Blog

Pengertian Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli

Pengertian Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli – Seiring perkembangan jaman semakin berkembang dan meningkat pula berbagai aspek kehidupan. Kini salah satu yang perkembangan yang menonjol adalah kegiatan bisnis. Dalam dunia modern dimana teknologi semakin meningkat dan gencar digunakan membawa pengaruh yang signifikan pula untuk dunia bisnis. Peran teknologi ini salah satunya adalah dalam strategi pemasaran. Kini setiap orang sangat berpeluang untuk menjalankan bisnis. Jadi bukan hanya sebatas pada perusahaan-perusahaan besar saja. Namun baik bisnis atau kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh perusahaan maupun perorangan/individu tentunya tak bisa mengabaikan kegiatan pemasaran. Dimana pemasaran menjadi salah satu hal yang terpenting dalam suatu kegiatan bisnis. Bagaimana konsep pemasaran haruslah dipahami untuk memaksimalkan kegiatan pemasaran.

Sebelum membahas konsep pemasaran, terlebih dahulu kita ulas apa pengertian pemasaran menurut para ahli. Pengertian pertama datang dari Philip Kotler yang mendefinisikan pemasaran sebagai proses sosial dan managerial dengan mana seseorang atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai. Sementara menurut Williah J. Stanton pemasaran merupakan suatu sistem keseluruhan kegiatan-kegiatan bisnis yang ditunjukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

Dari pengertian diatas dapat kita lihat bahwa pengertian konsep pemasaran menurut para ahli yang pertama adalah bahwa pemasaran merupakan proses sosial dan managerial. Kedua bahwa pemasaran adalah suatu proses yang dilakukan oleh individu maupun kelompok. Ketiga yaitu dalam proses pemasaran terdapat proses pertukaran arus barang atau jasa dari produsen kepada konsumen. Keempat yaitu pemasaran merupakan kegiatan yang terintegrasi secara dinamis.

Selanjutnya ada enam konsep sebagai dasar dalam kegiatan pemasaran yaitu meliputi produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, konsep pemasaran sosial, serta konsep pemasaran global. Keenam konsep tersebut tentunya erat kaitannya dengan pemasaran. Untuk memahami konsep pemasaran kita pun perlu memahami beberapa konsep tersebut. konsep-konsep itulah yang mendasari konsep pemasaran. Maka kita akan membahas sekilas tentang konsep-konsep tersebut.

Pertama konsep produksi, yaitu merupakan suatu konsep bahwa konsumen lebih menyukai produk yang bisa ditemukan dimana saja dan dengan harga murah. Kedua yaitu konsep produk yaitu bahwa konsumen akan menyukai produk dengan penawaran mutu, kualitas, performansi, dan karakter yang paling baik. Ketiga yaitu konsep penjualan dimana dalam konsep ini menyatakan organisasi harus berusaha melakukan promosi menarik untuk konsumen. Keempat adalah konsep pemasaran yang menyatakan bahwa kunci mencapai tujuan organisasi yaitu penentuan kebutuhan dan keinginan pasar serta memberi kepuasan untuk mereka. Konsep kelima yaitu konsep pemasaran sosial yang menyatakan bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, kepentingan, keinginan pasar juga tetap memberi kepuasan, serta melestarikan da meningkatkan kesejahteraan konsumen. Konsep yang terakhir yang perlu dipahami adalah konsep pemasaran global yaitu bahwa manajer eksekutif harus berupaya memahami segala faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran. Itulah sekilas ulasan tentang pengertian konsep pemasaran menurut para ahli semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya :