Blog

Pengertian Promosi Definisi Tujuan BContoh Promosi

BerandaUmumPengertian Promosi: Definisi, Tujuan, & Contoh PromosiPromosi merupakan istilah yang kerap digunakan dalam kegiatan pemasaran dan karir. Lalu apa itu pengertian promosi dan apa tujuannya?

Di pembahasan kali ini kami akan membahas secara ringkas, singkat mengenai promosi, diantaranya adalah sebagai berikut:

* Penjelasan apa itu promosi, meliputi pengertian secara umum dan menurut para ahli.
* Tujuan promosi secara umum.
* Jenis-jenis dan contoh promosi yang sering digunakan dalam bisnis.

Untuk lebih lengkap dan detailnya, silahkan simak artikel ini sampai rampung.

Pengertian Promosi Secara Umum
Kalau kita bicara promosi dalam dunia kerja atau karir, promosi merujuk pada peningkatan pangkat atau posisi karyawan dalam struktur hierarki perusahaan.

Sedangkan dalam pemasaran, promosi adalah suatu tindakan memajukan pertumbuhan atau perkembangan sesuatu, baik produk, merek atau bahkan perusahaan.

Disini kami akan membahas promosi pada bidang pemasaran saja.

Dalam dunia pemasaran, Pengertian promosi ialah suatu aktivitas komunikasi yang dilakukan oleh seseorang atau perusahaan dengan masyarakat luas.

Tujuan dari promosi adalah untuk bisa memperkenalkan suatu produk (Barang/jasa/merek/perusahaan) kepada masyarakat luas. Dan tentu untuk bisa mempengaruhi masyarakat agar membeli dan menggunakan produk yang di promosikan.

Dengan kata lain, promosi itu adalah kegiatan pemasaran yang sangat umum dilakukan tenaga pemasar untuk memberikan sebuah informasi suatu produk dan mendorong para konsumen agar melakukan pembelian barang atau jasa.

Kegiatan promosi biasanya menggabungkan beberapa bentuk promosi, misal seperti dalam bentuk upaya iklan, konsep diskon dan item (kaos bermerek).

Biasanya pada praktiknya seperti ini: Ada toko sepatu memasang iklan di koran atau media sosial yang menawarkan harga diskon untuk sepatu merek terkenal, dan menginformasikan kapan dan dimana penjualan akan dilakukan.

Cara dan media promosi sendiri ada banyak sekali, bahkan untuk metode promosi selalu berkembang dari waktu ke waktu. Berikut beberapa media promosi yang sering digunakan:

1. Media cetak (koran, majalah, tabloid dan lainnya)
2. Baliho
3. Billboard
4. Radio
5. Televisi (TV)
6. Internet (website berita, blog, sosial media dan lain-lain).

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli
Biar bisa memahami apa arti promosi, kita bisa merujuk kepada pendapat para ahli di bawah ini. Berikut beberapa pengertian promosi menurut para ahli:

1. Harper Boyd

Menurut Harper Boyd, pengertian promosi sendiri adalah upaya membujuk orang untuk menerima suatu produk, konsep dan gagasan.

2. Louis E. Boone dan David L. Kurtz

Menurut mereka beruda, promosi adalah sebuah proses menginformasikan, membujuk dan mempengaruhi suatu keputusan pembelian.

3. Basu Swastha Dharmmesta

Menurut Basu Swastha, pengertian promosi adalah persuasi satu arah yang dibuat untuk mempengaruhi orang lain bertujuan pada suatu tindakan yang menciptakan perekrutan dalam pemasaran.

4. Philip Kotler

Menurut Pilip Kotler, pengertian promosi ialah bagian dan proses strategi pemasaran sebagai cara untuk melakukan komunikasi dengan pasar dengan menggunakan komposisi bauran promosi “Promotional Mix”.

5. Indriyo Gitosudarmo

Menurut ia, pengertian promosi adalah sebuah kegiatan yang ditunjukan untuk mempengaruhi konsumen agar mereka bisa mengenal produk yang di tawarkan oleh perusahaan kepada mereka dan kemudian mereka menjadi senang, suka lalu membeli produk tersebut.

6. Fandy Tjiptono

Menurut Fandy, pengertian promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujuk dan mengingatkan pasar atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang telah di tawarkan oleh perusahaan.

Tujuan Promosi Secara Umum
Dari semua pihak yang melakukan kegiatan promosi tentu saja memiliki tujuan yang ingin dicapai. Kalau mengacu pada pengertian promosi di atas, berikut adalah beberapa tujuan promosi pada umumnya.

1. Menyebarluaskan informasi mengenai produk (barang atau jasa) kepada masyarakat luas atau calon konsumen.
2. Menjangkau dan mendapatkan konsumen baru dan juga menjaga loyalitas mereka.
3. Membantu meningkatkan angka penjualan sekaligus meningkatkan keuntungan.
4. Membantu mengangkat keunggulan dan juga membedakan produk dengan produk pesaing.
5. Untuk Branding atau menciptkan suatu citra produk di mata para konsumen sesuai keinginan perusahaan.
6. Terakhir mempengaruhi pendapat dan perilaku para konsumen terhadap produk.

Artinya, secara keseluruhan tujuan utama dari kegiatan promosi adalah untuk meningkatkan angka penjualan dan keuntungan usaha.

Macam-Macam Promosi
Cara pemasaran sangatlah beragam, sehingga telah menciptakan berbagai bentuk dan cara promosi yang sangat beragam juga.

