Blog

Pengertian Demokrasi Menurut Abraham Lincoln Dan Para Ahli Lainnya

Kalau ngomongin soal demokrasi, terdapat banyak pengertiannya lho Ma, Pa. Nggak hanya satu ahli aja yang mengutarakan pendapat mereka tentang demokrasi. Setiap tokoh atau para ahli ini punya pandangan masing-masing terhadap demokrasi.

Oh iya, aku sedikit kasih informasi juga ya bahwa demokrasi yang kini jadi sistem pemerintahan di beberapa negara di dunia ini awalnya berasal dari peradaban Yunani yang berkembang di Kota Athena lho.

Nah, untuk mengetahui lebih jelas dan memahami bagaimana saja Pengertian Demokrasi Menurut Abraham Lincoln dan Para Ahli Lainnya.

Mama dan Papa bisa simak informasi yang aku bagiin kali ini terkait Pengertian Demokrasi Menurut Abraham Lincoln dan Para Ahli Lainnya.

1. Pengertian demokrasi menurut Abraham Lincoln

Menurut salah satu tokoh besar dunia bernama Abraham Lincoln, demokrasi adalah suatu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

2. Pengertian demokrasi menurut Bonger

Menurut Bonger, pengertian demokrasi bisa dipahami dalam dua aspek lho, yakni secara formal dan materil. Formal itu berarti demokrasi sebagai teori, kalau materiil demokrasi sebagai praktik yang dipengaruhi oleh faktor kemerdekaan dan persamaan sosial serta ekonomi.

3. Pengertian demokrasi menurut Montesqieu

Selanjutnya, ada tokoh bernama Montesqieu, Montesqieu mengartikan demokrasi sebagai kekuasaan negara yang dijalankan oleh tiga lembaga terpisah (legislatif, eksekutif, dan yudikatif). Nah, masing-masing institusi itu harus berdiri secara independen tanpa dipengaruhi institusi lain yang bisa mengganggu kinerja tiap institusi.

4. Pengertian demokrasi menurut John L. Esposito

Kalau menurut John L. Esposito, sistem demokrasi adalah sistem yang jadi hak semua orang, mereka berhak berpartisipasi secara aktif termasuk dalam mengontrol kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

5. Pengertian demokrasi menurut C.F. Strong

Yang terakhir ada pengertian demokrasi dari C.F. Strong nih, tokoh satu ini punya pendapat kalo demokrasi adalah sistem pemerintahan di mana mayoritas rakyat yang usianya dewasa ikut serta dalam politik yang berdasarkan sistem perwakilan.

Contoh penerapan demokrasi di kehidupan sehari-hari dan sekolah

Karena demokrasi tuh berarti kebebasan tiap orang untuk ambil keputusan di hidup, maka Mama dan Papa juga bisa nerapin dan mencontoh beberapa sikap demokrasi berikut ini di kehidupan sehari-hari lho. Hal itu juga berlaku buat anak-anak pas mereka lagi di sekolah.

* Sikap demokrasi di kehidupan sehari-hari

1. Terima segala macam kritikan dengan lapang dada
2. Bermusyawarah di lingkungan keluarga. Misalnya, musyawarah buat bersihin rumah, nentuin tempat bertamasya, sama nentuin tempat sekolah anak.
3. Nggak maksain kehendak dan nggak bersikap egois.
4. Memahami tugas dan kewajiban dalam keluarga.
5. Semua anggota keluarga berhak buat nyampein kritik dan saran.

* Sikap demokrasi di lingkungan sekolah

1. Bersikap adil dan gak membeda-bedakan teman.
2. Ikut milih anggota pengurus kelas atau juga ketua OSIS di sekolah.
3. Ikut nentuin jadwal piket kelas dengan adil dan terbagi rata.
4. Menghormati guru dan staf sekolah.
5. Ikut upacara bendera dengan tertib dan khidmat.
6. Menghargai pendapat yang diutarain sama temen waktu lagi diskusi.

Itulah, informasi yang udah aku share mengenai beberapa Pengertian Demokrasi Menurut Abraham Lincoln dan Para Ahli Lainnya. Semoga lewat informasi kali ini, Mama dan Papa bisa lebih paham lagi ya tentang definisi demokrasi.

Baca juga: