Blog

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Jenis Dan Manfaatnya

Pengertian kewirausahaan menurut para ahli sebenarnya cukup kompleks karena setiap ahli memiliki definisi yang berbeda mengenai kata kewirausahaan ini.

Definisi Dasar Kewirausahaan
Mendengar istilah kewirausahaan mungkin banyak yang sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat. Menurut masyarakat awam, kewirausahaan sama halnya dengan pengusaha. Namun sebenarnya kewirausahaan sendiri memiliki arti atau definisi yang cukup beragam.

Kewirausahaan berasal dari dua buah kata yaitu wira dan usaha. Kata wira mengandung arti seorang pejuang, sedangkan usaha memiliki arti bekerja atau melakukan sesuatu hal. Sehingga menurut Kamus Bahasa Indonesia, kedua kata diatas jika digabungkan berubah menjadi kata kewirausahaan yang mana bermakna sebuah usaha atau kegiatan untuk menghasilkan sesuatu yang bisa memberikan manfaat untuk orang lain.

Kewirausahaan ini tentunya tidak dapat terjadi begitu saja melainkan berkat adanya sumber daya alias bahan baku, sumber daya manusia, modal awal yang mana proses yang melibatkan beberapa hal ini membutuhkan waktu serta memiliki resiko yang bisa saja terjadi. Namun apapun alasannya, kewirausahaan merupakan sebuah aktivitas yang bermanfaat karena pada akhirnya menghasilkan sesuatu untuk orang lain.

Definisi mengenai kewirausahaan diatas hanya definisi dasar atau secara garis besarnya saja. Sedangkan arti dari kewirausahaan sendiri sebenarnya sangatlah banyak. Hal ini karena beberapa ahli mengungkapkan pendapat yang berbeda mengenai kewirausahaan ini. Sehingga rasanya sangatlah wajar jika pengertian kewirausahaan menurut para ahli cukup beragam.

Artikel lain: 5 Cara Melaksanakan Rencana Bisnis bagi Pemula.

Pengertian kewirausahaan menurut para ahli cukup banyak berdasarkan siapa yang mendefinisikannya. Dan berikut ini merupakan pengertian kewirausahaan menurut para ahli, diantaranya adalah :

Pengertian kewirausahaan menurut para ahli yang pertama berasal dari Ahmad Sanusi yaitu kewirausahaan merupakan sebuah kegiatan yang melibat sumber daya yang dilakukan oleh manusia, melewati serangkaian proses serta dilakukan demi tujuan tertentu.

Untuk Pengertian kewirausahaan menurut para ahli selanjutnya dari Joko Untoro yang mengatakan bahwa kewirausahaan merupakan sebuah niat yang diwujudkan dalam sebuah upaya untuk menciptakan sesuatu dengan memanfaatkan segala peluang yang ada dimana upaya ini dilakukan agar bisa memenuhi kebutuhan diri sendiri maupun orang lain.

Definisi kewirausahaan selanjutnya diungkapkan oleh Siswanto Utomo yang mengatakan bahwa kewirausahaan ini adalah seseorang yang memiliki visi dan misi untuk mewujudkan target, yang mana dalam proses menuju target tersebut ia berani mengambil segala resiko yang ada.

Yang terakhir ada pendapat dari Edi Suryanto Soegoto yang menyatakan bahwa kewirausahaan yaitu sebuah inovasi dan kreativitas dalam menciptakan sesuatu yang memiliki “ nilai “ manfaat dan daya jual yang tentunya bermanfaat untuk semua orang. Manfaat ini bisa berupa peluang kerja maupun hal yang lainnya.

Berdasarkan beberapa definisi kewirausahaan yang diungkapkan para ahli diatas tentunya memang masing – masing memiliki makna yang berbeda. Namun secara keseluruhan kewirausahaan ini memiliki arti sebuah upaya untuk menciptakan sesuatu yang bisa memberikan nilai atau manfaat bagi pelaku wirausaha maupun orang lain.

Jenis Kewirausahaan yang Perlu Diketahui
Sebenarnya jenis – jenis kewirausahaan sangatlah banyak. Namun berikut ini ada beberapa contoh yang bisa dijadikan sebagai pembeda jenisnya. Perbedaan jenis kewirausahaan ini dilihat dari motif atau alasan dari pelaksanaan kewirausahaan itu sendiri, antara lain :

* Kewirausahaan yang dilakukan karena tuntutan hidup misalnya saja karena sulitnya mendapatkan pekerjaan maupun akibat efek PHK.
* Kewirausahaan yang dilakukan akibat ide atau kreatifitas karena melihat peluang.
* Kewirausahaan yang dilakukan hanya karena mengikuti perkembangan jaman atau trend yang sedang berkembang.

Tujuan dan Manfaat Dari Kewirausahaan
Setelah melihat tentang pengertian kewirausahaan menurut para ahli maka selanjutnya yang perlu diketahui adalah mengenai tujuan serta manfaat dari kewirausahaan tersebut.

Tujuan Kewirausahaan

Menumbuhkembangkan sikap dan sifat kewirausahaan yang berani dan tangguh dalam menciptakan sebuah usaha, menciptakan segala peluang yang ada didepan mata demi mendapatkan kesempatan maupun manfaat.

Manfaat Kewirausahaan

Kewirausahaan dilakukan demi pendidikan pribadi seseorang agar terlatih sebagai pribadi yang ulet, pantang menyerah dan berani dalam mengambil resiko dalam memanfaatkan segala kesempatan yang nantinya bisa menimbulkan manfaat dan nilai bagi dirinya sendiri maupun orang lain.