Blog

Pengertian GIS Menurut Para Ahli

BERIKUT INI BEBERAPA PENGERTIAN GIS DARI BEBERAPA PARA AHLI

1. Menurut Aronaff (1989)

Sistem Informasi Geografis merupakan sistem informasi yang didasarkan pada kerja komputer yang memasukkan, mengelola, memanipulasi & menganalisa data serta memberi uraian.

2. Menurut Burrough (1986)

Sistem Informasi Geografis merupakan alat yang bermanfaat untuk pengumpulan, penimbunan, pengambilan kembali data yang diinginkan & penayangan data keruangan yang berasal dari kenyataan dunia.

3, Menurut Kang-Tsung Chang (2002)

Sistem Informasi Geografis sebagai a computer system for capturing, storing, querying, analyzing, & displaying geographic data.

Sistem Informasi Geografis sebagai sistem informasi yang digunakan untuk memasukkan, menyimpan, memanggil kembali, mengolah, menganalisis & menghasilkan data bereferensi geografis atau data geospatial, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam perencanaan & pengelolaan penggunaan lahan, sumber daya alam, lingkungan, transportasi, fasilitas kota, & pelayanan umum lainnya.

5. Menurut Marble et al (1983)

Sistem Informasi Geografis merupakan sistem penanganan data keruangan.

6. Menurut Bernhardsen (2002)

Sistem Informasi Geografis sebagai sistem komputer yang digunakan untuk memanipulasi data geografi. Sistem ini diimplementasikan dengan perangkat keras & perangkat lunak komputer yang berfungsi untuk akusisi & verifikasi data, kompilasi data, penyimpanan data, perubahan & pembaharuan data, manajemen & pertukaran data, manipulasi data, pemanggilan dan presentasi data serta analisa data.

Sistem Informasi Geografis merupakan sistem yang bisa mendukung pengambilan keputusan spasial & mampu mengintegrasikan deskripsi-deskripsi lokasi dengan karakteristik-karakteristik fenomena yang ditemukan di lokasi tersebut. Sistem Informasi Geografis yang lengkap mencakup metodologi & teknologi yang diperlukan, yaitu data spasial perangkat keras, perangkat lunak & struktur organisasi.

Sistem Informasi Geografis merupakan sistem informasi, referensi internal, serta otomatisasi data keruangan.

9. Menurut Calkin dan Tomlison (1984)

Sistem Informasi Geografis merupakan sistem komputerisasi data yang penting.

10. Menurut Linden, (1987)

Sistem Informasi Geografis merupakan sistem untuk pengelolaan, penyimpanan, pemrosesan (manipulasi), analisis & penayangan data secara spasial terkait dengan muka bumi.

Sistem Informasi Geografis merupakan sistem informasi yang mendukung pengorganisasian data, sehingga dapat diakses dengan menunjuk daerah pada sebuah peta.

Sistem Informasi Geografis merupakan sejenis software yang dapat digunakan untuk pemasukan, penyimpanan, manipulasi, menampilkan, & keluaran informasi geografis berikut atribut-atributnya.

13. Menurut Petrus Paryono

Sistem Informasi Geografis merupakan sistem berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan, manipulasi dan menganalisis informasi geografi.
Dari definisi-definisi di atas dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Geografis merupakan pengelolaan data geografis yang didasarkan pada kerja komputer (mesin).
Itulah sekilas penjelasan tentang13 pengertian sistem informasi geografi (SIG) menurut para ahli, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami.