Blog

Pengertian Riset Pemasaran Tujuan Jenis Contoh

Pengertian dan Tahapan Riset Pemasaran
Donabisnis.com – Pengertian riset pemasaran. Riset pemasaran merupakan serangkaian teknik yang digunakan untuk mengumpulkan informasi dan lebih memahami target pasar perusahaan. Riset pasar juga menjadi proses untuk menentukan kelayakan layanan atau produk baru.

Melalui riset pemasaran, memungkinkan perusahaan untuk menemukan pasar sasaran dan bisa mendapatkan pendapat serta umpan balik lainnya dari konsumen mengenai minat mereka pada produk atau layanan. Untuk lebih lengkapnya mengenai riset pemasaran simak ulasan berikut.

Di sini kami akan menjelaskan mengenai pengertian riset pemasaran, definisi, fungsi dan manfaat, klasifikasi, jenis atau macam-macam, metode, hingga cara menyusun riset pemasaran. Anda bisa menyimak selengkapnya di bawah ini.

Ada beberapa pengertian riset pemasaran secara umum dan menurut pendapat ahli. Untuk mendapatkan pandangan berbeda, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Riset Pemasaran Secara Umum
Pengertian riset pemasaran secara umum sesuai namanya, bisa diartikan sebagai sebuah kegiatan penelitian yang dilakukan dalam bidang pemasaran. Penelitian yang dilakukan di sini harus dilakukan secara sistematis dan terukur.

Mulai dari perumusan masalah, perumusan tujuan, hingga menyimpulkan hasil penelitian yang dilakukan harus dikerjakan dengan seksama. Semuanya perlu dikerjakan sesuai prosedur-prosedut yang telah tersedia.

Beberapa orang sering merasa rancu mengenai istilah riset pemasaran, sehingga tak heran bila banyak orang masih menyamakan riset pemasaran dengan riset pasar. Padahal, keduanya jelas-jelas berbeda.

Adapun pengertian riset pemasaran menurut para ahli adalah sebagai berikut.

1. Philip Kotler
Pengertian riset pemasaran menurut Philip Kotler adalah suatu perencanaan, pengumpulan, analisis dan pelaporan yang sudah tersistematis dari data atau berbagai penemuan yang relevan dengan adanya situasi pemasaran tertentu yang telah dihadapi oleh perusahaan.

2. American Marketing Association
Pengertian riset pemasaran menurut American Marketing adalah fugnsi yang menghubungkan konsumen, pelanggan dan publik dengan pemasar melalui informasi digunakan untuk mengidentifikasi dan mendefinisi peluang dan masalah pemasaran, menghasilkan dan menyempurnakan dan mengevaluasi upaya pemasaran, memantau kinerja pemasaran; memperbaiki pengertian pemasaran sebagai suatu proses.

3. Robby Susatyo
Pengertian Riset pemasaran menurut Robby Susatyo adalah suatu pengidentifikasian yang lebih objektif dan tersistematis, yang akan dilanjut dengan pengumpulan, analisis, dan perangkaian beberapa informasi yang bertujuan agar dapat memperbaiki dalam pengambilan keputusan yang masih berkaitan dengan solusi permasalahan dan penentuan berbagai peluang dalam proses pemasaran.

4. Wikipedia
Riset pemasaran adalah proses atau serangkaian proses yang menghubungkan produsen, pelanggan, dan pengguna akhir dengan pemasar melalui informasi yang digunakan untuk mengidentifikasi dan menentukan peluang dan masalah pemasaran; menghasilkan, memperbaiki, dan mengevaluasi tindakan pemasaran; memantau kinerja pemasaran; dan meningkatkan pemahaman pemasaran sebagai suatu proses.

Tujuan Riset Pemasaran
Tujuan dari implementasi riset pemasaran adalah untuk mengetahui dan menganalisis hal-hal yang diperlukan atau diperlukan di pasar (masyarakat) dan juga untuk memenuhi pesaing bisnis.

