Blog

Pengertian Media Pendidikan Menurut Ahli

wawasan pendidikan; Kata media berasal dari Bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan. Sedangkan dalam kamus besar Bahasa Indonesia, media adalah alat (sarana) komunikasi. berbagai Jenis-Jenis Media Pembelajaran yang dibuat oleh guru semata-mata untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. dalam pemilihan Media Pembelajaran, terdapat Teknik Peminilikan Media yang disesuaikan dengan kondisi peserta didik. nah kali ini sobat pendidikan akan membahas tuntas tentangPengertian Media Pendidikan Menurut Ahli. semoga bermanfaat.Pengertian Media PendidikanPengertian Media Pendidikan Menurut AhliKata media berasal dari bahasa Latin medius yang secara harfiah berarti ‘tengah’, ‘perantara’ atau ‘pengantar’. Dalam bukunya Azhar, Arsyad mengatakan bahwa , media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan,ketrampilan atau sikap. Dalam pengertian ini, guru, buku Teks dan lingkungan sekolah merupakan media. Secara lebuh khusus, pengertian media dalam proses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai alat grafis, photografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual atau verbal

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia media berarti alat. Media merupakan sesuatu yang bersifat menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan dan kemauan audien (siswa) sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada dirinya.

1. Menurut komisi tentang teknologi Instruksional dalam laporannya yang monumental kepada Dewan Perwakilan Rakyat (congress) A.S. dalam Gene L. Wilkinson, mencatat cara yang berbeda dalam mendefinisikan media, yaitu definisi media pendidikan dikenal secara tradisional adalah media yang lahir dari revolusi komunikasi, yang dapat digunakan untuk keperluan instruksional bersama-sama guru, buku teks dan papan tulis.
2. Menurut Santoso S. Hamijaya, dalam Ahmad rohani menyebutkan media adalah semua bentuk perantara yang dipakai orang penyebar ide, sehingga ide atau gagasan itu sampai pada penerima.
3. Menurut Ahmad Rohani media adalah segala sesuatu yang dapat diindera yang berfungsi sebagai perantara/sarana/alat untuk proses komunikasi (proses belajar mengajar).
4. Menurut Asosiasi Teknologi dan Komunikasi Pendidikan (Association of Education and Communication Technology/AECT) di Amerika membatasi media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan atau informasi.6
5. Dan agak berbeda batasan yang diberikan oleh NEA (National Education Association) berpendapat bahwa media adalah segala benda yang dimanipulasikan, dilihat, didengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrumen yang digunakan untuk kegiatan tersebut.
6. Menurut Wilbur Schram : “Information carrying technologies that can be used for instruction … the media of instruction, consequently are extensions of the reacher”. Artinya: informasi-informasi yang berisi teknologi dapat digunakan untuk bahan pengajaran … media pengajaran dapat memperluas atau memperjelas pencapaian tujuan belajar.
7. Pada buku yang sama Leslie J. Briggs menjelaskan bahwa media pendidikan adalah “The physical means of conveying instructional content …. books, films, video tapes, slide-tapes, etc”. Maksudnya adalah suatu alat yang dapat menyampaikan isi bahan pengajaran …. buku, film,video tape,slide tape, dan lain-lain.
8. Sedangkan menurut Zakiah Daradjat media pendidikan adalah suatu benda yang dapat di inderai, khususnya penglihatan dan pendengaran (alat peraga pengajaran) baik yang terdapat di dalam maupun di luar kelas, yang digunakan sebagai alat bantu penghubung (medium komunikasi) dalam proses interaksi belajar mengajar untuk meningkatkan efektifitas hasil belajar siswa.

Berdasarkan uraian yang panjang dari beberapa ahli tentang batasan media pendidikan, dapat penulis simpulkan ciri-ciri umum yang terkandung dalam pengertian media yaitu :

* Media pendidikan memiliki pengertian alat bantu pada proses belajar baik di dalam maupun di luar kelas.
* Media pendidikan digunakan dalam rangka komunikasi dan interaksi guru serta siswa dalam proses pembelajaran.
* Media pendidikan memiliki pengertian fisik yang dikenal sebagai hardware (perangkat keras), yaitu suatu benda yang dapat dilihat, di dengar atau di raba dengan panca indera.
* Media pendidikan memiliki pengertian non fisik yang dikenal sebagai software (perangkat lunak), yaitu kandungan pesan yang terdapat di dalam perangkat keras yang merupakan isi yang ingin disampaikan kepada siswa.

Kamus Besar Bahasa Indonesia,Op.cit, hlm. 563.

Gene L. Wilkinson. (1984). Media dalam Pembelajaran, terj. Zulkarimein Nasution. Jakarta: Rajawali

Ahmad Rohani. (1997). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipt

Arief Sardiman dkk, Op.cit,

Raharjo. “Media Pendidikan” dalam Yusuf Hadimiarso, Teknologi Komunikasi

Pendidikan. Jakarta: Rajawali

Zakiah Daradjat. (1995). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Arsyad, Azhar (2000). Media Pengajaran, Jakarta : Raja Grafindo Persada