Blog

Pengertian Menurut Ahli Dan Secara Umum

Pengertian Dan Fungsi Sejarah – Kita pastinya sudah tidak asing dengan istilah sejarah. Sebab sejak duduk di bangku Sekolah Dasar kita sudah diajarkan hal-hal tentang sejarah. Seperti sejarah berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) atau sejarah-sejarah lainnya.

Pastinya Anda mengetahui gambaran umum mengenai apa itu sejarah. Hanya saja tidak semua mengetahui definisi dari sejarah. Maka dari itu pada pembahasan kali ini mari kita ulas lebih dalam seputar pengertian sejarah, termasuk menurut pendapat para ahli.

Pengertian sejarah secara umum adalah suatu peristiwa atau kejadian yang sudah terjadi di masa lalu dan bisa diketahui lewat peninggalan-peninggalan pada masa tersebut. Selain itu sejarah juga bisa diartikan sebagai suatu cabang ilmu yang melakukan kajian secara sistematis mengenai seluruh perkembangan proses perubahan dan dinamika kehidupan masyarakat yang terjai di masa lalu.

Dalam sejarah, terdapat 3 aspek yang saling melengkapi satu sama lain. Berikut ketiga aspek tersebut:

1. Masa Lalu, yaitu gambaran mengenai kehidupan manusia dan kebudayaannya di masa lampau. Melalui gambaran masa lalu maka generasi berikutnya akan dapat merumuskan hubungan sebab akibat terjadinya suatu peristiwa. Dan tidak semua peristiwa atau kejadian dapat tercatat dalam sejarah.
2. Masa Kini, yaitu masa dimana manusia mengalami masa yang terbaru dan merupakan masa yang sangat penting karena dapat menentukan masa depan. Manusia di masa kini memakai sumber pemahaman dari peristiwa di masa lalu sebagai cerminan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
3. Masa Depan, yaitu masa yang akan datang dimana segala sesuatu itu belum terjadi, dan segala sesuatu yang dilakukan pada masa kini akan mempengaruhi masa depan.

> Baca juga: Sejarah Perkembangan Informasi Teknologi

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli
Beberapa ahli mengemukakan pendapat mengenai sejarah. Seperti Aristoteles, J.V. Bryce, Benedetto Croce dan lain sebagainya. Berikut adalah definisi sejarah menurut para ahli.

Aristoteles

Aristoteles mengemukakan pendapat bahwa sejarah adalah satu sistem yang meneliti satu kejadian sejak awal dan tersusun dalam bentuk kronologi. Di samping itu dalam kesempatan yang berbeda Aristoteles mengungkapkan bahwa sejarah adalah peristiwa-peristiwa masa lalu yang memiliki catatan atau bukti-bukti yang konkret.

J.V. Bryce

Menurut J.V. Bryce, definisi sejarah adalah catatan dari apa yang sudah dipikirkan, dikatakan maupun diperbuat oleh manusia.

Benedetto Croce

Sementara itu, pengertian sejarah menurut Benedetto Croce adalah rekaman kreasi jiwa manusia di semua bidang, baik teoritikal maupun praktikal. Kreasi spiritual tersebut senantiasa lahir dalam hati dan pikiran manusia jenius, budayawan, pemikir yang mengutamakan tindakan dan pemburu agama.