Blog

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di MS Word

Membuat daftar isi di MS Word bisa jadi pekerjaan yang menyebalkan. Terutama jika kamu belum tahu metode yang benar. Jika kamu mengetik dokumen dengan benar, ada cara membuat Daftar Isi otomatis yang mudah..

Perlunya Mengetik Dokumen Dengan Benar
Sebenarnya cara membuat daftar isi otomatis itu mudah. Masalahnya, tidak semua orang memahami sistem pengetikan dokumen yang benar.

Kasus yang seringkali terjadi, mereka mengetik semuanya secara manual. Tanpa memanfaatkan fitur yang sebenarnya ada di dalam program pengolah kata.

Microsoft Word — atau biasa disebut MS Word — merupakan program pengolah kata yang powerful. Ada banyak tool di menu yang bisa kita manfaatkan. Namun, tidak jarang tool yang banyak itu terlihat rumit.

Ketika pengguna tidak mempedulikan struktur penulisan dan tool yang ada, imbasnya akan muncul di akhir. Misalnya harus mengetik daftar isi dan mengatur bagian, spasi, angka sendiri, juga secara manual.

Peralatan di MS WordBayangkan jika yang dikerjakan itu adalah karya ilmiah, skripsi, atau bahkan buku. Mengatur konten di halaman yang banyak seperti itu — termasuk jika ada revisi dan memperbarui isi dokumen — akan jadi sangat merepotkan.

Oleh karena itu, mengetik dokumen dengan struktur yang benar dan menggunakan fitur atau tool yang benar sangat penting. Hal ini akan mempermudah cara membuat daftar isi secara otomatis.

Memahami Struktur Penulisan MS Word
MS Word bisa mengenali struktur ketikan jika kita menggunakan pengaturan yang benar. Yang paling penting dalam hal ini adalah penulisan judul.

Ketika menulis judul, kita seharusnya memanfaatkan pengaturan gaya tulisan (style pane). Mulai dari judul utama, sub-judul, dan judul di dalam paragraf.

Judul dan Sub Judul merujuk pada judul utama karya tulis. Sedangkan untuk judul di dalam paragraf adalah pilihanHeading 1 (H1),Heading 2 (H2),Heading 3 (H3), danHeading 4 (H4).

Panel pengaturan gaya tulisanStruktur judul di dalam paragraf inilah yang menjadi syarat di dalam cara membuat daftar isi secara otomatis.

Menariknya, sistem seperti ini tidak hanya berlaku di program pengolah kata seperti MS Word saja. Tapi juga berlaku di berbagai aplikasi lain. Misalnya di program penerbitan seperti Adobe InDesign dan di website (kami menerapkan cara yang sama di artikel ini).

Soal judul, untuk mengetahui cara yang benar lebih jauh, kamu bisa membaca artikel tutorial membuat judul di MS Word dari kami.

Walau kamu sudah menyusun struktur judul dengan benar, tidak serta merta susunannya akan muncul di dalam dokumen. Jadi bagaimana membuatnya?

Cara membuat daftar isi otomatis:

1. Buka dokumen bersangkutan di MS Word.
2. Klik di bagian yang kosong atau di bagian yang kamu inginkan untuk jadi halaman Daftar Isi.
3. Di Menu, pilihtabReferensi (atau tekan shortcut Alt + S).
4. Lalu klik tombol / kotakDaftar Isi (Table of Content).
5. Pilih salah satu model Daftar Isi yang ada.
6. Judul dan Sub judul yang kamu buat langsung hadir sebagai Daftar Isi. Lengkap dengan nomor halaman secara otomatis.

Pilihan dan hasilnyaItulah cara membuat daftar isi otomatis. Mudah kan? Cuma beberapa klik saja.

Jika kamu sudah mencoba membuat struktur judul dan mengikuti langkah di atas dengan benar, maka kamu akan melihat hasilnya. Kamu juga akan menyadari kalau caranya sangat mudah.

Kustomisasi Daftar Isi MS Word
Mungkin kamu kurang suka dengan tampilan daftar isi bawaan Word. Untungnya, kamu bisa mengganti beberapa elemen di dalamnya. Misalnya menambahkan tanda poin (bullet), mengganti titik-titik penghubung nomor halaman, dll.

Langkah melakukan kustomisasi daftar isi:

1. Klik tombol Daftar Isi (Table of Content) di ribbon (menu).
2. Klik pilihan ‘Custom Table of Contents…‘
3. Tekan tombol ‘Modify‘. * Di tahap ini kamu bisa mengganti gaya titik-titik penghubung nomor halaman daftar isi.

4. Pilih tingkat TOC (Table of Content) yang ingin kamu ubah, lalu klik tombol ‘Modify‘. * TOC1 adalah H1, TOC2 adalah H2, dan seterusnya. * Kamu harus mengatur tiap tingkat TOC satu persatu.

5. Di menu yang muncul, kamu sudah bisa mengatur format teks TOC bersangkutan. Namun akan lebih baik jika kamu mengaturnya dari pilihan ‘Format‘ di sudut kiri bawah.
6. Pilih bagian yang ingin kamu format (sebagai contoh di sini kami memilih ‘numbering‘ untuk membuat poin).
7. Atur atau pilih gaya yang sesuai dengan kebutuhanmu (di sini kami memilih bulleted).
8. Tekan tombol ‘OK‘ tiap menu yang terbuka sampai kembali tampilan langkah ke-3 di atas.
9. Ulangi langkah ke-4 sampai ke-8 untuk tiap tingkat TOC.
10. Tekan tombol ‘OK‘ jika sudah selesai.

Memperbarui Daftar Isi
Setelah kamu mengikuti cara membuat daftar isi di atas, termasuk kustomisasinya, mungkin kamu pikir Sudah cukup. Tapi bagaimana kalau kamu mengetik judul baru di dalam dokumen?

Untuk itu, kamu perlu memperbarui daftar isi. Karena nanti bisa tidak sesuai dengan isi dokumen yang kamu kerjakan.

Cara memperbarui daftar isi MS Word

1. Klik Daftar Isi untuk mengaktifkannya.
2. Lalu klik tombol panah ▾ di bagian atas kotakTable of Content.
3. Klik Perbarui /Update.
4. Daftar Isi akan tampil sesuai hasil edit yang sudah kamu buat.

Memperbarui daftar isiAda kemungkinan kamu masih harus menyesuaikan gaya judul sesuai dengan yang kamu buat di Style Pane. Bukan masalah. Yang penting, struktur ketikan harus benar terlebih dulu.

Kesimpulan
Mungkin tool di menu MS Word bisa tampak rumit. Mungkin mengatur struktur dan gaya judul di Style Pane terlihat merepotkan. Namun, jika kamu tidak mempedulikannya, hasilnya akan lebih merepotkan lagi.

Untuk itu, lakukan semuanya dengan benar. Susunlah konsep ketikan terlebih dahulu. Buatlah struktur judul yang benar dan ketiklah sesuai struktur itu menggunakan fitur yang ada.

Dengan begitu kamu bisa menerapkan cara membuat daftar isi otomatis di MS Word ini. Tanpa harus mengetik tiap judul, mengisi titik, mengatur jarak, menaruh nomor halaman, dll sendiri secara manual.

Ketika kamu mengerjakan dokumen dengan banyak halaman, kamu akan menemukan cara ini sangat membantumu.

Jika kamu memilih melihat video tutorial, silakan tonton di bawah ini:

PELAJARI TIPS MS WORD LAIN

Kamu bisa mencobanya di Microsoft Office Online yang gratis. Kamu juga bisa membuat hal yang sama di Google Docs.