Blog

Pengertian Sejarah Secara Umum Dan Menurut Para Ahli

Pengertian Sejarah – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Sejarah menurut para ahli secara umum dan juga fungsi serta contohnya.

Sejarah adalah suatu peristiwa yang terjadi pada masa lampau dan disusun berdasarkan peninggalan berbagai peristiwa atau peristiwa yang pernah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli
Adapun pendapat para ahli yang mendefinisikan pengertian sejarah. Berbagai pengertian sejarah menurut para ahli adalah sebagai berikut:

Makna sejarah dalam bentuknya tentang masa lalu. Sejarah tidak hanya melahirkan kriteria dari peristiwa masa lalu, tetapi pemahaman tentang masa lalu yang mengandung berbagai dinamika, mungkin mengandung pelajaran bermasalah bagi manusia masa depan.

Pengertian sejarah yaitu adalah ilmu yang telah tersusun dari beberapa hasil dalam melakukan penyelidikan dari beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan beberapa materi yang nyata.

Pengertian sejarah menurut Kuntowijoyo yaitu adalah sesuatu yang bisa menyajikan beberapa fakta secara diakronis, ideografis, unik, dan juga empiris.

Fungsi Sejarah (Manfaat dan Nilai)
Kuntowijoyo menjelaskan bahwa sejarah memiliki kegunaan bagi perkembangan sejarahnya sendiri (intrinsik) dan memberikan kontribusi bagi perkembangan pengetahuan di luar dirinya (ekstrinsik). Berikut adalah presentasinya.

Fungsi Intrinsik
1. Sejarah sebagai ilmu berkembang melalui (a) perkembangan filsafat, (b) perkembangan teori sejarah, (c) perkembangan ilmu-ilmu lain, (d) perkembangan metode sejarah.
2. Sejarah sebagai salah satu cara untuk mengetahui masa lalu, bersama beberapa mitos sejarah yaitu adalah alat yang tepat untuk dapat mengetahui masa lalu yang dapat menghasilkan setidaknya dua sikap, yaitu: menerima ataupun juga menolak.
3. Sejarah sebagai pernyataan pendapat, banyak sejarawan menggunakan pengetahuan mereka untuk mengungkapkan pendapat.
4. Sejarah sebagai salah satu dari profesi, sebagai penulis ataupun juga peneliti sejarah.

Sejarah Fungsi Ekstrinsik
• Sejarah sebagai pendidikan moral
• Sejarah sebagai pendidikan penalaran
• Sejarah sebagai pendidikan politik
• Sejarah sebagai pendidikan kebijakan
• Sejarah sebagai pendidikan untuk perubahan
• Sejarah sebagai pendidikan masa depan
• Sejarah sebagai pendidikan kecantikan
• Sejarah sebagai ilmu
• Sejarah sebagai latar belakang
• Sejarah sebagai referensi

Berdasarkan fungsi ekstrinsiknya, sejarah berguna bagi banyak ilmu lain, seperti pendidikan, filsafat, moral, etika, estetika (seni), bahkan ilmu eksakta. Demikianlah ulasan tentang pengertian sejarah semoga bermanfaat.