Blog

Pengertian Etika Menurut Para Ahli

Etika adalah ilmu yang menyelidiki t yang baik dan buruk tingkah laku serta memperlihatkan perbuatan manusia sejauh yang dapat diketahui oleh akal pikiran manusia. Untuk lebih jelasnya lagi kami akan membahas materi makalah definisi Pengertian Etika Menurut Beberapa Para Ahli. Maka simakalah ulasannya dibawah ini.

Etika merupakan sesuatu di mana serta bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari hal yang mengenai nilai atau kualitas yang menjadi studi standar dan penilaian moral. Etika mencakup analisis dan juga penerapan konsep, yakni seperti benar, salah, baik, buruk, serta tanggung jawab.

Berikut ini adalah pendapat para ahli mengenai Pengertian Etika, adapun para ahli tersebut diantaranya :

Menurut Ahmad Amin, Etika adalah suatu ilmu yang menjelaskan hal yangberkenaan dengan arti baik dan buruk serta apa yang semestinya dilakukan oleh manusia, selain itu menyatakan sebuah tujuan yang harus dicapai manusia dalam perbuatannya dan menunjukkan arah untuk melakukan apa yang semestinya dilakukan oleh manusia.

Menurut Hamzah, Etika adalah ilmu yang menyelidiki tingkah laku yang baik dan buruk serta memperlihatkan perbuatan manusia sejauh yang dapat diketahui oleh akal pikiran manusia.

Etika adalah suatu cabang ilmu filsafat yang berbicara mengenai hal yang berkaitan dengan nilai -nilai dan norma yang bisa menentukan perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Mereka berdua menjelaskan bahwa etika ialah sebagai seperangkat norma, aturan yang mengatur segala tingkah laku manusia, mengenai hal yang harus dilakukan dan yang harus ditinggalkan yang dianut oleh sekelompok masyarakat.

Etika merupakan pandangan manusia terhadap baik dan buruknya perilaku manusia.

Menurut James, Etika merupakan hal mempertimbangkan dan memperhatikan perilaku manusia dalam mengambil keputusan yang mana hal tersebut berkaitan dengan moral. Etika lebih tertuju pada penggunaan akal budi manusia dengan objektivitas dalam menentukan benar, salah, baik dan buruknya serta tingkah laku seseorang terhadap orang lain.

A. Mustafa menjelaskan bahwa etika ialah sebagai ilmu yang menyelidiki terhadap perilaku yang baik dan yang buruk dan juga memperhatikan perbuatan manusia sejauh apa yang telah diketahui oleh akal pikiran manusia tersebut.

Beliau menjelaskan etika yakni ialah sebagai ilmu pengetahuan yang berkenaan dengan asas-asas atau dasar-dasar moral dan akhlak.

* Prof. DR. Franz Magnis Suseno

Menurut Prof. DR. Franz Magnis Suseno, Etika adalah ilmu yang memberikan petunjuk, arahan, acuan dan pijakan kepada tingkah laku manusia.

Beliau menjelaskan bahwa etika ialah sebagai teori mengenai perilaku atau perbuatan manusia yang dilihat dari segi baik dan buruknya serta sejauh mana dapat ditentukan oleh akal manusia.

Aristoteles memberikan pendapat lain yakni beliau Mengemukakan etika kedalam 2 pengertian yakni: Terminius Technicus & cara dan kebiasaan. Terminius Technicus merupakan etika yang dipelajari sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari suatu masalah tindakan atau perbuatan manusia.

Sedangkan, cara dan kebiasaan adalah suatu pembahasan etika yang berkaitan dengan tata cara serta adat kebiasaan yang melekat dalam kodrat manusia (dalam sifat bawaan manusia) yang bekaitan dengan arti baik dan buruknya tingkah laku atau perbuatan manusia.

Menurut Bertens, Etika ialah nilai dan norma moral yang menjadi acuan oleh manusia secara perorangan maupun kelompok dalam mengatur segala perilakunya.

Martin menjelaskan bahwa etika merupakan suatu disiplin ilmu yang berperan sebagai acuan atau pedoman dalam mengontrol tingkah laku perbuatan manusia.

Soergarda, Etika adalah sebuah filsafat yang ada hubungannya dengan nilai-nilai, tentang baik dan buruk tindakan dan kesusilaan manusia.

Etika merupakan ilmu yang membahas baik dan buruknya perilaku, hak serta kewajiban moral; sekumpulan asaa atau nila-nilai yang ada kaitannya dengan akhlak; nilai-nila mengenai benar atau salahnya perbuatan atau perilaku yang dianut oleh masyarakat.

Demikianlah ulasan kami mengenai Pengertian Etika Menurut Para Ahli dan Secara umum. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :