Blog

Pengertian Implementasi Tujuan Dan Contohnya Bahas Lengkap

Pengertian Implementasi, Tujuan dan Contohnya (Bahas Lengkap)– Istilah implementasi sudah tidak asing lagi didengar terlebih kalian yang pernah duduk di bangku kuliah. Nah pada kesempatan kali ini StudiNews akan membahas mengenai implementasi yang mencakup pengertian, tujuan dan juga contohnya.

Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Secara umum, implementasi merupakan suatu penerapan atau tindakan yang dilakukan berdasarkan rencana yang telah disusun atau dibuat dengan cermat dan juga terperinci sebelumnya. Adapun pengertian lain dari implementasi adalah suatu tindakan atau bentuk aksi nyata dalam melaksanakan rencana yang telah dirancang dengan matang. Dengan arti implementasi ini bukan hanya sekedar tindakan semata tanpa ada sebuah perencanaan.

Adapun pengertian menurut para ahli

1. Budi Winarno
Implementasi merupakan tindakan yang harus dilakukan oleh sekelompok individu yang ditunjuk dalam penyelesaian suatu tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

2. Prof. Tachjan
Pengertian Implementasi adalah suatu tindakan yang dilakukan setelah adanya suatu kebijakan.

3. Pressman dan Wildavsky
Implementasi merupakan suatu tindakan untuk melaksanakan suatu kegiatan, mewujudkan, dan menyelesaikan kewajiban maupun kebijakan yang telah dirancang.

4. Nurdin Usman
Implementasi merupakan sesuatu yang bermuara pada aktivitas, tindakan, aksi atau aktivitas yang dilakukan secara sistematis dan terikat oleh mekanisme. Sehingga implementasi bukan hanya sekedar aktivitas, namun suatu kegiatan yang terencana agar mencapai tujuan kegiatan.

5. Solichin Abdul Wahab
Implementasi merupakan suatu tindakan yang dilakukan, baik individu maupun kelompok dalam pemerintah ataupun swasta yang diarahkan pada tercapainya tujuan-tujuan yang ditentukan dalam suatu keputusan kebijakan.

Tujuan Implementasi
Implementasi adalah suatu aktivitas yang dilakukan secara sistematis dan terikat oleh mekanisme untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sehingga dalam hal ini tujuan utama dari implementasi adalah untuk melaksanakan rencana yang telah disusun secara cermat baik individu maupun kelompok. Adapun tujuan khusus dari implementasi adalah

1. Menguji serta mendokumentasikan suatu prosedur dalam penerapan rencana atau kebijakan.
2. Mewujudkan tujuan-tujuan yang hendak dicapai dalam perencanaan atau kebijakan yang telah dirancang.
3. Mengetahui kemampuan masyarakat dalam menerapkan suatu kebijakan atau rencana sesuai dengan yang diharapkan.
4. Mengetahui tingkat keberhasilan suatu kebijakan atau rencana yang telah dirancang demi perbaikan atau peningkatan mutu.

Contoh Implementasi
Banyak sekali contoh implementasi dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Diantaranya adalah

1. Implementasi Nilai-Nilai Pancasila
Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang mengajarkan tentang nilai-nilai luhur yang harus dilakukan dalam kehidupan berbangsa dan juga bernegara. Nilai-nilai pancasila tersebut dapat menjadi pedoman bagi masyarakat Indonesia dan menjadi moral kehidupan.

Nilai pancasila diimplementasikan agar bangsa dan negara dapat mencapai suatu tujuan tertentu. Adapun beberapa implementasi nilai-nilai pancasila adalah

* Menjaga kebersihan lingkungan dengan melakukan kerja bakti atau gotong royong.
* Memberikan pertolongan kepada tetangga yang sedang membutuhkan, terutama mereka yang terkena musibah.
* Menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan masyarakat dengan cara memperkuat persatuan dan kesatuan dan sama-sama mengamankan lingkungan bersama.

2. Implementasi Kebijakan Publik
Setiap kali mengeluarkan kebijakan publik, pemerintah selalu memiliki pertimbangan, misalnya kebijakan publik di bidang pendidikan dengan tujuan yang akan dicapai. Contoh implementasi kebijakan di bidang pendidikan adalah

* Pergantian kurikulum yang bertujuan agar pendidikan di Indonesia semakin maju.
* Melakukan penerapan pendidikan budaya dan karakter di sekolah agar generasi penerus bangsa dapat memiliki pengetahuan tentang budaya Indonesia dan agar mereka memiliki moral yang lebih baik.
* Pemberian BOS (Bantuan Operasional Sekolah) yang tujuannya untuk membantu membangun dan memperbaiki sekolah hingga menjadi tempat belajar yang nyaman bagi siswa siswinya.

Itulah tadi penjelasan kita mengenai Pengertian Implementasi, Tujuan dan Contohnya (Bahas Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih