Blog

Pengertian Paket Wisata Dan Jenisjenis Paket Wisata

A. Pengertian Paket Wisata
Paket wisata (package tour, inclusive tour) diartikan sebagai suatu perjalanan wisata dengan satu atau lebih tujuan kunjungan yang disusun dari berbagai fasilitas perjalanan tertentu dalam suatu acara perjalanan yang tetap, serta dijual dengan harga tunggal yang menyangkut seluruh komponen dari perjalanan wisata.

Sebelum memahami paket wisata, harus dipastikan apakah dalam rangkaian komponenkomponen wisata tersebut terdapat acara mengunjungi obyek/atraksi wisata. Bila hanya paket perjalanan (transportasi) dan akomodasi saja, tidak dapat dikatakan paket tour. Paket tersebut hanyalah paket perjalanan Free and Eazy, sementara program tour bisa dipilih sendiri (biasanya memilih seat-in-coach/SIC

Paket wisata dalam bentuk media (brosur, katalog, video) merupakan suatu produk nyata yang berfungsi sebagai alat promosi dari produk jasa layanan (intangible product) yang akan dijual kepada wisatawan.

Pengemasan paket wisata dilakukan berdasarkan trend pasar wisata (yang sedang dan akan berkembang), tentunya mempertimbangkan analisis terlebih dahulu, untuk memastikan bahwa produk tersebut akan dibeli wisatawan.

B. Jenis-jenis Paket Wisata
Secara umum dikenal dua jenis paket wisata, yaitu

1) Ready Made Tour
Paket wisata yang telah disiapkan (pre arranged package tour) atau lebih terkenal dengan ready made tour (Tour/Package Tour that has been made and ready to market to customer).

Penyiapan paket tour ini didasari dari riset kebutuhan konsumen dengan memperhatikan target/sasaran pasar yang dituju. Kunci keberhasilan dari pemasaran paket ini adalah luasnya relasi dari perusahaan terkait dan kemahiran negosiasi harga komponen tour, sehingga didapat harga jual yang bersaing.

Harga pada Tour ini biasanya diklasifikasikan dalam kelompok : 1- 2 pax, 3 – 5 pax, 6 – 9 pax, dan seterusnya tergantung dari jumlah seat dalam kendaraan yang dipakai. Semakin besar jumlah tamu/penumpang, semakin murah harga tour.

Penjelasan :
a. Biro Perjalanan (Wholesaler) membuat produk (Paket Wisata) untuk dipasarkan ke tamu/pelanggan, langsung maupun melalui Agen-Agen Perjalanan yang berfungsi sebagai retailer

b. Customer bisa booking produk tersebut langsung ke Biro Perjalanan (wholesaler), atau melalui Agen Perjalanan yang diinginkan.

c. Biro Perjalanan menindaklanjuti semua pesanan dengan proses reservasi dan pelaksanaan operasional.

d. Pelaksanaan tur sesuai dengan yang sudah dipersiapkan.

2) Tailor Made Package Tour
Paket wisata yang disiapkan atas permintaan konsumen (Tour/Package tour which is made based on request/ negotiation with customer). Paket ini disiapkan dan lebih difocuskan pada kejelian seorang tour planner untuk mengenali kemampuan (selera, sosial, finance) dan keinginan calon wisatawan serta memotivasi wisatawan untuk membeli “ jasa “ yang sangat khusus dengan pelayanan dan harga yang khusus.

Penjelasan
a. Customer ( Luar Negeri) yang akan mengunjungi Indonesia menghubungi Tour Operator setempat untuk menanyakan tentang produk (program perjalanan) dan harga.

b. Tour Operator menghubungi Travel Biro di Indonesia untuk melanjutkan permintaan dari customer

c. Travel Biro memproses dan menjawab ke Tour Operator semua permintaan ( program + harga) dan minta konfirmasi atas penawaran tersebut.

d. Jawaban dan penawaran dari Biro Perjalanan tersebut oleh Tour Operator disampaikan dan di negosiasikan dengan customer hingga tercapai kesepakatan dan konfirmasi. (proses negosiasi ini bisa berulang-ulang hingga tercapai kesepakatan, atau bisa juga terjadi pembatalan )

e. Tour Operator mengkonfirmasi semua penawaran dari Biro Perjalanan ( Program dan harga)

f. Selanjutnya Biro Perjalanan bekerja sama dengan Tour Operator Lokal dan Kantor Cabang ( kalau punya) untuk melanjutkan dengan proses reservasi dan operasional.

g. Pelaksanaan tour sesuai dengan persiapan yang dilakukan
Sumber : Pendalaman Materi Usaha Jasa Parawisata, Pasaribu, SST.Par, M.Si.Par, PPG DALAM JABATAN, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi 2018