Dengan riset pemasaran, Anda dapat mengetahui produk atau layanan yang ditawarkan, di mana produk atau layanan diperlukan dan kualitas produk diperlukan oleh konsumen. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui berapa banyak permintaan dan permintaan potensial, ketika permintaan mencapai puncaknya dan ketika permintaan menurun.

Riset pemasaran dapat memastikan bahwa perusahaan tidak sulit untuk merencanakan strategi komersial sehingga dapat menghasilkan manfaat optimal.

Fungsi dan Manfaat Riset Pemasaran
Terdapat tiga fungsi atau manfaat dari riset pemasaran, yakni deskriptif, diagnostik, dan prediktif.

1. Fungsi Deskriptif
Dalam riset pemasaran ada fungsi deskriptif, yaitu fungsi yang dikumpulkan dan disajikan dalam pernyataan mengenai fakta sebuah bisnis.

2. Fungsi Diagnostik
Fungsi diagnostik dalam riset pemasaran adalah pembahasan mengenai data atau tindakan.

3. Fungsi Prediktif
Fungsi prediktif pada riset pemasaran adalah spesifikasi mengenai bagaimana memakai riset deskriptif dan diagnostik untuk memprediksi hasil keputusan pemasaran yang terencana.

Objek Riset Pemasaran
Ada empat objek dari riset pemasaran atau marketing research, yakni produk, harga, promosi, dan distribusi. Selengkapnya bisa dilihat di bawah ini.

1. Produk
Produk merupakan salah satu objek riset pemasaran yang paling penting, apabila tidak ada produk atau jasa, maka tidak ada yang dipasarkan.

2. Harga
Harga merupakan salah satu objek riset pemasaran, objek ini sudah pasti untuk melihat kesesuaian antara harga dan produk yang dihasilkan.

3. Promosi
Riset promosi dijalankan untuk mengukur tingkat berhasilnya
suatu promosi terhadap pemasaran produk.

4. Distribusi
Distribusi dalam riset pemasaran dijalankan untuk melihat apakah perjalanan distribusi berjalan dengan baik atau tidak.

Klasifikasi Riset Pemasaran
Terdapat tiga klasifikasi riset pemasaran, penjelasannya sebagai berikut.

1. Riset Pemasaran untuk Pemecahan Masalah
Riset pemasaran untuk pemecahan masalah berorientasi untuk menilai kegagalan perusahaan atau entitas bisnis. Dalam riset pemasaran ini akan lebih fokus pada menemukan cara untuk menangani masalah atau meningkatkan kegagalan.

terdapat beberapa poin dalam riset pemasaran untuk menyelesaikan masalah, di antaranya adalah investigasi segmentasi yaitu dalam penelitian ini dilakukan lewat kelompok konsumen berdasarkan pola konsumsi untuk menentukan potensi penjualan dalam kelompok tersebut.

Kemudian, penyelidikan distribusi dilakukan untuk mengoptimalkan strategi distribusi dan juga mengetahui imografi konsumen untuk menentukan peluang produk yang akan ditawarkan. Penelitian promosi atau penelitian penjualan dilakukan untuk mengetahui apa yang kurang dalam aspek promosi dan penjualan sehingga perusahaan tidak dapat memaksimalkan penjualan dan mencapai target konsumen yang diinginkan.

2. Riset Pengendalian
Riset pengendalian dalam pemasaran fokus pada kepentingan jangka panjang. Penelitiannya akan dilakuka melalui berbagai jenis pengendalian berdasarkan kualitas, riset potensi pasar, dan tren produk. Riset pengendalian dapat dilakukan secara rutin untuk membuat perusahaan tetap kompetitif.

Dalam melakukan riset pengendalian ini, perusahaan akan secara teratur memperoleh berbagai data berguna mulai dari potensi pasar, tren konsumen, pola konsumsi pasar dan perkiraan pasar yang dapat menjadi aset penting untuk menjaga kesehatan perusahaan.

3. Riset Perencanaan
Riset perencanaan dilakukan berdasarkan penelitian kontrol, dalam penelitian perusahaan akan menemukan beberapa data yang berguna untuk memaksimalkan manfaat yang dicapai perusahaan. Selanjutnya, penelitian perencanaan itu akan merujuk pada apa yang akan dilaksanakan perusahaan untuk menerapkan data yagn telah diperoleh lewat riset perencanaan.

