Blog

Pengertian Perkembangan Teknologi Menurut Para Ahli

ilustrasi teknologi. humanresourcesonline.net Merdeka.com – Pada zaman modern ini penting untuk mengetahui pengertian perkembangan teknologi. Pasalnya, saat ini manusia tidak dapat meningkatkan kesejahteraannya tanpa memanfaatkan perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi juga membuat manusia sangat terikat dengan teknologi. Sehingga manusia perlu menguasai berbagai macam teknologi yang ada saat ini.

Perkembangan teknologi memberikan banyak manfaat dan memudahkan pekerjaan mau pun aktivitas sehari-hari masyarakat. Kemajuan teknologi menghasilkan modernitas yang ditandai dengan pertumbuhan ekonomi, mobilitas sosial, ekspansi atau perluasan budaya. Di mana melalui kemajuan teknologi komunikasi juga makin canggih dan murah. Terlepas dari manfaatnya bagi kehidupan manusia, ternyata masih banyak yang belum mengerti pengertian perkembangan teknologi itu sendiri.

Padahal memahami pengertian perkembangan teknologi lebih dulu merupakan langkah awal yang penting untuk memahami kemajuan teknologi secara mendalam. Maka dari itu, berikut ini informasi lengkap mengenai pengertian perkembangan teknologi menurut para ahli, lengkap dengan contoh dan manfaatnya telah dirangkum Merdeka.com melalui dspace.uii.ac.id pada Rabu, (21/09/2021).

Dalam pengertian perkembangan teknologi yang lebih luas, teknologi dapat meliputi pengertian sistem, organisasi, juga teknik. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan dan kemajuan zaman, pengertian teknologi menjadi semakin meluas.

Sehingga saat ini teknologi merupakan sebuah konsep yang berkaitan dengan jenis penggunaan dan pengetahuan tentang alat dan keahlian. Serta bagaimana dapat memberi pengaruh pada kemampuan manusia untuk mengendalikan dan mengubah sesuatu yang ada di sekitarnya.

Jadi teknologi adalah semacam perpanjangan tangan manusia untuk dapat memanfaatkan alam dan sesuatu yang ada di sekelilingnya secara lebih maksimal. Dengan begitu secara sederhana, teknologi bertujuan untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan manusia. Lalu bagaimana dengan pengertian perkembangan teknologi? Berikut ini penjabarannya menurut para ahli yaitu:

1. Philip Sporn
Teknologi adalah khasanah pengetahuan yang terhimpun secara sistematis berdasarkan penemuan ilmiah melalui eksperimentasi, atau semata-mata berdasarkan praktek bertahun-tahun yang berhasil, yang memungkinkan diproduksinya secara praktis suatu benda atau jasa tertentu.

2. Bharata
Teknologi adalah ilmu pengetahuan tentang cara-cara mengerjakan di bidang industri (the science which deals with industrial arts)

3. Harahap, Felino
Teknologi adalah ilmu pengetahuan industri yang praktis, pengetahuan yang sistematis mengenai kemampuan industri.

4. Paul B. Wesz
Teknologi merupakan aplikasi dari penemuan-penemuan sains murni untuk kepentingan praktis, suatu produk yang siap dijual atau siap dikonsumsi masyarakat.

Contoh Perkembangan Teknologi dan Manfaatnya

1. Teknologi dalam Bidang Informasi
Kemajuan informasi ditandai dengan mudahnya masyarakat dalam memperoleh atau mendapatkan informasi melalui internet dengan berbagai perangkat teknologi yang ada.

2. Teknologi Transportasi
Salah satu kemajuan teknologi juga dirasakan dalam bidang transportasi di mana adanya berbagai macam alat transportasi modern dapat memudahkan seseorang untuk mengangkat barang atau bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya.

3. Teknologi Pangan
Sistem pertanian yang ada saat ini tentunya berbeda dengan yang ada pada zaman dulu, mulai dari bibit, sistem tanam, serta teknik menanam dan memanennya.

4. Teknologi dalam Bidang Ekonomi
Perkembangan teknologi dalam bidang ekonomi dapat berupa perkembangan sistem keuangan yang digunakan. Jika dahulu orang memerlukan transaksi secara real atau nyata, atau berhadapan langsung antara pembeli dengan penjual, namun kini beralih menjadi online. Perubahan lainnya yang bisa kamu rasakan adalah kehadiran e-money yang memudahkan setiap orang saat hendak melakukan transaksi.

5. Teknologi Pendidikan
Adapun teknologi yang turut berkembang dalam dunia pendidikan adalah, berkembangnya sistem pendidikan jadi lebih baik, tenaga pendidik serta murid mudah memahami berbagai pelajaran yang diberikan, dll.

6. Teknologi Medis
Salah satu kemajuan dalam dunia medis ini adalah ditemukannya berbagai macam vaksin guna mencegah berbagai macam penyakit berbahaya.

7. Teknologi Komunikasi
Kemajuan komunikasi ini ditandai dengan mudahnya seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain, walau dengan jarak yang cukup jauh.

[nof]