Blog

Pengertian Internet Dan Fungsinya

Pengertian Internet – Semakin berkembangnya teknologi belakang ini masyarakat di dunia sudah banyak memiliki hubungan yang sangat erat dengan yang namanya internet. Bahkan bisa di katakana manusia tidak bisa lepas dari internet. Internet sering dirunakan untuk mempermudah kita dalam berkomunikasi, mencari sebuah informasi dan masih banyak lainnya.

Kita seringkali menggunakan internet bahkan setiap hari tentunya kita sangat membutuhkan internet. Untuk kalian pengguna internet, tahukah kalian apa itu pengertian internet? . Dalam artikel kali ini bsi.today akan membahas mengenai pengertian internet. Yuk simak penjelasan berikut.

Pengertian Internet adalah
Internet adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang dimana saling terhubung satu dengan yang lainnya. Internet berasal dari bahasa latin yakni “inter” yang berarti “antara”. Jadi dapat disimpulkan bahwa internet adalah jaringan yang terdiri dari milyaran komputer yang ada di seluruh dunia.

Internet juga dapat di artikan sebagai jaringan komunikasi global dimana jaringan ini menghubungkan miliaran jaringan dengan komputer dimana ia menggunakan sistem standar global trasnmision control protocol/internet suit (TCP/IP)

Agar kalian lebih memahami mengenai definisi inteenet, maka kita dapat merujuk dari pendapat para ahli berikut ini:

Menurut suswono pengertian internta adalah sebuah kumpulan jaringan yang memiliki skala secara global, dimana tidak seorang pun dapat bertanggung jawab untuk menjalankan internet itu sendiri.

Menurut Barnes Lee, Pengertian internet adalah suatu jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan yang saling terhubung satu sama lain. Hal ini jelas merujuk pada konsep dimana suatu jaringan komputer tertentu atau jaringan local juga bisa terhubung kedalam suatu jaringan lainnya.

Menurut O’brien definisi internet adalah sebuah jaringan komputer yang berkembang pesat dan bermanfaat bagi berbagai macam kepentingan, mulai dari kepentingan bisnis, pendidikan, hingga kedalam jaringan pemerintahan yang dapat saling berhubugan satu sama lain.

Menurut Lani Sidharta, pengertian internet adalah suatu bentuk komunikasi dari sebuah jaringan komputer, dimana dapat memberikan bentuk layanan informasi secara lengkap. Lebih lanjutnya lani mengatakan bahwa interent juga merupakan rekan maya atau virtual yang ampuh yang biasa digunakan dalam media bisnis, politih dan bahkan untuk hiburan semata.

Menurut sibero pengertian internet adalah suatu jaringan komputer yang menghubungkan anatara komputer secara global. Lebih lanjut di jelaskan pula bahwa internet dapat juga disebut sebagai jaringan alam, yaitu suatu jaringan yang sangat luas.

Menurut Ned Snell definisi internet adalah suatu koridor bagi barbagai jenis sumber daya ada padanya dan setiap sumber daya tersebut diakses melalui piranti yang berbeda-beda.

Menurut onno W. Purbo pengertian interent adalah media yang digunakan untuk mengefensikan sebuah proses kemunikasi yang dihubungkan dengan berbagai aplikasi, seperti web, VoIP, E-mail.

Fungsi Internet Secara Umum
Internet memiliki beberapa fungsi penting yang sangat dibutuhkan oleh manusia, khususnya masyarakat urban di dunia. Berikut ini adalah beberapa fungsi internet secara umum:

1. Sebagai Media untuk Akses Informasi

Interent tentunya sangat di butuhkan sebagai media untuk mengakses suatu informasi, dengan adanya internet maka manusia lebih mudah mengakses berbagai informasi penting.

Zaman dahulu menusia harus membaca buku untuk mendapatkan informasi, maka sekarang hal itu dapat dilakukan melalui interent. Bahkan saat ini jika membaca buku untuk mendapatkan informasi kalian dapat membaca buku secara digital atau e-book tidak perlu repot-repot lagi untuk membeli buku atau harus dating ke perpustakaan,

1. Sebagai media Bertukar Sumber Daya

Dengan adanya interent kita dapat bertukar sumber daya atau data kepada orang lain di seluruh dunia. Hal ini dapat dilakukan dengan melalui internet.

Beberapa sumber daya atau data yang sering dibagikan di interent adalah makalah, karya tulisan, jurnal, foto, video, desain dan lain-lain

1. Sebagai media untuk mengakses berita

Berbagai peristiwa dan tempat yang ada di seluruh dunia bisa diliat melalui berbagai situs berita online atau media online. Hal ini tentunya dapat dilakukan karena adanya jaringan interent. Kita dapat mengakses semua berita online di dunia hanya dengan menggunakan internet.

1. Kemudahan Dalam Berbelanja

Konsumen online di Indonesia tumbuh sangat begitu cepat. Ini adalah merupakan buktu bahwa internet memberikan kemudahan dalam hal berbelanja apapun secara cepat dan murah,

Dari sisi pengusaha, keberadaan intent tentunya membuat proses pengembangan usaha menajdi lebih mudah, cepat dan murah. Jadi tentunya tidak heran jika bisnis e-commerce di Indonesia berkembang pesat.

Internet juga merupakan media yang sangat digemari sebagai wahana hiburan terutama generasi milenial. Generasi milenial seringkali menggunakan internet untuk mengakses tempat hiburan seperti youtube, facebook, instagram, tik-tok dam lainnya

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian internet dan fungsi internet secara umum. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian