Blog

Pengertian Ciri Contoh Seni Budaya Menurut Para Ahli

Pengertian Ciri Contoh Seni Budaya Menurut Para Ahli – Seni pada mulanya ialah proses dari manusia, dan oleh karena tersebut adalah sinonim dari ilmu. Dewasa ini, seni dapat dilihat dalam intisari ekspresi dari kreatifitas manusia.

Seni paling sulit untuk diterangkan dan pun sulit dinilai, bahwa masing-masing pribadi artis memilih sendiri ketentuan dan parameter yang menuntunnya atau kerjanya, masih dapat dikatakan bahwa seni ialah proses dan produk dari memilih medium, dan sebuah set ketentuan untuk pemakaian medium itu, dan sebuah set nilai-nilai yang menilai apa yang pantas diantarkan dengan ekspresi lewat medium itu, untuk mengucapkan baik kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan teknik seefektif barangkali untuk medium itu.

Sekalipun demikian, tidak sedikit seniman mendapat pengaruh dari orang beda masa lalu, dan juga sejumlah garis pedoman sudah hadir untuk mengungkap usulan tertentu lewat simbolisme dan format (seperti bakung yang bermaksud kematian dan mawar merah yang bermaksud cinta).

Pengertian Ciri Contoh Seni Budaya Menurut Para AhliIstilah seni budaya pada dasarnya merupakan sebuah frasa kata yang berasal dari kata “seni” dan kata “budaya”. Kata seni sendiri berasa dari bahasa sanskerta yaitu kata sani (pemujaan, persembahan, pelayanan) yang sering kali diartikan sebagai setiap hal yang sengaja dibuat oleh manusia untuk menghadirkan unsur keindahan yang dapat membangkitkan perasaan orang lain. Sedangkan kata budaya berasal dari kata buddhayah (bahasa sanskerta), yang artinya budi atau akal yang digunakan oleh manusia dan diturunkan secara berkelanjutan.

Jika diartikan dari asal frasa katanya, maka seni budaya merupakan setiap karya seni yang sengaja dibuat dengan berlandaskan kepada akal atau budi yang dimiliki oleh sekelompok masyarakat, yang digunakan dan diturunkan dari masa ke masa secara berkelanjutan.

Menurut M. Thoyibi, seni budaya dapat diartikan sebagai penjelmaan rasa seni yang sudah membudaya, yang termasuk dalam aspek kebudayaan dan dapat dirasakan dan diresapi oleh banyak orang dalam rentang perjalanan sejarah peradaban manusia.

Menurut Harry Sulastianto, pengertian seni budaya adalah sebuah keahlian dalam aktivitas mengekspresikan ide – ide dan pemikiran estetika, termasuk mewujudkan kemampuan dan imajinasi pandangan atas bebeberapa benda, karya, atau pun suasana, yang dapat menghadirkan rasa indah dan menciptakan peradaban manusia yang lebih maju.

Menurut Sartono Kartodirdjo, seni budaya merupakan sistem yang koheren, yang dapat digunakan untuk menjalankan komunikasi efektif melalu satu bagian seni yang dapat menunjukkan keseluruhan maksudnya.

Menurut Ida Bagus Putu Perwita, pengertian seni budaya adalah penunjang sarana pelaksanaan aktivitas dan upacara adat.

ciri-ciri budaya adalah sebagai berikut.

* Merupakan budaya sendiri yang berada di daerah tersebut dan dipelajari
* Dapat disampaikan kepada setiap orang dan setiap kelompok serta diwariskan dari setiap generasi
* Bersifat dinamis, artinya suatu sistem yang berubah sepanjang waktu
* Bersifat selektif, artinya mencerminkan pola perilaku pengalaman manusia secara terbatas
* Memiliki unsur budaya yang saling berkaitan
* Etnosentrik artinya menggangap budaya sendiri sebagai budaya yang terbaik atau menganggap budaya yang lain sebagai budaya standar.

Yang kesatu ialah seni kebiasaan dari ujung barat Indonesia, Aceh. Kebudayaan Nanggro Aceh ini barangkali tidak tidak sedikit diketahui anak muda masa kini. Rapai Daboh adalahsalah satu seni kebiasaan ketangkasan atau kekebalan.

