Blog

Pengertian Pemasaran Dan 7 Jenisnya

Apa itu pengertian pemasaran? Pengertian pemasaran ini sering sekali dikaitkan dengan penjualan. Akan tetapi, ternyata tidak hanya mengarah kesitu saja.

Banyak sekali pengetahuan mengenai pemasaran yang harus diketahui. Baik untuk para pebisnis maupun untuk para konsumen. Sebelum mengenal pemasaran lebih jauh, mari kita bahas hal-hal dasar mengenai pemasaran.

Apa sajakah itu? Di antaranya adalah pengertian pemasaran, jenis-jenis pemasaran, tujuan pemasaran dan fungsi pemasaran.

Apa itu pemasaran? Pemasaran adalah salah satu kegiatan yang penting. Kegiatan penting ini harus dilakukan sebuah perusahaan.

Gunanya adalah untuk meningkatkan usaha, serta menjaga kelangsungan hidup di dalam perusahaan tersebut. Di samping melakukan pemasaran, sebuah perusahaan juga perlu mengkombinasikan beberapa fungsi. Seperti menggunakan keahlian yang dimiliki, agar perusahaan dapat berjalan dengan baik.

Secara istilah, pengertian pemasaran merupakan sebuah proses dan manajerial. Dimana setiap individu dan setiap kelompok akan mendapatkan apa saja yang mereka butuhkan juga inginkan. Caranya adalah dengan menciptakan dan juga saling menukar produk dan jasa.

Serta nilai di antara seseorang dengan yang lainnya. Peranan pemasaran saat ini bukan hanya untuk menyampaikan sebuah produk atau jasa saja supaya sampai ke tangan konsumen dalam keadaan baik. Akan tetapi, sampai memikirkan bagaimana sebuah produk dan jasa dapat memberikan suatu kepuasan kepada para konsumen secara berkelanjutan.

Bagi seorang pebisnis, perlu dimengerti lebih dalam hal-hal yang berkaitan dengan pemasaran. Sebab, kesuksesan suatu bisnis akan sedikit banyak dibantu oleh strategi pemasarannya. Tergantung strategi pemasaran apa yang dipakai, itu yang akan menentukan produk dan jasanya.

Pengertian pemasaran adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan, kegiatan tersebut akan melakukan promosi terhadap suatu produk, layanan atau jasa yang mereka miliki. Pemasaran juga mencakup beberapa hal.

Contohnya seperti periklanan, penjualan, pendistribusian sampai pengiriman sebuah produk ke perusahaan lain atau ke konsumen. Ketika melakukan proses promosi, mereka akan menargetkan orang-orang yang sesuai dengan target produk yang dipasarkan. Dalam hal ini, beberapa perusahaan juga melibatkan seorang selebriti.

Seorang selebriti atauselebgramyang memiliki suatu kepopuleran biasanya akan digunakan. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan produk tersebut. Tidak hanya itu saja, di dalam pemasaran, bagian yang mempunyai tugas ini akan membuat desain pada kemasan terlihat sangat menarik.

Hal itu adalah salah satu cara dalam membuat konsumen menjadi tertarik. Selain itu, melalui sebuah pemasaran juga tidak hanya membantu perusahaannya saja. Konsumen juga akan terbantu tentang pemasaran ini.

Para konsumen akan lebih mudah mendapatkan produk yang mereka inginkan, sesuai kebutuhan. Kemudian, ketika sebuah pemasaran berjalan sesuai dengan targetnya, maka perusahaan akan mendapatkan banyak pembeli. Tidak ketinggalan juga akan mendapatkan keuntungan dari hal tersebut.

Banyak ahli yang ikut memberikan pendapatnya mengenai pengertian pemasaran. Berikut ini adalah pengertian pemasaran menurut beberapa ahli:

1. Kotler (1997: 8)
Pengertian pemasaran menurut Kotler adalah sebuah proses sosial dan manajerial. Dimana di dalamnya terdapat individu dan kelompok dalam mendapatkan apa yang mereka butuhkan serta inginkan. Caranya adalah dengan menciptakan, menawarkan serta menukarkan sebuah produk yang memiliki nilai dengan pihak lain.

2. William J. Stanton (1984:7)
Menurut Stanton, pengertian pemasaran adalah sebuah sistem total. Sistem total tersebut berasal dari kegiatan bisnis. Kegiatan bisnis tersebut dirancang untuk merencanakan, menentukan sebuah harga, memberikan sebuah promosi, serta mendistribusikan barang yang akan memuaskan keinginan juga jasa baik pada konsumen terdaftar maupun konsumen potensial.

3. Melly Drum
Pengertian pemasaran adalah sebuah proses bisnis yang mengusahakan keselarasan di antara beberapa hal. Hal tersebut antara lain SDM atau sumber daya manusia, finansial dan juga fisik organisasi. Penyesuaian dilakukan dengan kebutuhan dan keinginan para pelanggan di dalam konteks strategi kompetitif.

4. Kotler dan Amstrong
Pengertian pemasaran adalah sebuah proses sosial dan manajerial. Dimana seorang individu dan sebuah kelompok akan mendapatkan apa yang mereka butuh dan inginkan. Melalui penciptaan dan juga pertukaran timbal balik produk, serta nilai dengan orang lain.

Jenis-jenis Pemasaran
Setelah mengetahui apa itu pengertian pemasaran, hal yang akan dibahas selanjutnya adalah jenis-jenis pemasaran. Ada beberapa jenis pemasaran. Beberapa jenis pemasaran di antaranya adalah sebagai berikut:

1.Branding
Sebuah produk atau sebuah layanan harus mempunyai target pasar. Selain itu, mereka juga harus memiliki nama atau “brand”. Gunanya adalah supaya dikenal dan terkenal oleh orang banyak.

Brandingadalah salah satu jenis pemasaran yang biasa dilakukan oleh seseorang. Fungsi daribrandingini adalah sebagai iklan untuk jangka panjang. Hal ini tentu akan sangat membantu dalam membuat sebuah produk atau layanan jadi lebih menarik.

Tidak hanya lebih menarikbrandingjuga dapat membuat sebuah produk menjadi lebih terkenal. Ada beberapa hal yang sering ada di dalambranding. Seperti nama, logo, slogan dan lain sebagainya.

2. Iklan siaran
Jenis pemasaran selanjutnya adalah iklan siaran. Iklan siaran umumnya akan menggunakan radio. Penggunaan radio sebagai sebuah media pemasaran adalah salah satu jenis bentuk iklan berbayar yang cukup umum.

Pemasaran yang dilakukan kepada para pelanggan sangat potensial, ketika menggunakan radio. Sebab, para pendengar akan benar-benar mendengarkan apa yang diucapkan oleh si penyiar radio. Selain itu, jenis pemasaran ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan media TV. Tujuannya adalah untuk mendapatkan jangkauan yang lebih luas.

3. MLM atauMulti Level Marketing
Pengertian pemasaran Janis MLM ini adalah salah satu bentuk penjualan yang dilakukan secara langsung. MLM akan melibatkan banyak orang, dimana perusahaan akan merekrut serta menjual berbagai produk yang mereka miliki.

MLM juga dapat disebut dengannetwork marketing, karena tenaga penjualannya akan mendapatkan komisi dari produk yang berhasil dijual. Serta komisi penjualan yang akan diperoleh komisi penjualan dari para jaringannya.

4. Online atau internet
Media online atau internet adalah salah satu media pemasaran yang sangat diminati. Hampir semua orang tentu pernah menggunakan internet. Hal tersebut akan membuat pasarnya menjadi sangat luas.

Pemasaran juga bisa dilakukan ke dalam beberapa cara. Seperti menggunakanwebsite, email, bahkan iklan. Target dari pasarnya juga dapat ditentukan. Sebab, banyak penyedia jasa iklan yang mempunyai fitur seperti ini.

5. WoMM atau Word of Mouth Marketing
WoMM adalah sebuah informasi produk yang akan didapatkan oleh seorang konsumen. Uniknya, informasi yang didapat oleh konsumen didapatkan dari konsumen yang lainnya. Baik secara verbal maupun secara langsung.

Jenis pemasaran ini dikenal dengan promosi yang dilakukan dari mulut ke mulut. Jenis promosi ini disampaikan secara langsung.

6. PR Marketing atau Public Relation Marketing
PR marketingadalah salah satu jenis pemasaran yang penting. Banyak lembaga atau perusahaan yang akan bekerja sama dengan sebuah media. Tujuannya untuk meningkatkanbrand awarenessatau kesadaran produk.

Pemasaran akan dilakukan dengan cara membuat para konsumen atau pelanggan merasakan keuntungan dari produk perusahaan tersebut yang dimilikinya.

7. Relationship Marketing
Jenis pemasaran selanjutnya adalahrelationship marketing. Membangun sebuah hubungan ataurelationshipdengan konsumen adalah salah satu cara yang paling efektif, dalam memasarkan sebuah produk.

Analoginya, ketika loyalitas konsumen sudah terbangung, maka ketika perusahaan meluncurkan atau membuat produk baru maka konsumen setia akan dengan sukarela membeli produk tersebut. berawal dari rasa ingin tahu, kemudian berkembang menjadi pengguna setia.

BACA JUGA: 8 Tujuan Iklan, Ciri-ciri dan Pengertiannya Menurut Para Ahli

Fungsi Pemasaran
Pemasaran yang dilakukan tentu saja memiliki berbagai fungsi. Apa saja fungsi pemasaran? Berikut ini adalah beberapa fungsi pemasaran yang penting diketahui selain pengertian pemasaran. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Pengenalan produk
Fungsi pertama dari dilakukannya kegiatan pemasaran adalah untuk memperkenalkan produk suatu perusahaan. Fungsi ini disebut juga sebagai fungsi yang utama. Melalui pemasaran, sebuah produk akan lebih dikenal oleh konsumen.

Akan tetapi, dengan sebuah syarat. Syarat tersebut adalah pihak perusahaan yang dapat menonjolkan apa saja keunggulan dari produk yang diproduksinya tersebut. Hal itu akan berguna untuk membantu menarik perhatian konsumen, dibandingkan dengan produk pesaing.

2. Fungsi pertukaran
Sebuah pemasaran memungkinkan para konsumen untuk mendapatkan informasi. Hal itu akan membuat konsumen tergerak untuk membeli produk yang akan dijual. Produk tersebut akan ditukar dengan uang, atau produk dengan produk yang memiliki nilai sama.

Produk ini bisa digunakan untuk keperluan para konsumen. Tidak hanya itu, konsumen juga dapat menjual kembali produk. Tujuannya adalah untuk mendapatkan laba.

3. Riset
Pemasaran dapat menjadi sebuah lahan untuk melakukan riset. Baik riset yang dilakukan secara langsung, maupun dilakukan secara online. Riset akan memungkinakkan pemilik bisnis atau perusahaannya mendapatkan informasi.

Informasi tersebut adalah tentang target pasar dari sebuah produk. Hal-hal yang umumnya menjadi bahan riset seperti jenis kelamin, usia, pendapatan, kebutuhan dan lain sebagainya. Produk yang dibuat dapat menyesuaikan dengan bagaimana dan apa saja target pasar tersebut.

4. Distribusi fisik
Fungsi pemasaran selanjutnya adalah dapat memastikan bahwa produk mudah didistribusikan dengan baik. Pendistribusian dilakukan dari tempat produk di produksi ke pasar luas. Prosesnya bisa dilakukan melalui jalur air, jalur darat bahkan jalur udara.

Fungsi pemasaran ini berfungsi juga untuk menjaga kualitas barang. Supaya memastikan produk akan sampai ke tangan konsumen dengan keadaan yang baik.

