Blog

Pengertian Strategi Pemasaran Tujuan Fungsi Elemen Dan Contohnya

Jakarta – Strategi pemasaran adalah cara yang dilakukan oleh seorang pengusaha untuk memuaskan konsumen, dengan tujuan memperoleh keuntungan. Dalam dunia usaha, tentu kita tidak akan terlepas dari sebuah proses pemasaran atau promosi untuk meningkatkan penjualan dan penghasilan.

Konsumen adalah pihak yang pemakai barang dan atau jasa. Sementara pesaing usaha merupakan kompetitor antar pejual dan pengusaha.

Apa itu Strategi Pemasaran?
Berikut adalah beberapa definisi strategi pemasaran dari para ahli:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

1. Philip Kotler

Stretegi pemasaran adalah cara pengaturan pemasaran untuk mencapai keuntungan yang terus meningkat dalam penjualan.

2. Kurtz

Strategi pemasaran adalah program yang menyeluruh dari sebuah usaha, atau perusahaan dalam menentukan target pemasaran untuk memuaskan konsumen. Hal ini dilakukan dengan mengkombinasikan semua elemen produk, promosi, marketing mix, distribusi dan harga.

Jadi, jika disimpulkan strategi pemasaran diartikan sebagai upaya memasarkan suatu produk dengan menggunakan pola rencana tertentu, untuk mendapat jumlah penjualan yang lebih tinggi.

Tujuan Strategi Pemasaran
Dikutip dari modul Kemdikbud Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X yang disusun oleh Rosmala Sari Dewi Siregar, ada empat tujuan strategi pemasaran.

Adapun tujuan strategi pemasaran adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan kualitas koordinasi setiap antar tim pemasaran

2. Sebagai alat ukur dari hasil pemasaran

3. Sebagai dasar logis, dalam mengambil keputusan pemasaran

4. Untuk meningkatkan kemampuan, dalam beradaptasi bila terjadi perubahan dalam pemasaran.

Fungsi Strategi Pemasaran
Beberapa fungsi strategi pemasaran yaitu:

Meningkatkan motivasi untuk melihat masa depan dalam segi pemasaran

Membuat koordinasi pemasaran yang lebih efektif

Merumuskan tujuan perusahaan

Pengawasan dalam seiap kegiatan pemasaran

Contoh Strategi Pemasaran untuk Bisnis
Contoh strategi pemasaran adalah menggunakan media sosial untuk dijadikan tempat promosi produk. Promosi di media sosial seperti lewat platform Instagram, TikTok, Facebook dan lain-lain saat ini, bisa meningkatkan penjualan.

Selain itu, hal yang harus kamu lakukan adalah mengidentifikasi target konsumen. Untuk mendukung promosi berjalan dengan lancar supaya dilirik target, kita juga perlu membuat dan membagikan konten-konten menarik untuk membangun minat pembeli.

Elemen Strategi Pemasaran
Dikutip dari buku Ajar Manajemen Pemasaran Bauran Pemasaran karya Tengku Firli Musafir, S.E., M.M, berikut adalah elemen strategi pemasaran:

1. Product (Produk)

Produk adalah barang yang dibuat atau diproduksi untuk memenuhi kebutuhan sekelompok orang tertentu. Produk ini bisa berwujud dalam bentuk jasa atau barang. Jadi, selama fase pengembangan produk, pemasar harus melakukan penelitian ekstensif mengenai siklus hidup produk yang mereka ciptakan.

2. Price (Harga)

Harga produk adalah jumlah dibayar pelanggan untuk dapat menikmatinya. Harga merupakan komponen yang sangat penting dalam elemen strategi pemasaran karena dari rencana pemasaran ini kita bisa menentukan keuntungan dan kelangsungan nasi perusahaan.

Ada tiga strategi penetapan harga utama yaitu:

– Harga penetrasi pasar

– Pasar menggelapkan harga

– Harga netral

3. Place (Tempat)

Batan atau distribusi adalah bagian yang sangat penting karena perusahaan harus memposisikan dan mendistribusikan produk di tempat yang mudah di akses oleh pembeli potensial maupun targetnya.

4. Promotion (Promosi)

Promosi adalah elemen atau komponen pemasaran yang bisa meningkatkan brand recognition dan penjualan.

Promosi terdiri dari berbagai elemen seperti:

– Periklanan promosi

– Penjualan

– Hubungan masyarakat

– Publisitas

– Penjualan langsung

– Event sponsorship

5. People (Orang)

Orang yang dimaksud adalah sebagai bagian dari orang, yang berhubungan langsung dengan bisnis. Hal itu penting bagi perusahaan, untuk mempekerjakan dan melatih orang yang tepat untuk memberikan layanan terbaik kepada konsumen.

6. Process (Proses)

Sistem ini akan mempengaruhi pelaksanaan layanan jadi perusahaan, harus memastikan bahwa mereka memiliki proses yang disesuaikan. Hal itu untuk meminimalkan biaya pengeluaran.

7. Physical Evidence (Bukti Fisik)

Bukti fisik akan berkaitan dengan bagaimana bisnis dan produk itu dirasakan dalam pasar ini merupakan bentuk branding.

Nah, itu tadi penjelasan pengertian dari strategi pemasaran. Detikers, jadi makin paham bukan apa itu strategi komunikasi?

(fdl/fdl)