Blog

Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli Dan Manfaat Kekurangan

GuruAkuntansi.co.id Kali ini akan membahas pengertian digital marketing menurut para ahli beserta manfaat dan kekurangnnya. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat untuk anda, selamat membaca…

Dierah miilineal sekarang banyak sekali tekni marketing, dari secara offline maupun online di media online pun banyak sekali fasilat yang dapat dimanfaatin untuk marketing, dari via google,facebook, intagram maupun media lainnya.

Langsung saja kita bahas pengertian digital marketing menurut para ahli diantaranya yaitu:

Digital marketing menggunakan fasilitas internet dan teknologi informasi untuk memperluas dan meningkatkan fungsi marketing tradisional. Definisi ini berkonsentrasi pada seluruh marketing tradisional.

Kita juga bisa menyatakan bahwa pendapat seperti interactive marketing, one-to-one marketing dan e-marketing erat kaitannya dengan digital marketing.

Digital marketing ialah penggunaan fasilitas internet dan penggunaan teknologi interaktif lain untuk membuat dan menghubungkan dialog antara perusahaan dan konsumen yang telah teridentifikasi.

Perkembangan digital marketing melalui sebuah situs web, telepon genggam dan perangkat games, menawarkan akses baru periklanan yang tidak digembor-gemborkan dan sangat berpengaruh.

Jadi kenapa para marketer di seluruh asia tidak mengalihkan pemakaian budget dari marketing tradisional seperti TV, radio dan media cetak ke arah media teknologi baru dan media yang lebih interaktif.

Proses perencanaan dan pelaksanaan dari suatu ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi.

Marketing bisa diartikan lebih sederhana yaitu pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen.

Manfaat Digital Marketing

Jikan anda beranggapan digital marketing atau pemasaran digital bukanlah sesuatu yang besar dan berpengaruh, maka anda salah.

Mulai tahun 2014, jumlah iklan yang dipasang di internet sudah mengalahkan iklan di televisi dan jaringan televisi kabel.

Iklan tradisional kini tak lagi memiliki kekuasaan mengingat pemasaran digital multi-channel terus meningkat sebanyak 137% ditambah dukungan kenaikan 500% merek yang menggunakan saluran pemasaran digital.

Yang mendorong kenaikan ini tentu saja adalah para konsumen dan anda sendiri.

72% konsumen sudah terhubung dengan merek pilihan mereka melalui beberapa macam chanel pemasaran digital yang ada.

Dengan demikian, walaupun mayoritas konsumen dan pemilik usaha sudah memiliki rute pemasaran digital, masih ada usaha kecil yang tidak mengikuti tren ini.

Perlu kamu ketahui bahwa sistem pemasaran digital tidak serumit yang kamu bayangkan. Pemasaran digital telah banyak memberikan manfaat baik, besar bagi para pengusaha maupun konsumen.

Berikut ada beberapa manfaat pemasaran digital yang akan meyakinkan anda:

1. Pemasaran Digital Menghubungkan Anda Dengan Konsumen Di Internet
Saat ini konsumen sudah tak lagi mencari informasi mengenai suatu produk barang atau jasa melalui halaman iklan baris.

Saat ini, setidaknya 80% konsumen menggunakan internet untuk memperoleh informasi mengenai produk barang atau jasa dengan lebih mudah dan nyaman.

Dengan memiliki banyaknya alat dan channel yang tersedia dalam pemasaran digital, pemilik usaha bisa mencapai target konsumen mereka yang rata-rata menghabiskan waktu mereka mencari informasi melalui internet.

2. Pemasaran Digital Menghasilkan Penjualan Yang Tinggi
Melalui pemasaran media digital, kamu dapat menjangkau lebih banyak khalayak yang anda targetkan. kmau juga dapat menghasilkan lead (prospek) dan mencapai peningkatan konversi (penjualan) sampai 24%.

Pemasaran digital membuka jalan untuk pemasaran yang akan membuahkan hasil yang sangat menguntungkan.

3. Pemasaran Digital Membuat Anda Lebih Hemat
Pemasaran digital gartnet mengeluarkan laporan yang menunjukkan gimana para pengusaha kecil kini sudah mendapatkan banyak keuntungan dari pemasaran digital.

Contohnya saja, sebanyak 40% dari mereka melaporkan andanya efisiensi biaya yang ada pada usaha mereka.

Usaha kecil yang dimaksudkan disini adalah usaha atau perusahaan yang memiliki sumber daya yang terbatas.

Pemasaran digital kemudian bisa membantu pemilik usaha, tidak menghasilkan generasi dan konsumen baru, namun juga membantu menghemat pengeluaran pengusaha.

Pemasaran digital menawarkan kamu adanya mekanisme respon konsumen atau pelanggan real-time, yang akan memberikan efek besar pada keberhasilan usaha anda menurut laporan dari eMarketer.

Keuntungan dari channel pelayanan yang disediakan oleh pemasaran digital diantaranya adalah menghasilkan pendapatan yang lebih besar, mempertahankan pelanggan dan memberikan kepuasan layanan terhadap konsumen.

5. Pemasaran Digital Menghubungkan Anda Dengan Konsumen yang Menggunakan Perangkat Mobile
Pemasaran digital membawa kamu memasuki area pasar raksasa, dimana kegiatan pemasaran digital melalui perangkat mobile memberikan hasil hingga 34% dari keseluruhan trafik organik.

Menurut eMarketer, teknologi mobile juga dapat mempengaruhi perilaku pembelian konsumen tersebut. Data menunjukkan bahwa 91% orang dewasa di amerika serikat selalu menggunakan perangkat mobile mereka setiap saat.

6. Pemasaran Digital Membantu Menghasilkan Pendapatan Tinggi
Konsumen yang melakukan transaksi secara online membutuhkan enam poin utama untuk meyakinkan mereka

7. Pemasaran Digital Memberikan ROI yang Lebih Tinggi Dari Kampanye Anda
Dalam laporan HubSpot, terkonfirmasi bahwa pemasaran digital dapat membantu anda untuk menghasilkan Cost-Per-Lead (CPL) yang lebih baik dibandingkan dengan pemasaran tradisional atau bahkan telemarketing.

8. Pemasaran Digital Menjadi Posisi Anda Terhadap Pesaing
Banyak merek dan usaha saat ini saling bersaing dengan kampanye pemasaran digital mereka. Para pengusaha menggunakan bermacam-macam chanel termasuk seperti display, PPC, dan penggunaan media sosial.

9. Pemasaran Digital Membantu Anda Bersaing Dengan Perusahaan Besar
Tidak hanya membuat posisi anda sejajar dengan pesaing, namun pemasaran digital juga memungkinkan anda untuk bersaing head to head dengan merek dan perusahaan besar.

10. Pemasaran Digital Mempersiapkan Anda Untuk Era Internet Of Things
Gartner mebeberkan laporan bahwa pada tahun 2020 diperkirakan adanya 26 miliar gadget, smartphone, tablet, jam tangan, kacamata, sepatu dan peralatan lainnya yang akan saling terhubung dalam ekosistem online secara global yang akan membentuk era internet of things.

Kelebihan Digital Marketing
Perkembangan dunia bisnis sangat dipengaruhi oleh teknologi dan informasi. Termasuk bagian pemasaran yang harus dikuasai oleh bisnis apapun.

Era digital mengharuskan kamu menguasai pemasaran digital atau yang juga dikenal dengan digital marketing.

Konsep pemasaran digital ialah memanfaatkan array luas pada media seperti contoh televisi, radio, perangkat mobile, hingga internet.

Media ini akan memberikan infografis mengenai barang atau jasa yang ditawarkan oleh pembisnis, terutama penekanan khusus pada merk sebuah barang atau jasa.

Terlebih pada media internet yang sudah menjadi sarana paling ampuh untuk meroketkan bisnis anda. Media pemasaran ini diklaim dapat menjangkau semua kalangan, kapan pun, dengan cara apapun dan dimanapun.

Tentu sangatlah jauh lebih unggul dibandingkan dengan marketing konvensional/manual yang hanya terbatas waktu, lokasi dan jangkauan pengguna. Berikut ada berbagai kelebihan digital marketing diantaranya yaitu:

1. Jangkauan Konsumen Sangat Luas, Seluruh Dunia
Penggunaan digital marketing seperti teknik SEO (Search Engine Optimization) pada mesin pencari google, iklan di media online hingga pada iklan sosial media tentu akan menjangkau konsumen yang sangat luas.

Siapapun yang mengakses array tersebut akan menjangkau iklang atau informasi tentang pelayanan yang anda berikan. Tidak hanya di wilayah lokal, tetapi seluruh dunia bisa mengaksesnya.

2. Kombinasi Sumber Daya Bisa Dimaksimalkan Hasil
Berbicara soal konsep dasar marketing digital, kamu dapat dengan mudah memaksimalkan sumber daya apapun yang bisa mendukung digital marketing.

Misalkan dengan memakai official account agar terlihat lebih elegan, profesional dan terpercaya.

Lalu ditambahkan lagi dengan kampanye melalui media story YouTube seperti beberapa bisnis digital yang kini telah populer.

3. Memperkirakan Jumlah dan Spesifikasi Jangkauan Calon Konsumen
Kelebihan yang sangat menguntungkan bagi pembisnis adalah bisa memprediksi spesifikasi jangkauan konsumen.

Anda bisa menargetkan calon pembeli berdasarkan usia, peminatan, tingkat pendidikan, gender hingga perilaku keseharian yang terpantau di sosial media.

4. Waktu Pencapaian Hasil Relatif Lebih Cepat dan Murah
Kampanye digital untuk melejitkan bisnis tentu memberikan hasil yang lebih cepat dan murah dibandingkan dengan cara konvensional.

Lebih cepat dirasakan calon konsumen karena jangkauan sangat luas dalam waktu bersamaan.

Sementara murah pada beberapa teknik tertentu, karena konsep marketing digital juga bisa saja mahal karena strategi yang diterapkan membutuhkan sumber daya yang banyak.

Kekurangan Digital Marketing
Adapun kekurangan digital marketing yang diantaranya yaitu:

1. Bisa ditiru
2. Terlalu banyak pesaing
3. Tidak akan dilirik jika tidak menarik
4. Belum tentu cocok
5. Reputasi bisa hancur jika ada reaksi negatif
6. Terlalu bergantung ke teknologi
7. Belum semua orang memakai

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli & Manfaat, Kelebihan Serta Kekurangannya, semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang bermanfaat untuk kita.