Blog

Cara Membuat Sushi Rumahan Dengan Takaran Pas Dan 7 Resep Sushi Sederhana

Jakarta – Sushi, masakan dari Jepang ini termasuk banyak penggemarnya. Kalau Si Kecil termasuk penggemar sushi, membuat sushi sendiri pastinya bisa disesuaikan dengan selera anak-anak.

Resepdan cara membuat sushi mungkin terlihat sulit, namun apabila sering dipraktikkan Bunda akan semakin mahir. Tak perlu menggunakan bahan yang sulit, dengan bahan sederhana Bunda sudah bisa membuatkan sushi yang lezat dan bergizi.

Dalam buku Aneka Sushi untuk Snack & Bekal Praktis Resep Sehat untuk Anak, penulisnya Threes Emir menjelaskan kalau sushi ini termasuk makanan sehat karena terdiri dari nasi dengan ‘lauk’ di dalamnya. Karena itu, Bunda jangan ragu untuk membuat sushi sendiri.

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat sushi memang agak relatif lama. Untuk menyiasatinya, ketika nasi sedang masak, Bunda dapat menyiapkan isinya, sehingga begitu nasi telah matang, Bunda siap menggulungnya di atas nori, mengisinya dengan isi yang telah disiapkan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Isi sushi buatan Bunda ini bisa tuna, udang, daging atau nugget. Bunda bisa mengkreasikan isiannya dengan kesukaan anak. Bahkan, dengan hanya telur dadar saja Bunda sudah bisa membuat sushi.

Foto: HaiBunda/Mia

Ada beberapa catatan yang perlu Bunda perhatikan tentangcara membuat sushi:

1. Buat campuran nasi yang pas, takaran perbandingannya itu nasi dan ketan adalah 3:1. Artinya kalau Bunda menggunakan 3 cup beras, maka ketan yang dibutuhkan itu 1 cup. Bunda dapat menggunakan takaran apapun, bisa gelas, bisa cangkir. Yang penting perbandingannya yaitu 3:1.
2. Sebagai patokan apabila Bunda menggunakan 3 cup beras putih, maka membutuhkan 1 cup ketan, 3 sdt cuka beras, 2 sdt gula pasir, dan 1 sdt garam. Apabila Bunda menginginkan rasa sushi yang lebih manis, tambahkan takaran gula pasirnya.
3. Penggunaan airnya sama banyak ketika Bunda membuat nasi. Bisa dimasak dengan rice cooker seperti memasak nasi pada umumnya. Setelah nasi matang, selagi masih panas, angkat.
4. Campur bahan menjadi satu, yakni cuka beras dengan garam, dan gula secukupnya, panaskan dalam wajan kecil sampai larut. Berikan campuran ini ke dalam nasi dan aduk sampai merata.
5. Bahan yang dibutuhkan untuk menyajikan adalah kecap asin, wasabi, bubuk cabe merah.

Setelah mengetahui tips cara membuatnya, berikut tujuh resep sushi rumahan yang gampang dibuat:

1. Resep dasar sushi
Bahan:

* Beras putih
* Beras ketan
* Cuka beras, bisa dibeli di swalayan Jepang
* Gula pasir
* Garam
* Nori (rumput laut untuk pembungkus yang bisa dibeli di swalayan)
* Berbagai macam isi (filling) sesuai selera
* Gulungan bambu untuk mengulung sushi (bisa dibeli di swalayan)

Cara membuat:

1. Siapkan alas sushi dari bambu, lalu lapisi dengan selembar nori. Pada bagian atasnya taruh nasi secara perlahan hingga seluruh nori tertutup nasi.
2. Atur isian sesuai yang dinginkan dari ujung ke ujung pada bagian atas nasi.
3. Gulung sushi secara perlahan-lahan sampai ke ujung perhatikan agar saat menggulung harus benar-benar padat. Potong setebal kurang lebih 2 cm dan sajikan dengan kecap asin, wasabi, dan cabe merah bubuk.

2. Resep sushi salmon
Bahan:

* Nasisushi secukupnya
* Beberapa potong salmon segar
* Garam secukupnya bubuk
* Lada secukupnya
* Air dari jeruk lemon atau jeruk nipis

Cara membuat:

1. Lumuri salmon dengan lada dan garam secukupnya salmon.
2. Beri perasan jeruk lemon pada kedua sisinya.
3. Panggang dalam oven selama 10 menit.
4. Setelah matang, potong kecil-kecil dan isikan ke dalam gulungan nasi.
5. Bunda juga dapat menggunakan salmon dalam kaleng. Buka kalengnya dan isikan salmon ke dalam gulungan nasi.

Baca resep dan cara membuat sushi lainnya di halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga video resep baked salmon yang cocok jadi sajian keluarga:

[Gambas:Video Haibunda]