Blog

Pengertian Sosiologi Menurut Umum Dan Ahli Beserta Objek Sifat Dan CiriCiri

MateriBelajar.Co.id Pada kali ini akan membahas tentang pengertian sosiologi secara umum, etimologis maupun menurut para ahli, serta objek, sifat dan ciri-ciri sosiologi. untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini

pengertian sosiologi> Sosiologi yaitu suatu bidang ilmu yang mempelajari tentang manusia sebagai mahluk sosial dan interaksi antar manusia yang terjadi dalam lingkungan masyarakat.

Ada juga yang mengatakan definisi sosiologi yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang sifat, perilaku, serta perkembangan masyarakat. maka, yang dipelajari dalam sosiologi yaitu perilaku sosial antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan juga kelompok dengan kelompok.

Secara etimologis
> Kata sosiologi berasal dari bahasa Latin, yaitu Socius yang berarti kawan, dan Logos yang artinya adalah ilmu pengetahuan.

Sehingga kita bisa mendefinisikan sosiologi sebagai ilmu yang membahas mengenai kehidupan manusia sebagai mahluk sosial.

Seperti yang diketahui bahwa manusia adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan agar mampu memenuhi kebutuhan hidupnya. Artinya, setiap manusia di dalam suatu masyarakat memiliki peran masing-masing dan saling melengkapi.

1. Pitirim Sorokin

Menurut Pitirim Sorokin, pengertian sosiologi yaitu ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara beragam gejala sosial. Conthnya gejala ekonomi, gejala keluarga, dan gejala moral.

Menurutnya sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari antara hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala non-sosial. Selain itu, Pitirim Sorokin juga mengatakan bahwa sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial lain.

2. Roucek dan Warren

Menurut Roucek dan Warren, pengertian sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara manusia dengan kelompoknya.

3. Max Weber

Menurut Max Weber, definisi sosiologi yaitu ilmu yang ber upaya memahami tindakan-tindakan sosial.

4. Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto, pengertian sosiologi yaitu ilmu yang fokus pada segi kemasyarakatan yang sifat nya umum dan berusaha untuk mendapatkan pola umum kehidupan masyarakat.

5. Paul B. Horton

Menurut Paul B. Horton, pengertian sosiologi merupakan ilmu yang lebih terpusat pada penelaahan di dalam kehidupan kelompok dan produk kehidupan dari kelompok tersebut.

6. Mayor Polak

Menurut Mayor Polak, definisi sosiologi yaitu ilmu pengetahuan yang mana mempelajari terkait masyarakat secara keseluruhan, yaitu hubungan antara manusia dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, baik itu kelompok formal ataupun material ataupun kelompok statis maupun dinamis.

Objek Sosiologi
Sebagai sebuah ilmu pengetahuan, sosiologi mempunyai beberapa objek. Adapun beberapa objek sosiologi yaitu sebagai berikut:

* Objek Material
kehidupan sosial, gejala-gejala, proses hubungan antara individu masyarakat yang mempengaruhi kesatuan individu tersebut..

* Objek Formal
manusia sebagai mahluk sosial dan interaksi manusia dengan manusia dan juga proses yang timbul dari interaksi manusia di dalam masyarakat.

* Objek Budaya
faktor yang mempengaruhi interaksi antar manusia dalam masyarakat.

* Objek Agama
faktor yang bisa memicu dalam interaksi sosial masyarakat dan juga mempengaruhi hubungan manusia di dalam masyarakat.

Ciri-Ciri Sosiologi
Di dalam sosiologi terdapat beberapa karaktersitik yang membentuknya, diantaranya yaitu :

1. Sosiologi yaitu ilmu sosial yang mempelajari tentang hubungan antara manusia dan masyarakat.
2. Sosiologi mempelajari tentang gejala yang terjadi pada interaksi manusia.
3. Sosiologi juga mempelajari dan membahas tentang apa saja yang bisa menjadi nilai baik maupun nilai buruk.
4. Sosiologi termasuk salah satu ilmu pengetahuan yang murni juga terapan.
5. Sosiologi adalah ilmu yang abstrak dimana tujuannya hanya untuk memperlihatkan bentuk dan pola peristiwa di masyarakat.
6. Sosiologi memiliki tujuan untuk menghasilkan pengertian serta pola-pola umum yang terjadi dalam interaksi manusia.

Sifat Dasar Sosiologi
Sosiologi mempunyai beberapa sifat dasar yang membedakannya dengan bidang ilmu lainnya. sifat dasar sosiologi yaitu :

* Empiris
yaitu sosiologi adalah ilmu yang didasari oleh observasi atau pengamatan dan masuk akal, dimana hasilnya tak bukan sesuatu yang bersifat spekulatif.

* Teoretis
yaitu dalam penyusunan abstraksi sosiologi berdasarkan observasi yang konkret di lapangan. Abstraksi disusun secara logis dan menjelaskan hubungan sebab-akibat hingga menjadi sebuah teori.

* Komulatif
yaitu sosiologi disusun berdasarkan teori yang sudah ada, kemudian diperbaiki, diperluas, hingga menguatkan teori-teori yang sudah ada.

* Nonetis
yaitu pembahasan masalah sosiologi tak mempersoalkan tentang baik atau buruknya masalah itu, namun lebih bertujuan guna menjelaskan masalah secara mendalam.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian sosiologi menurut ahli dan menurut umum serta ciri, objek dan sifat dasar sosiologi. Semoga bermanfaat

Artikel Lainya :