Kalau secara umum, kegiatan promosi mencakup iklan, siaran pers, promosi konsumen (seperti kontes, diskon dan lainnya), produk gratis, dan lain-lain.

Menurut Philip Kotler dan Gary Armstrong, promosi dapat dibagi menjadi lima, yaitu; advertising, personal selling, sales promotion, public relation, dan direct marketing.

Tapai secara umum, berikut di bawah ini adalah beberapa macam promosi yang banyak sekali kita temui saat ini.

1. Promosi secara fisik

Promosi seperti macam ini bisa kita temui pada sebuah event atau kegiatan tertentu, misal konser, pameran, bazar dan lain-lain. Dalam kegiatan promosi ini biasanya para penjual membuka Booth untuk menawarkan produk atau jasa mereka.

Promosi secara fisik ini memiliki kelebihan dan kekurangannya. Untuk kelebihannya sendiri adalah memungkinkan pengusaha untuk bisa menjangkau langsung dan melakukan interaksi secara langsung dengan calon konsumen di lapangan.

Sementara untuk kekurangannya adalah terbatasnya calon konsumen yang bisa di jangkau.

Kegiatan seperti ini juga hanya di adakan pada lokasi tertentu. Misal pada perkantoran, kampus, mall dan lain-lain, sehingga hanya orang-orang yang berada di sekitaran tempat tersebut saja yang bisa dijangkau.

2. Promosi melalui media tradisional

Jenis promosi ini waktu dulu sangat efektif untuk bisa meningkatkan penjualan. Diantaranya adalah promosi melalui media cetak seperti, koran, majalah, tabloid, radio, televisi, banner, baliho dan lain-lain.

Promosi jenis ini juga memiliki keuntungan sendiri dibandingkan dengan promosi secara fisik, yaitu bisa menjangkau calon konsumen dalam waktu lama.

Tapi, untuk jenis promosi ini memiliki kekurangan yaitu, biaya promosi sangat mahal, baik itu dari sisi medianya atau biaya promosinya.

3. Promosi melalui media digital

Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, telah mengubah cara promosi di era digital seperti sekarang ini. Berikut beberapa promosi melalui media digital diantaranya: media sosial, website, mesin pencari, aplikasi, email dan lain-lain.

Para pengusaha yang sudah mengetahui perkembangan teknologi terkini tentu lebih memilih mempromosikan produknya melalui media internet. Selain harga lebih murah, jangkauan untuk calon konsumen juga sangat luas.

Kelebihan dari jenis promosi menggunakan media digital adalah, biaya cenderung lebih murah, pelaksanaan lebih cepat dan mudah, dan bisa menjangkau pengguna internet diseluruh dunia.

Sementara untuk kekurangan promosi menggunakan media digital adalah, dibutuhkan kreatifitas dalam melakukan promosi secara terus menerus karena ada banyak sekali kompetitor atau pesaing yang bermain di dalamnya.

Kita sebenarnya sudah sangat sering mendengar dan melihat promosi setiap harinya, baik melalui siaran televisi, smartphone, majalah dan berbagai media promosi lainnya.

Dibawah adalah beberapa contoh promosi yang sering dilakukan para pebisnis:

1. Promosi produk baru: Ada sebuah restoran memiliki resep baru, kita sebut menu A, dan restoran tersebut ingin mempromosikan kepada konsumen. Maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah “Beli menu A akan dapatkan satu minuman segar gratis!”.
2. Promosi penjualan agar stok lama cepat habis: Ada sebuah retail ingin menghabiskan stok lama mereka, misal produk A, dengan alasan ada produk serupa yang terbaru yang akan masuk ke toko. Maka pelaksanaan untuk promosi adalah sebagai berikut: “Promosi beli 2 pasang produk A, akan dapat 1 pasang produk A GRATIS!”.
3. Promosi biar penawaran lebih menarik: Biasanya seorang agensi pemasaran rumah akan memberikan nilai tambahan pada penawaran penjualan rumah. Seolah-olah para calon pembeli akan sangat beruntung ketika membeli rumah tersebut. Contoh promosi “Beli rumah dapat kulkas dan AC” di tambah lagi, para konsumen akan mendapatkan kesempatan mendapatkan satu buah mobil, jika beruntung dalam undian.
4. Produk Cashback: Promosi dengan sistem cashback biasanya untuk menarik minat para konsumen untuk bisa melakukan pembelian dengan nominal tertentu. Misal contoh: Natal dan Idul Fitri. Setelah event berakhir maka promo cashback juga akan berakhir.
5. Promosi berikan contoh produk atau terter: Kemungkinan kamu pernah ditawari untuk mencoba produk secara gratis? Ini adalah jenis promosi dengan menawarkan konsumen untuk mencoba produk (tester) secara gratis. Tujuannya adalah untuk bisa mengetahui tanggapan para konsumen terhadap produk tersebut.

Kesimpulannya
Kalau kita lihat dari penjelasan singkat di atas, maka bisa menyimpulkan bahwa promosi adalah cara yang bisa dilakukan oleh para pebisnis untuk bisa meningkatkan visibilitas produk, layanan, merek atau perusahaan.

Itulah informasi yang bisa kami bagikan buat Anda mengenai pengertian promosi lengkap mulai dari tujuan promosi, jenis-jenis promosi dan contoh promosi. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat.