Blog

Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli Berikut Contoh Rencananya

Ilustrasi rapat karyawan. ©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Odua Images Merdeka.com – Konsep implementasi semakin marak dibicarakan seiring dengan banyaknya pakar yang memberikan kontribusi pemikiran tentang implementasi. Implementasi adalah hal penting untuk mewujudkan suatu gagasan.

Seseorang harus mengimplementasikan gagasan untuk mencapai tujuannya. Implementasi adalah proses yang diterapkan di berbagai bidang tanpa batasan apa pun mulai dari bidang pendidikan, sosial, politik, teknologi, kesehatan, informasi dan banyak lainnya.

Implementasi memiliki pengertian yang cukup luas dalam berbagai bidang. Untuk mencapai suatu tujuan, setidaknya kamu perlu mengetahui hal-hal mendasar seperti pengertian implementasi dan contohnya.

Sebab, hal tersebut akan memberikan kamu gambaran mengenai bagaimana seharusnya kamu bersikap terhadap apa yang menjadi tujuanmu. Lebih jauh berikut ini informasi mengenai pengertian implementasi menurut para ahli telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com dan repository.uma.ac.id.

Pengertian Impelentasi Menurut Para Ahli
1. Nurdin Usman

Implementasi adalah bermuara pada aktivitas, aksi, tindakan atau adanya mekanisme suatu sistem, implementasi bukan sekedar aktivitas, tapi suatu kegiatan yang terencana dan untuk mencapai tujuan kegiatan.

2. Purwanto dan Sulistyastuti

Menurut Purwanto dan Sulistyastuti, Implementasi intinya adalah kegiatan untuk mendistribusikan keluaran kebijakan (to deliver policy output) yang dilakukan oleh para implementor kepada kelompok sasaran (target group) sebagai upaya untuk mewujudkan kebijakan.

3. Sudarsono

Menurut Sudarsono dalam bukunya Analisis kebijakan publik, implementasi adalah suatu aktivitas yang berkaitan dengan penyelesaian suatu pekerjaan dengan penggunaan sarana (alat) untuk memperoleh hasil dari tujuan yang diinginkan.

4. Solichin Abdul Wahab

Menurut Solichin, implementasi adalah adalah tindakan-tindakan yang dilakukan oleh individu1 atau pejabat-pejabat, kelompok-kelompok pemerintah atau swasta yang diarahkan pada tercapainya tujuan-tujuan yang telah digariskan dalam keputusan kebijakan.

5. Widodo

Implementasi berarti menyediakan sarana untuk melaksanakan suatu kebijakan dan dapat menimbulkan dampak atau akibat terhadap sesuatu.

Contoh Rencana Implementasi
Setelah mengetahui tentang pengertian implementasi menurut para ahli, kamu juga perlu mengetahui tentang bagaimana contoh rencana implementasi itu sendiri. Dalam hal ini, setiap rencana implementasi terdiri dari beberapa komponen utama yang perlu dianalisis dan dipikirkan sebelum mengkomunikasikan. Berikut langkah-langkahnya:

Tentukan Tujuan dan Sasaran

Kamu bisa memulai rencana implementasi dengan menentukan tujuan dan sasaran dari rencana implementasi. Apa yang ingin dicapai? Apa ruang lingkup proyek? Mengapa tujuan ini penting? Bagaimana tujuan-tujuan ini sesuai dengan visi dan misi secara keseluruhan?

Tetapkan Tanggung Jawab

Langkah berikutnya kamu perlu menetapkan peran dan tanggung jawab. Tahapan ini dapat memberikan gambaran yang jelas tentang apa yang perlu dilakukan dan oleh siapa. Semakin jelas mendefinisikan tanggung jawab ini, semakin mudah untuk membuat orang bertanggung jawab.

Jadwal Implementasi

Dalam hal ini, Jadwal bisa membantu melacak, berkomunikasi, dan mengawasi kemajuan proyek, membuat semua pemangku kepentingan selalu mengetahui apa yang sedang terjadi.

Alokasi Sumber Daya

Salah satu tujuan utama rencana implementasi adalah memastikan bahwa tim memiliki akses ke sumber daya yang cukup untuk menjalankan implementasi secara efektif dan tanpa hambatan. Pastikan kamu tahu persis apa yang dibutuhkan, berapa banyak yang sudah dimiliki, dan bagaimana kamu akan mendapatkan apa yang dibutuhkan.

[nof]