Blog

Pengertian Etika Administrasi Publik Menurut Para Ahli 2022

FAQs
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa etika administrasi publik adalah aturan atau standar pengelolaan, arahan moral bagi anggota organisasi atau pekerjaan manajemen ; aturan atau standar pengelolaan yang merupakan arahan moral bagi administrator publik dalam melaksanakan tugasnya melayani masyarakat.

Menurut Chandler dan Plano (2008:3 ) dalam buku Deddy Mulyadi administrasi publik adalah proses dimana sumber daya dan personel publik diorganisir dan dikoordinasikan untuk memformulasikan, mengimple- mentasikan dan mengelola (manage) keputusan- keputusan dalam kebijakan publik.

Etika ini mempunyai peran yang sangat strategis karena etika dapat menentukan keberhasilan atau pun kegagalan dalam tujuan organisasi, struktur organi- sasi, serta manajemen publik. Etika berhubungan dengan bagaimana sebuah tingkah laku manusia sehingga bisa dipertanggungjawabkan.

Peran etika administrasi publik dalam mewujudkan good governance adalah melalui pelaksanaan berbagai aturan-aturan ideal yang tertulis maupun tidak tertulis baik yang yang bersumber dari Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, Undang – undang, dan peraturan lainnya yang terkait dengan etika.

Menurut Hamzah Yakub, pengertian etika adalah menyelidiki suatu perbuatan yang baik dan buruk. Soegarda Poerbakawatja mengatakan pengertian etika adalah filsafat berkaitan dengan nilai-nilai tentang baik dan buruknya tindakan dan kesusilaan.

Dari definisi di atas dapat diketahui bahwa etika bertalian erat dengan administrasi publik. Filsafat dan etika selalu berkaitan langsung bahkan dengan nilai, dan moral sedangkan administrasi publik berkaitan dengan pembuatan kebijakan, pengambilan keputusan, dan pengimplementasian kebijakan.

Administrasi Publik merupakan suatu ilmu sosial yang mempelajari tentang cara pengelolaan suatu organisasi publik atau umum dalam konteks kehidupan bernegara, yaitu Lembaga Legislatif, Yudikatif, dan Eksekutif.

Tujuan Administrasi Publik

Tujuan utama dari administrasi publik adalah agar dapat mencapai tujuan negara sesuai keinginan publik. Adapun beberapa keingin publik tersebut adalah: Keamanan. Kesejahteraan.

Administrasi publik sangat berperan sekali bagi organisasi, diantaranya adalah untuk mempermudah suatu pekerjaan, menghimpun data, kegiatan surat menyurat, serta memperlancar proses kemudahan suatu birokrasi atau institusi. Ilmu administrasi publik sudah mencakup hal-hal penting dalam kehidupan organisasi.

Etika bagi penyelenggara negara merupakan hal penting yang harus dikembangkan karena dengan adanya etika diharapkan mampu untuk membangkitkan kepekaan birokrasi atau pemerintah dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan buruk, mengenai hak dan kewajiban moral, kumpulan asas atau nilai yang berhubungan dengan ahlak, dan nilai benar atau salah yang dianut dalam masyarakat.

Menurut Bertens ada dua pengertian etika: sebagai praktis dan sebagai refleksi. Sebagai praktis, etika berarti nilai- nilai dan norma- norma moral yang baik yang dipraktikkan atau justru tidak dipraktikkan, walaupun seharusnya dipraktikkan.

Buku Karangan Franz Magnis-Suseno, Filsafat Sebagai Ilmu Kritis, menjelaskan etika merupakan cabang dari aksiologi kajian filsafat tentang nilai yang secara khusus membahas tentang nilai-nilai baik dan buruk dalam pengertian sesuai dengan nilai kesusilaan atau tidak.

2. Drs. Sidi Gazalba dalam sistematika filsafat: etika adalah teori tentang tingkah laku perbuatan manusia dipandang dari segi baik dan buruk, sejauh yang dapat ditentukan oleh akal.

Di sini kamu biasanya bisa mengurus KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, izin pernikahan, dan lain-lain. Nah, mulai dari pendaftaran dan pendataan catatan sipil, pelayanan penyuluhan informasi, dan sebagainya merupakan salah satu contoh penerapan administrasi publik.

Administrasi publik bekerja untuk melayani negara atau badan lain di ruang publik. Ia tidak dapat menetapkan hukum apa pun, tidak menjalankan yurisdiksi dan tidak bersifat yudisial maupun gubernur.

