Blog

Pengertian Penelitian Kuantitatif Menurut Para Ahli

Pengertian Penelitian Kuantitatif Menurut Para Ahli – Banyak sekali metode penelitian yang bisa kita pilih jika kita hendak mengerjakan tugas akhir study seperti skripsi, thesis dan lain sebagainya. Misalnya saja kita bisa memilih metode penelitian kuantitatif, kualitatif, mix method, metode experimen, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun, saat ini banyak sekali dan yang paling banyak digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Nah, bagi anda yang sedang dan ingin melakukan penelitian baik itu skripsi dan lain sebagainya, dan ingin menggunakan metode kuantitatif.

Disini kami akan berbagi mengenai apa itu pengertian metode kuantitatif menurut beberapa para ahli, dana pa saja poin-poin ataupun kerangka yang harus masuk kedalam metode penelitian kuantitatif.

Metode penelitian kuantitatif menurut Sugiyono bahwa metode penelitian kuantitatif ini sudah ada sejak lama dan bisa dibilang merupakan metode tradisional dan juga berlandaskan pada filsafat positivism. Dimana dalam melakukan penelitiannya lebih terstuktur, lebih sistematis dan sebagainya. Dan dalam penelitian ini dapat ditemukan dan dikembangkan iptek baru.

Biasanya orang lebih mencirikan metode kuantitatif ini jika dalam penelitiannya terhadap hitungan, angka-angka dan juga rumus yang lebih sistematis dan terdapat hitungan statistic sebagai pengolahan datanya.

Pengertian penelitian kuantitatif menurut para ahli ini sebetulnya pada intinya sama bhawa dalam penelitian kuantitatif ini lebih dominan menggunakan angka-angka yang lebih sistematis. Penelitian ini biasanya menggunakan sebaran angket, dan angket tersebut diolah dalam statistic yang kemudian bisa diketahui hasilnya secara pasti.

Dalam metode penelitian kuantitatif ini terdapat beberapa poin atau karakteristik yang harus anda ketahui, diantaranya :

1. Dari desainnya lebih jelas, dan terperinci, dan sudah ada hipotesis atau dugaan sementara sejak awal.
2. Dari segi tujuannya sudah menunjukan hubungan antar dua variable serta menguji teori yang telah ada sejak awal.
3. Dalam teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner sebagai bahan utamanya, serta menggunakan observasi dan wawancara juga.
4. Hasil pengukuran variable dilakukan dengan menggunakan instrument
5. Sampel telah ditentukan sejak awal, dan terdapat pengukuran sampel. Selain itu juga jumlah sampel yang relative besar.
6. Dalam menguji hipotesisnya menggunakan hitungan statistic serta menggunakan analisis deduktif. Analisis juga dilakukan setelah melakukan pengumpulan data.
7. Kedudukan penelitian sifatnya lebih tinggi daripada si responden serta hubungan dengan si responden lebih pendek terlebih jika hipotesis tersebut atau dugaan sementara awal penelitian sudah dibuktikan.

8. Prosedurnya lebih spesifik dan lebih rinci mengikuti langkah-langkah yang sudah ditentukan sejak awal penelitian.
9. Masalah lebih dirumuskan dengan lebih spesifik dan lebih jelas serta literature penelitian berhubungan dengan masalah, dan juga variable yang diteliti.

Penelitian kuantitatif menurut para ahli ini pada intinya sama. Yaitu menggunakan data berupa angka sebagai pengolahannya dan sudah ada hipotesis pada awal penelitian.

Artikel Lainnya :