Blog

Pengertian Sastra Menurut Para Ahli

SeputarIlmu.Com – Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Sastra.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Sastra? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Sastra yaitu karya tulis yang jika dibandingkan dengan trulisan biasa lainnya, memiliki berbagai cirri keunggulan, keaslian, keartistikan, keindahan, isi dan ungkapan.

2. Engleton

Sastra atau “Tulisan yang halus” yakni (letters belle) yang dicatat dalam bentuk bahasa kerja harian menggunakan berbagai cara yang dipadatkan bahasanya, didalamkan, diterbalikkan dipanjang tipiskan, sehingga membuatnya lebih aneh.

3. Semi

Sastra ialah suatu bentuk dan hasil pekerjaan seni kreatif yang objeknya adalah manusia dan kehidupannya menggunakan bahasa sebagai mediumnya.

4. Robert Scholes

Sastra merupakan sebuah kata, bukan sebuah benda.

5. Plato

Sastra yaitu suatu hasil peniruan atau gambaran dari kenyataan (mimesis). Sebuah karya sastra harus merupakan peneladanan alam semesta dan sekaligus merupakan model kenyataan. Oleh karena itu, nilai sastra semakin rendah dan jauh dari dunia ide.

6. Taum

Sastra ialah salah satu karya cipta atau fiksi yang bersifat imajinatif atau “sastra adalah penggunaan bahasa yang indah dan berguna yang menandakan hal-hal lain”.

7. Aristoteles

Sastra sebagai kegiatan lainnya melalui agama, ilmu pengetahuan dan filsafat.

8. Sapardi

Sastra ialah lembaga sosial yang menggunakan bahasa sebagai medium. Bahasa itu sendiri merupakan ciptaan sosial. Sastra menampilkan gambaran kehidupan, dan kehidupan itu sendiri adalah suatu kenyataan social.

9. Mursal Esten

Sastra atau Kesusastraan adalah sesuatu pengungkapan dari fakta artistik dan imajinatif sebagai manifestasi kehidupan manusia. (dan masyarakat) melalui bahasa sebagai medium dan memiliki efek yang positif terhadap kehidupan manusia (kemanusiaan).

10. Ahmad Badrun

Sastra ialah kegiatan seni yang mempergunakan bahasa dan garis simbol-simbol lain sebagai alai, dan bersifat imajinatif.

11. Panuti Sudjiman

Sastra yakni sebagai karya lisan atau tulisan yang memiliki berbagai ciri keunggulan seperti keorisinalan, keartistikan, keindahan dalam isi, dan ungkapanya.

12. Saini

Sastra yaitu sebuah pengalaman ekspresi pribadi seorang manusia berbentuk, pikiran, perasaan, semangat, ide, dan iman, berbentuk gambar yang bisa membangkitkan ketertarikan menggunakan media bahasa.

13. Damono

Sastra menunjukkan gambaran yang merupakan realitas sosial.

14. Suyitno

Sastra ialah sesuatu yang imajinatif, bersifat kreatif & fiktif yang harus melayani bisa dipertanggungjawabkan.

15. Sumardjo dan Sumaini

Sastra ialah

* Seni bahasa
* Suatu ekspresi spontan perasaan mendalam
* Suatu ekspresi pikiran menggunakan bahasa
* Kehidupan yang berbentuk inspirasi pada keindahan.
* Semua buku yang isinya perasaan kemanusiaan kebenaran bernilai benar serta bermoral

16. Ahmad Badrun

Sastra yakni kegiatan seni menggunakan bahasa serta simbol selain garis untuk alat, maupun imajinatif.

17. Sumarno

Sastra merupakan pengalaman ekspresi pribadi manusia berupa, pikiran, perasaan, ide, semangat, iman, dalam bentuk gambar yangmembangkitkan tarik beton dengan alat bahasa.

18. Tarin

Sastra yakni obyek dari gejolak emosional penulis dalammengungkapkan, seperti perasaan sedih, frustasi, gembira, dan sebagainya.

19. Wellek dan Warren

Sastra adalah salah satu kegiatan kreatif, sederetan karya seni.

20. Lefevere

Sastra ialah deskripsi pengalaman kemanusiaan yang memiliki dimensi personal dan sosial sekaligus serta pengetahuan kemanusiaan yang sejajar dengan bentuk hidup itu sendiri.

21. Mukarovsky, E.E. Cummings, dan Sjklovski

Sastra yakni suatu hasil kreasi berdasarkan luapan emosi yang spontan yang mampu mengungkapkan aspek estetik baik antara aspek kebahasaan maupun aspek makna.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 21 Pengertian Sastra Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

Baca Juga Artikel Liannya :