Di samping dikenal dengan nama Rapai daboh, permainan ini pun mempunyai sebutan lain, yakni debus. Yang diperlihatkan dari permainan ini ialah atraksi ketangkasan dan kekebalan yang dipadupadankan dengan buaian musik rapai. Abdul Rani Usman, dkk melafalkan dalam bukunya Budaya Aceh bahwa kata Rapai adalahsebuat tarikat yang memakai alat musik pukul dalam media penyampaian doktrin islam.

Bergeser tidak banyak dari Aceh, ada sebuah kebiasaan yang berasal dari minangkabau mempunyai nama Makan Bajamba. Istilah beda dari santap barapak ini adalahtradisi santap masyarakat Minangkabau.

Kebudayaan Minangkabau atau tradisi ini dilaksanakan untuk merayakan hari-hari besar dalam doktrin islam ataupun dalam suatu pesta adat. Biasanya, santap bajamba ini dibuntuti oleh ribuan orang.

Posisi duduknya dipecah ke dalam sejumlah kelompok dan setiap kumpulan akan menemukan bagian makanannya masing-masing. Sebelum proses makan bareng ini dibuka akan ada pendahuluan oleh sekian banyak macam seni peragaan Minang lainnya. Seni kebiasaan ini diduga ada semenjak agama islam masuk ke minangkabau yakni sekitar abad ke-7.

Pakaian Adat Sumatera Selatan

Kebudayaan yang sedang di sumatera sangat tidak sedikit jenisnya. Mulai dari lokasi tinggal adat sampai seni peragaan seperti wayang palembang. Setiap wilayah memiliki ciri khas kebudayaan setiap dan di antara yang menggambarkan karakter semuatera selatan ialah pakaian adatnya. Terdapat dua jenis pakaian adat yaitu Aesan Gede dan Aesan Pasangko.

Aesan Gede adalah pakaian adat yang memiliki emblem kebasaran. Lambang dari kemuliaan kerajaan sriwijaya. Makna dari pakaian ini ialah bahwa sumatera pantas dijuluki pulau emas.

Aesan Pasangko pun adalah pakaian adat. Meski masih dalam nuansa emas dan keemasan, namun aesan pasangko malah melambangkan keanggunan.

Beranjak dari pulau sumatera, anda bergeser ke pulau jawa dan mampir di Ibukota Indonesia. Betawi adalahketurunan atau dapat dibilang suku yang berasal dari campuran tidak sedikit suku bangsa. Dulu, belanda tidak sedikit sekali mendatangkan sekian banyak suku bangsa ke Batavia sampai-sampai hadirlah keturunan betawi. Tidak melulu identik dengan kemacetan dan banjir, namun Jakarta pun menyimpan tidak sedikit sekali kebiasaan dan kesenian. Salah satunya ialah tari topeng betawi yang berasal dari keyakinan masyarakat betawi jaman dulu dimana topeng mempunyai keuatan gaib penolak bala. Selain tersebut juga topeng di percaya bisa menghilangkan kesedihan. Merupakan salah satu misal seni tari tradisional yang sampai hari ini masih tetap dipertunjukkan untuk meramaikan peringatan atau pesta-pesta yang mempunyai sifat penting laksana pernikahan ataupun khitanan.

Debus bukanlah satu-satunya kesenian khas banten. Terdapat tidak sedikit sekali kesenian dan kebiasaan lain menilik banten adalahsalah satu provinsi yang masih kuat menjaga tradisi dan keyakinan daerahnya. Kebudayaan suku baduy yang identik pun bukan satu-satunya seni kebiasaan di provinsi banten, disamping tersebut ada seni kebiasaan lain yang disebut Rudat. Rudat sendiri adalahkesenian tradisional hasil pepraduan antara bagian tari, shalawat dan olah kanuragan. Nama rudat dipungut dari di antara nama perangkat kesenian ini. Bentuknya budar dan teknik memainkannya ialah dengan teknik dipukul.

