupakan salah satu pembahasan sistematis yang dalam isinya fokus pada seni terapan atau pertukangan. Yang mana pada hal tersebut mengacu pada literatur Yunani, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya mengenai technologia.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengertian teknologi ini memiliki definisi dan artinya masing-masing. Namun semuanya tetap berpokok pada satu titik, yaitu dengan teknologi hakikatnya harus memiliki kemampuan untuk memberikan kemudahan bagi manusia untuk melakukan apapun di dunia ini.