Blog

Pengertian Ekonomi Mikro Menurut Para Ahli

Definisi Ekonomi Mikro
Pengertian Ekonomi mikro yang dapat didefinisikan sebagai ilmu ekonomi yang khusus mendalami dan mempelajari perilaku konsumen, perusahaan dan penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang dan jasa yang diperjual-belikan.

Ekonomi mikro (microeconomics) sangat berpengaruh terhadap pengambilan keputusan dalam hal permintaan dan penawaran barang atau jasa. Sehingga tujuan utama perusahaan yakni untuk menganalisis pasar dan bagaimana mekanisme menentukan harga.

Ada Beberapa aspek analisis dalam ekonomi mikro, diantaranya adalah:

* Teori permintaan dan penawaran.
* Teori produksi.
* Teori harga.
* Analisis biaya dan manfaat.
* Elastisitas.
* Model-model pasar.
* Industri.

Ekonomi mikro berperan penting dalam bisnis untuk membantu menganalisis dan mengelola kegagalan pasar dan menjelaskan secara teoritis kondisi dalam pasar persaingan sempurna.

Baca Juga:Pengertian Ekonomi Makro

Para pakar ekonomi telah menjelaskan pengertian ekonomi mikro, diantaranya adalah:

1. David Ricardo
David Ricardo menjelaskan bahwa ekonomi mikro adalah suatu kondisi dimana para pelaku ekonomi telah mempunyai informasi tentang seluk beluk sebuah pasar. Dengan begitu ekonomi makro merupakan faktor penentu dari pasar ekonomi global.

2. Sadono Sukirno
Sadono Sukirno menjelaskan pengertian ekonomi mikro adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang diperjual-belikan.

Baca Juga:Teori dan Ruang Lingkup Ekonomi Mikro

3. Adam Smith
Adam Smith berpendapat bahwa ekonomi mikro adalah subjek ekonomi yang selalu bersifat ekonomis rasional. Hal ini mengakibatkan para pelaku ekonomi harus mempertimbangkan hal-hal rasional sebelum membuat keputusan.

4. Marshall & Pigou
Marshall & Pigou mendefinisikan ekonomi mikro adalah tingkat mobilitas yang tinggi dalam pasar sehingga membuat para pelaku ekonomi dapat langsung beradaptasi atau menyesuaikan perubahan-perubahan yang ada di pasar.

BacBaca Juga:Pengertian Efisiensi

5. N. G. Mankiw
N. G. Mankiw mengemukakan ekonomi mikro adalah ilmu yang membahas tentang peran individu-individu pelaku ekonomi, bagaimana rumah tangga dan perusahaan membuat keputusan, dan bagaimana mereka berinteraksi di dalam pasar tertentu.

Ekonomi mikro menganalisis bagaimana berbagai macam keputusan dan perilaku tersebut dapat mempengaruhi permintaan dan penawaran produk barang dan jasa yang akan menentukan harga, atau yang akan menentukan permintaan dan penawaran barang dan jasa selanjutnya.

Sebagai rujukan yang tepat pengertian ekonomi mikro menurut para ahli dapat dijadikan dasar pertimbangan pembuatan keputusan. Semoga bermanfaat.