Dari namanya anda sudah dapat menebak bahwa kesenian ini berasal dari Kabupaten Garut yang identik dengan kambing dan dodol. Kesenian khas wilayah ini berupa atraksi seni yang mamadupadankan musik dari kendang dengan pencak silat. Khas kebudayaan suku sunda. Disamping dua orang yang mengerjakan ibing pencak silat ada sejumlah orang beda yang membawa dua bikin patung kambing yang tercipta dari kayu. Patung kambing tersebut bisa ditunggangi baik oleh orang dewasa ataupun anak-anak.

Salah satu kesenian kebiasaan dari kabupaten ciamis ini mempunyai hubungan dan sejarah dengan wilayah Sukamantri. Maka dari tersebut ia dijuluki Bebegig Sumantri. Di wilayah utara Desa Sukamantri, Tawang Mangu, ada penguasa mempunyai nama Prabu Sampulur yang konon sakti. Dalam rangka mengawal tempat tersebut, Prabu Sampulur menciptakan sebuah topeng besar layaknya wajah raksasa untuk mengancam orang supaya tidak merusak lokasi tersebut. Topeng tersebut disebut bebegig.

Selanjutnya masih di wilayah Jawa Barat, yakni Cirebon. Kota Cirebon memiliki tidak sedikit budaya khas dan salah satunya ialah sintren. Jenis seni tari ini mempunyai unsur magis di samping memiiki unsur-unsur seni tari. Pertunjukan tari ini seringkali menampilkan sejumlah penari. Salah satu penari bakal diikat lehernya hingga dengan kaki setelah tersebut dimasukkan ke dalam suatu kurungan yang diblokir dengan kain. Kekuatan magis yang disinggung mampu menciptakan penari itu lepas dari ikatan. Sedikit serupa atraksi sulap tetapi tidak lepas dari unsur-unsur seni tari pada umumnya.

* Pakaian Adat Keraton Yogyakarta

Termasuk kedalam di antara jajaran kebudayaan suku jawa namun yang khas ialah keraton Yogyakarta dengan semua abdi dalem dan pejabatnya. Mereka mempunyai pakaian khas setiap dan mempunyai makna serta faedah yang berbeda. Seluruh pegawai atau karyawan keraton mempunyai pakaian atau seragam yang terdiri dari dua macam, yaitu Sikep Alit dan Langenarjan. Sikep Alit adalahkain batik sawitan dan baju hitam yang tercipta dari bahan laken. Kancingnya tercipta dari kuningan yang dibubuhi emas dan terdiri dari 7 – 9 buah.

Berbeda dengan Langeran yang adalahspeerangkat pakaian batik dan bukakan yang berbahan laken hitam dan kemeha putih model kerah berdiri. Kerisnya adalahkeris model ladrangan dan digunakan di pinggang sebelah kanan. Dilengkapi dengan dasi kupu-kupu dan sepatu selop warna hitam. Nah, jadi tidak boleh hanya beranggapan bahwa kebudayaan jawa melulu wayang kulit saja, ya. Apresiasi kebudayaan lain walau sejarah wayang kulit sangat unik perhatian.

Jawa unsur timur mempunyai sejumlah kesenian yang khas salah satunya ialah festival Bandeng yang kerap diadakan setiap tahunnya. Bertajuk pesta rakyat bandeng dengan mengangkat pendidikan karakter sebagai salah satu teknik untuk mengenalka kabupaten sidoarjo. Digadang sebagai di antara ikon kota sidoarjo. Yang sangat menarik ialah adanya beragam wahana bermain dan pendidikan untuk anak-anak dan orang dewasa. Salah satu yang sangat unik ialah Griya pendidikan bandeng. Festival ini menciptakan semua orang yang datang bisa mendapatkan guna belajar seni sekaligus menedukasi karakter.

Seni kebiasaan juga bisa berupa senjata tradisional. Setiap wilayah pastinya mempunyai senjata wilayah masing-masing tergolong Maluku. Senjata ini mempunyai panjang 90 hingga dengan 100cm dan perisainya dihiasi oleh motif yang memili makna keberanian. Salawuku adalahbahasa lain guna perisai ini. Dibuat dari bahan besi sementara tangkainya tercipta dari kayu. Begitupun perisainya yang tercipta dari kayu.