Penelitian penelitian perencanaan dan penelitian, pada dasarnya, sangat tergantung, oleh karena itu, jika salah satu investigasi gagal memaksimalkan potensi yang dapat dicapai, hasil akhir dari strategi yang dilakukan oleh Perusahaan adalah Anda dapat memprediksi untuk tidak bekerja tanpa masalah atau tidak dapat mencapai target. Penelitian perencanaan dapat menjadi fase penting di mana dalam fase penelitian kontrol ini, sebuah perusahaan akan menentukan strategi mana yang akan dieksekusi untuk menyelesaikan masalah, atau memanfaatkan pasar.

Jenis Riset Pemasaran
Riset pemasaran terdiri dari dua jenis, yakni riset primer dan sekunder. Penjelasannya bisa dilihat di bawah berikut ini.

1. Riset Primer
Riset primer merupakan investigasi yang bertujuan untuk menjaga informasi atau daya yang berasal dari hasil penjualan terbaru serta efektif pada masa sekarang yang tengah dilakukan.

2. Riset Sekunder
Penelitian sekunder adalah investigasi yang fungsinya dalam data yang telah dipublikasikan. Dengan itu, kita dapat menemukan pesaing dan kita dapat membangun tolok ukur dan kemudian mengidentifikasi tujuannya.

Metode Riset Pemasaran
Terdapat tiga metode yang bisa dilakukan oleh pebisnis dalam merencanakan riset pemasaran, antara lain sebagai berikut.

1. Daftar Pertanyaan
Metode daftar pertanyaan dijalankan dengan cara memberikan sejumlah pertanyaan tentang data yang diperlukan untuk bisnis tertentu. Kondisi ini dilakukan untuk mempersiapkan potensi responden yang berasal dari pelanggan potensial yang akna menanggapi kuesioner.

Responden yang meyakinkan diundang untuk berkolaborasi untuk mengisi respons dengan jujur ​​dan benar. Jika sangat diperlukan, itu diberikan hadiah yang menarik.

2. Riset Grup
Metode ini dilakukan pembentukan kelompok orang dari populasi utama pasar potensial. Tugas yang mereka lakukan adalah mentransmisikan semua yang mereka butuhkan, mereka merasakan produk atau layanan yang disajikan dan harus memberikan pendapat tentang kekurangan produk.

3. Survei
Survei merupakan metode riset pemasaran yang dilakukan dengan cara memberikan pertanyaan sederhana mengenai produk atau layanan yang akan ditarik. Secara umum metode ini dilakukan secara acak dan sukarela sehingga tidak ada intervensi dalam pengisian survei.

Cara Menyusun Riset Pemasaran
Langkah atau tahapan melakukan dan menyusun riset pemasaran adalah sebagai berikut.

* Identifikasi Masalah
* Perumusan kerangka teori
* Formulasi desain riset
* Aktivitas lapangan dan dikumpulkannya data
* Persiapan dan analisis data
* Dibuatnya laporan dan presentasi hasil penelitian.

Contoh Riset Pemasaran
Misalnya, perusahaan mie. Di masa lalu, orang Indonesia tidak mengenali keberadaan mie dengan versi jumbo. Semua mie menghasilkan mie dengan wadah dan kuantitas yang serupa.

Tetapi kemudian, idenya tampaknya melakukan mie dengan wadah jumbo. Ini bisa muncul karena ada beberapa permintaan untuk mie pengemasan yang lebih besar.

Ketika tiba pada tahap ini, perusahaan mie tidak jelas tahu berapa banyak ukuran pasar yang dibutuhkan produk. Untuk alasan ini, penelitian pasar dilakukan. Fungsinya adalah untuk mengetahui berapa banyak permintaan bagi orang-orang untuk mie berukuran jumbo.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai riset pemasaran. Mulai dari pengertian, definisi, penjelasan, fungsi, tujuan, kegiatan, contoh, manfaat, klasifikasi, jenis, objek, metode, hingga cara menyusun riset pemasaran lengkap.