Administrasi Publik (Inggris: Public Administration) atau Administrasi Negara adalah suatu bahasan ilmu sosial yang mempelajari tiga elemen penting kehidupan bernegara yang meliputi lembaga legislatif, yudikatif, dan eksekutif serta hal- hal yang berkaitan dengan publik yang meliputi kebijakan publik, manajemen publik, …

* Komitmen terhadap Misi. Semangat menetes dari pimpinan ke karyawan di lapangan. …
* Visi Strategis. Seorang administrator publik harus selalu tetap fokus pada visi strategis dan misi jangka panjang dari lembaga atau organisasi. …
* Kelompok. …
* Terperinci. …
* Delegasi. …
* Tumbuh Bakat. …
* Mempekerjakan Orang yang Cerdas. …
* Pengendalian.

Apa saja unsur-unsur dari administrasi negara atau publik ?

* Perencanaan.
* Pembuatan Keputusan.
* Pembimbingan.
* Pengoordinasian.
* Pengawasan (kontrol)
* Penyempurnaan dan perbaikan tata struktur dan tata kerja.

Nilai-nilai dasar etika publik sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang ASN, yakni sebagai berikut: 1. Memegang teguh nilai-nilai dalam ideologi Negara Pancasila. 2. Setia dan mempertahankan Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia 1945. 3. Menjalankan tugas secara profesional dan tidak berpihak.

Menurut Kumorotomo (1997) etika pelayanan publik adalah suatau cara dalam melayani publik dengan menggunakan kebiasaan-kebiasaan yang mengandung nilai hidup dan hukum atau norma-norma yang mengatur tingkah laku manusia yang dianggap baik.

Berikut merupakan tujuan dari etika: Untuk dapat mengajak seseorang untuk dapat berpikir secara rasional dan juga kritis dalam mengambil sebuah keputusan secara otonom. Untuk dapat mengantarkan manusia menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Fungsi Etika

Dapat menunjukan keterampilan intelktual yaitu suatu keterampilan untuk berargumentasi secara rasional serta sangat kritis. Untuk Orientasi etis ini diperlukan didalam mengambil suatu sikap yang wajar didalam suasana pluralisme.

Adapun ciri-ciri etika adalah sebagai berikut:

* Etika tetap berlaku meskipun tidak ada orang lain yang menyaksikan.
* Etika sifatnya absolut atau mutlak.
* Dalam etika terdapat cara pandang dari sisi batiniah manusia.
* Etika sangat berkaitan dengan perbuatan atau perilaku manusia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan buruk, mengenai hak dan kewajiban moral, kumpulan asas atau nilai yang berhubungan dengan ahlak, dan nilai benar atau salah yang dianut dalam masyarakat.

Dengan adanya dimensi etika dalam administrasi publik maka mempertegas bahwa para aktor publik bukanlah alat pembenar tindakan ataupun kepanjangan tangan dari penguasa dan menegaskan pula tentang mencapai kepentingan publik bukan kepada kepentingan pribadi maupun kelompok tertentu.

2.1.1 Pengertian Administrasi

Menurut Dr. Sondang Siagian (2012:13 admintrasi dapat didefinisikan sebagai keseluruhan proses kerja sama antara dua orang manusia atau lebih yang didasrkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Etika berdampak pada perilaku dan memungkinkan individu untuk membuat pilihan yang tepat. Etika juga berperan dalam mengatur hidup dan bertindak secara bertanggung jawab. Pentingnya etika tidak dapat diabaikan dalam banyak lini kehidupan, termasuk mempraktikannya di bidang pendidikan dan pekerjaan.

Adapun ciri-ciri etika adalah sebagai berikut:

* Etika tetap berlaku meskipun tidak ada orang lain yang menyaksikan.
* Etika sifatnya absolut atau mutlak.
* Dalam etika terdapat cara pandang dari sisi batiniah manusia.
* Etika sangat berkaitan dengan perbuatan atau perilaku manusia.

* Tidak meludah didepan orang lain.
* Berbahasa yang baik dan sopan.
* Menggunakan pakaian yang pantas sesuai keadaan.
* Tidak mendengarkan orang yang sedang menerangkan pelajaran.
* Tidak berkata kasar apalagi kepada kedua orang tua.
* Suka mencaci maki orang lain.

* #1 Senantiasa menjaga kerukunan antar sesama manusia. …
* #2 Menunjukkan sikap hormat terhadap orang lain baik dalam pembawaan diri, berbicara, dan bersikap. …
* #3 Menunjukkan sikap kemurahan hati terhadap siapa saja. …
* #4 Senantiasa berperilaku yang baik dan selalu mencipta kebaikan di tengah lingkungan masyarakat.

Etika publik memiliki 3 dimensi yaitu kualitas pelayanan publik, modalitasdan tindakan integritas publik.