Blog

Pengertian Hotel Menurut Para Ahli

Hotel merupakan salah satu bangunan yang dapat dimasukkan ke kategori akomodasi. Hotel menyediakan jasa penginapan yang juga dilengkapi dengan fasilitas makanan dan minuman serta layanan lain.

Layanan yang diberikan di hotel tentu orientasinya adalah untuk membuat pengunjung tamu dapat menikmati waktu menginap dengan baik.

Berikut adalah beberapa pengertian hotel menurut para ahli yang dirangkum menjadi satu agar dapat dilihat dan dicermati pendapat masing – masing ahli.

Hotel dianggap sebagai tempat tinggal umum yang diperuntukkan bagi pelancong. Hotel menyediakan fasilitas jasa sewa kamar, makanan,minum dan akomodasi lain berikut dengan syarat pembayarannya.

Hotel merupakan bentuk usaha yang mendatangkan keuntungan dimana jasa yang digunakan adalah menyediakan tempat menginap, makanan, minuman dan fasilitas umum lain.

Hotel adalah suatu bentuk akomodasi yang memiliki pengelolaan khusus dan sifatnya komersil. Hotel merupakan akomodasi yang disediakan bagi siapa saja yang ingin menginap untuk mendapatkan layanan baik makanan maupun minuman.

Hotel merupakan tempat dimana para turis berkelas dapat memperoleh fasilitas tempat menginap beserta cara menyewanya.

Hotel adalah suatu bangunan yang dibangun dan dioperasikan untuk mendapatkan keuntungan dengan cara menyediakan fasilitas penginapan bagi masyarakat luas.

Hotel ialah sebuah bangunan yang dapat menyediakan makanan serta pelayanan bagi orang yang sedang mengadakan perjalanan.

Fungsi Hotel
Seperti yang disebutkan dalam pengertian hotel menurut para ahli diatas, fungsi utama hotel adalah untuk tempat tinggal sementara bagi siapa saja yang mau mengeluarkan uang sewa.

Jika hotel adalah suatu tempat dalam waktu tertentu maka hotel juga diharuskan untuk memiliki layanan lain seperti menyediakan makanan dan minuman, tempat untuk mandi, tempat hiburan dan lainnya.

Namun saat ini hotel sudah banyak diperbarui dan beraneka jenisnya, sehingga fungsinyapun bertambah.

Hotel bisa juga digunakan untuk tempat pertemuan, seminar, konferensi, lokakarya, musyawarah nasional dan kegiatan resmi lainnya. Hotel juga berfungsi sebagai tempat menyelenggarakan suatu acara seperti pernikahan, tunangan dan pesta.

Hotel memang sudah banyak mengalami perubahan dan penambahan fungsi karena digunakan sebagai sarana komersil.

Bangunan dengan tujuan komersil akan terus diperbarui agar mendapatkan lebih banyak untung lagi. Dari segi pembangunan negara, hotel juga memiliki fungsi khusus diantaranya dapat meningkatkan industri rakyat.

Hotel juga dapat membuka banyak lowongan kerja sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran. Dengan adanya penyediaan sarana seperti tempat konferensi dan seminar, hotel juga memberikan kontribusinya dalam membantu meningkatkan pendidikan dan pelatihan.

Jika tamu yang menginap adalah turis luar negeri, maka hotel dapat dijadikan alat untuk meningkatkan hubungan antar bangsa. Secara keseluruhan, hotel dapat meningkatkan pendapatan dan devisa negara.

Baca juga: Definisi Globalisasi menurut Para Ahli.

Jenis – Jenis Hotel
Selain mengetahui pengertian hotel menurut para ahli dan fungsinya, jenis dari hotel juga patut untuk diketahui. Hotel dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan lokasi, kelas, kepemilikan, jenis tamu yang menginap, tujuan berkunjung dan lama tamu menginap serta lama operasional.

1. Tipe hotel berdasarkan lokasi

Dalam kategori ini, hotel bisa dibagi menjadi beberapa bagian.

Pertama, hotel yang berada di tengah kota, yang biasa disebut dengan city hotel.

Kedua, hotel yang terletak di pinggiran kota, biasanya disebut inn.

Ketiga, hotel yang berada di pinggiran jalan raya, yang biasa disebut dengan mote.

Keempat, hotel surburban yang merupakan hotel yang berada di dekat pemukiman penduduk.

Kelima, hotel country yang biasanya sebutan untuk hotel yang terletak di daerah yang terpencil dan jauh dari keramaian, serta masih banyak lagi jenis yang lainnya.

1. Tipe hotel berdasarkan kelas

Jika dilihat dari kelasnya, hotel dibagi menjadi hotel bintang satu sampai bintang lima.

Hotel bintang satu adalah hotel yang memiliki ukuran per kamar sekitar 20 meter persegi.

Hotel bintang dua biasanya memiliki fasilitas kamar mandi dalam.

Hotel bintang tiga bisa mencapai ukuran kamar sebesar 48 meter persegi.

Hotel bintang empat hampir sama dengan bintang tiga namun fasilitas lebih bagus. Sedang hotel bintang lima adalah hotel besar yang mampu memiliki kamar sampai seratus.

Ngomong-ngomong nih, kalau kamu pilih hotel yang mana nih kalau mau liburan?