Blog

Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli

Pancasila sejatinya merupakan dasar dari negara Indonesia, suatu pegangan dan atau pun juga pedoman hidup yang sejatinya digunakan sebagai acuan dalam menjalani kehidupan sebagai masyarakat yang bernegara khususnya negara Indonesia kita tercinta ini.

Secara detail, pancasila itu sendiri terdiri dari lima buah sila utama yang kesemuanya saling berkesinambungan. Sila pertama dari pancasila yaitu “Ketuhanan Yang Maha Esa” dengan memiliki suatu perlambang yaitu bintang warna emas dengan latar belakang warna hitam.

Kemudian sila ke-dua dari pancasila yaitu “Kemanusiaan yang adil dan beradab” dengan memiliki suatu perlambang yaitu rantai warna emas dengan latar belakang warna merah.

Kemudian sila ke-tiga dari pancasila yaitu “Persatuan Indonesia” dengan memiliki suatu perlambang yaitu pohon beringin dengan latar belakang warna putih.

Kemudian sila ke-empat dari pancasila yaitu “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan” dengan memiliki suatu perlambang yaitu kepala hewan banteng dengan latar warna merah.

Kemudian sila ke-lima dari pancasila yaitu “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” dengan memiliki suatu perlambang yaitu padi dan kapas dengan latar warna putih.

Pengertian pancasila menurut Ir. Soekarno sendiri merupakan suatu esensi dari keberadaan jiwa bangsa Indonesia yang dalam kurun waktu lama telah tertutup keberadaannya oleh kebudayaan barat.

Oleh karena hal tersebut Pancasila tidak hanya diartikan sebagai suatu falsafah dari negara, tetapi memiliki suatu makna yang lebih luas lagi yakni falsafah dari bangsa Indonesia ini.

Menurut Muhammad Yamin, sesuai dengan pengertian dari pancasila berasal bahasa Sansekerta, dari kata “panca” yang berarti lima dan “sila” yang berarti sendi, atas, dasar dan atau punjuga peraturan tingkah laku yang penting dan juga baik.

Oleh karena hal tersebut, maka Pancasila dapat diartikan lima dasar yang berisi pedoman atau aturan mengenai suatu tingkah laku yang penting dan juga baik.

Menurut Ruslan Abdul Ghani, pancasila dapat diartikan pula sebagai sebuah filsafat dari suatu negara yang tercipta untuk dapat dijadikan sebagai suatu ideologi kolektif untuk dapat membentuk suatu kesejahteraan rakyat dan bangsa dari negara Indonesia itu sendiri.

Pengertian pancasila menurut Prof. Dr. Drs. Raden Mas Tumenggung Notonagoro S.H. adalah suatu dasar pokok dari falsafah negara Indonesia, yang berarti dapat ditarik kesimpulan bahwa pancasila itu sendiri diharapkan untuk dapat menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia.

Sehingga menjadi suatu dasar pemersatu, pancasila sebagai suatu lambang persatuan. dan kesatuan, serta bagian dari aspek pertahanan bangsa dan negara Indonesia itu sendiri.

Pengertian pancasila menurut Prof. Dr. Nurcholish Majdid adalah merupakan suatu modal untuk dapat mewujudkan suatu demokrasi Indonesia, pancasila juga dapat memberi suatu dasar dan prasyarat asasi bagi demokrasi dan juga tatanan politik di negara Indonesia itu sendiri.

Pengertian pancasila menurut etimologi, istilah “Pancasila” berasal dari bahasa Sansekerta dari India (bahasa kasta Brahmana).

Pengertian per kata dari pancasila itu sendiri antara lain yakni, “panca” yang berarti lima, dan juga kemudian dari istilah “sila” yang dapat diartikan sebagai prinsip dan atau pun juga asas itu sendiri.

Pemikiran Dr. Nicolaus Driyarkara SJ sebagai suatu kesatuan yang kemudian dikembalikan pada hakikat dari keberadaan manusia itu sendiri, sebagai yang sama dan saling bersaudara satu sama lainnya.

Proses Perumusan Pancasila
Proses dari perumusan pancasila tersebut dilakukan pada sidang BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang dilakukan pertama kali.

Dalam sidang BPUPKI yang pertama kali tersebut, yang menjadi suatu pembahasan pokok dan atau pun juga utama adalah terkait dengan dasar negara Indonesia tersebut.

Pancasila itu sendiri sejatinya dirumuskan oleh Ir. Soekarno pada sidang BPUPKI yang pertama tersebut. Pidato Ir. Soekarno tersebut kemudian diperingati sebagai hari lahirnya dari pancasila itu sendiri, yakni pada tiap tanggal 1 juni setiap tahunnya.

Fungsi Pancasila
Pancasila yang merupakan suatu landasan utama dari kehidupan bernegara dari masyarakat yang ada di negara Indonesia ini.

Pancasila sejatinya dapat digunakan untuk dapat menjadi suatu acuan dan atau pun juga pokok dasar untuk membimbing masyarakat dalam melakukan aktivitasnya dalam negara Indonesia itu sendiri.

Pancasila juga menjadi salah satu sumber dan landasan hukum yang mempengaruhi dalam suatu proses perancangan dari aspek legalitas hukum, termasuk di dalamnya terdapat penerapan, kemudian terdapat pula penegakan, dan juga segala macam kepentingan dari aktivitas yang ada pada negara Indonesia ini.

Pancasila juga memiliki suatu fungsi yang dapat digunakan untuk dapat mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur baik dari segi dan sudut pandang material maupun secara sudut pandang spiritual itu sendiri.

Pancasila sejatinya sangatlah memberikan suatu bimbingan dan memiliki efek yang positif untuk dapat menjalani kehidupan bernegara khususnya negara Indonesia.