Blog

Pengertian Digital Menurut Para Ahli

A. Penafsiran Digital Marketing Bagi Para Ahli

Digital marketing bagi Coviello, Milley And Marcolin( 2001: 26) merupakan pemakaian internet serta pemakaian teknologi interaktif lain buat membuat serta menghubungkan diskusi antara industri serta konsumen yang sudah teridentifikasi.

Digital marketing bagi Heidrick& Struggless( 2009: 1) merupakan pertumbuhan dari digital marketing lewat website, telepon genggam serta fitur permainan, menawarkan akses baru periklanan yang tidak digembor- gemborkan serta sangat mempengaruhi. Jadi kenapa para marketer di segala Asia tidak alihkan pemakaian budget dari marketing tradisional semacam Televisi, radio serta media cetak ke arah media teknologi baru serta media yang lebih interaktif.

B. Pertumbuhan Digital Marketing di Indonesia

Bersamaan dengan pertumbuhan teknologi digital yang sangat kilat, digital marketing juga turut tumbuh dengan pesat. Kita masih ingat di masa akhir 90an serta dini tahun 2000an trend yang tumbuh dikala itu merupakan blogging.

Serta salah satu tokoh sangat populer di masa itu merupakan Anne Ahira. Walaupun pernah jadi kontroversial dengan issue penipuan, tampaknya Anne Ahira sanggup membangun sekolah internet marketing online yang diberi nama AsianBrain. com.

Apalagi di tahun 2007, Anne Ahira diundang pemerintah buat mewakili Indonesia selaku pembicara dalam forum APEC.

Bersinambung ke tahun 2007an dst, social media serta chat online terus menjadi tumbuh. Pada masa itu media chat terkenal merupakan mIRC serta Yahoo messenger. Tidak ketinggalan social media semacam Friendster, Facebook sampai Twitter terus menjadi meramaikan jagat maya.

Digital marketing juga ikut tumbuh kala pengguna social media bertambah lumayan tajam. Para penyedia social media meluncurkan layanan beriklan semacam facebook ads serta twitter ads. Pada keadaan ini disruptive technology juga berjalan. Kejayaan tv serta radio selaku pusat atensi kita seluruh terus menjadi tergeser.

Pada foto di atas, tercatat pada Januari 2019, Social Media Ads Audiences mempunyai jumlah yang besar. Facebook menempati urutan awal dengan 130 juta ads audiences, disusul instagram dengan 62 juta ads audiences.

Bercermin dari keadaan ini, senantiasa terdapat kemampuan serta tantangan di depan mata. Dimana kemampuan perkembangan digital marketing memanglah sangat besar bila memandang jumlah audiences yang luar biasa ini. Tetapi di sisi lain, kian besar pula kompetisi ataupun persaingan digital marketing menjadikan audiences terus menjadi jenuh dengan iklan yang“ itu- itu saja”. Solusinya merupakan konten serta strategi kreatif- lah yang hendak membedakan kesuksesan dari kegiatan digital marketing di Indonesia.

Lihat Gadget Selengkapnya Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Lihat Semua Komentar (0)