Blog

Pengertian Game Menurut Para Ahli

Pengertian game – Semua orang tentu pernah main game. Game merupakan suatu hiburan untuk mengisi waktu luang. Entah itu game konsol (PS, Xbox, Wii, dll), game PC (komputer/laptop), game mobile (hp, smartphone) atau game online/offline, apa pun jenisnya tetap tergolong sebagai video game asalkan ada display, interface dan kontrol dari pemain. Lantas apa sebenarnya pengertian game? Apa definisi game dan arti game sebenarnya? Berikut kami bagikan penjelasan mengenai pengertian game menurut para ahli dan definisinya secara umum.

Apa arti game? Dalam bahasa Indonesia, game berarti permainan secara umum termasuk juga berbagai permainan tradisional. Lebih spesifik lagi adalah kata video game atau permainan video yang merujuk pada game yang kita kenal seperti sekarang. Seiring berjalannya waktu orang-orang lebih sering menyebut sebagai game saja tanpa embel-embel video game.

Game memiliki banyak arti dan makna yang luas. Beberapa ahli dan pakar memiliki pendapat masing-masing yang berbeda-beda, baik pakar dari Indonesia atau luar negeri. Berikut merupakan beberapa pengertian dan definisi game menurut para ahli secara umum lengkap beserta macam jenis game dan genre game selengkapnya.

Ivan C. Sibero

Pengertian game menurut Ivan C. Sibero yaitu salah satu aplikasi yang paling banyak dipakai dan dinikmati oleh pengguna media elektronik saat ini.

Samuel Henry

Samuel Henry berpendapat mengenai pengertain game secara umum dimana game adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari keseharian anak-anak.

Fauzia A

Pendapat dari Fauzia A menyatakan bahwa game adalah salah satu bentuk hiburan yang dapat dijadikan sebagai penyegar pikiran dari kepenatan akibat dari padatnya aktivitas sehari-hari.

John Naisbitt

Menurut John Naisbitt, game merupakan sistem partisipatoris dinamis karena game memiliki tingkat penceritaan yang tidak dimiliki film.

Wijaya Ariyana & Arifianto

Game adalah salah satu kebutuhan sekaligus menjadi masalah besar bagi para pengguna komputer, hal tersebut dikarenakan untuk dapat menjalankan suatu game dengan nyaman, maka dibutuhkan spesifikasi komputer yang relatif tinggi dibanding komputer untuk penggunaan biasa.

Wikipedia

Menurut situs Wikipedia Indonesia, permainan video atau video game adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh peranti video.

Macam Jenis Game
Ada banyak jenis game yang ada yang dikategorikan pada tiap genre game. Berikut merupakan macam-macam game dan jenis-jenis game berdasarkan genrenya lengkap.

* Action * Action-adventure
* Survival horror

* Adventure
* Fighting
* Racing
* Role-playing game (RPG) * Massively multiplayer online role-playing game (MMORPG

* Shooter * First-person shooter (FPS)
* Third-person shooter (3PS)

* Simulation * Construction simulation
* Life simulation
* Vehicle simulation

* Sports
* Strategy * Real-time strategy (RTS)
* Turn-based strategy (TBS)

* Mini game * Board game
* Card game
* Music game
* Puzzle game

Nah itulah artikel bacaan terbaru mengenai pengertian video game dan definisi game menurut para ahli beserta macam macam dan jenis jenis game lengkap update terbaru. Bermain game tentu menjadi salah satu aktivitas hiburan di waktu luang. Banyak game game terbaik yang terkenal, terutama di era game online dan game hp saat ini. Sekian artikel bacaan kali ini.