5. Layanan purna jual
Terkadang, konsumen membutuhkan layanan setelah melakukan pembelian. Pemilik bisnis atau produk harusnya dapat membantu konsumen dalam menangani hal ini. Contohnya seperti produk untuk perabotan rumah tangga.

Kemungkinan konsumen mengalami kesulitan penggunaan produk rumah tangga tersebut juga cukup besar. Disinilah fungsi pemasaran bekerja. Fungsi ini akan memberikan rasa aman dan nyaman kepada konsumen pada masa purnajual.

6. Kompetisi
Fungsi dari pemasaran selanjutnya adalah dapat melakukan kompetisi. Dalam memenangkan sebuah persaingan, maka perusahaan harus membuat strategi pemasaran yang baik. Perusahaan harus menonjolkan keunggulan produknya dibanding dengan produk pesaingnya. Dalam hal ini, pemasaran sangat dibutuhkan.

Tujuan Pemasaran
Berikut ini adalah beberapa tujuan dilakukannya pemasaran:

1. Kegiatan untuk mengembangkan kemampuan bisnis.
2. Supaya bisnis atau perusahaan dapat beradaptasi dengantrendyang baru.
3. Sebagai dasar pemikiran untuk mengambil sebuah keputusan pemasaran.
4. Digunakan sebagai media ukur, dari hasil pemasaran akan berdasar pada standar prestasi yang sudah ditentukan.
5. Acuan bagi tim pemasaran untuk meningkatkan kualitas koordinasi antar individu yang bekerja di dalamnya.

Itulah penjelasan singkat terkait pemasaran. Mulai dari pengertian pemasaran secara umum, pengertian pemasaran menurut para ahli, jenis-jenis pemasaran, fungsi pemasaran sampai tujuan pemasaran.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Pengertian Pemasaran
Temukan informasi lainnya seputar pemasaran dan kegiatan ekonomi di Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu menampilkan artikel menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

Marketing Plan! Dalam Bisnis (Third Edition)

Buku ini memiliki landasan teori yang sangat kuat dari sisi akademis, juga dilengkapi dengan pengalaman praktis penulis dalam menyusun perencanaan pemasaran. Saya sangat merekomendasikan para praktisi pemasaran maupun mahasiswa pemasaran untuk membaca buku ini dan menjadikannya sebagai rujukan pemasaran yang sangat penting. Buku ini berisi panduan praktis bagaimana menyusun perencanaan pemasaran dengan baik.

Manajemen Pemasaran

Buku Manajemen Pemasaran menekankan bahwa tugas pemasaran bukan lagi monopoli departemen pemasaran saja. Sebaliknya, pemasaran merupakan kegiatan dari semua departemen di dalam suatu perusahaan. Konsep Pemasaran Holistik yang mengakui bahwa segala sesuatu bisa terjadi pada pemasaran. Oleh karena itu, pemasaran harus dikelola (manage) dengan sistemik agar tujuan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan target perusahaan. Materi buku ini merupakan perpaduan antara aplikasi teoretis dan aplikasi pragmatis dalam dunia pemasaran saat ini.

Pemasaran

Buku ini memaparkan prinsip-prinsip pokok yang wajib dipahami setiap pemerhati bisnis dan pemasaran. Pembahasan mencakup lingkungan pemasaran;etika pemasaran; tanggung jawab sosial perusahaan; perilaku konsumen; segmentasi, targeting, dan positioning; branding; produk; penetapan harga; distribusi; komunikasi pemasaran terintegrasi; serta pemasaran global dan e-marketing. Disamping itu, buku ini juga menyajikan 15 kasus singkat yang ditulis khusus untuk memfasilitasi diskusi dalam proses pembelajaran dasar-dasar Pemasaran, Manajemen Pemasaran, dan atau Teori dan Praktik Pemasaran.

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.”

* Custom log
* Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
* Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
* Tersedia dalam platform Android dan IOS
* Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
* Laporan statistik lengkap
* Aplikasi aman, praktis, dan efisien