Blog

Pengertian Agama Islam Secara Umum

Pengertian Agama Islam Secara Umum, Istilah Dan Menurut Para Ahli- agama apakah yang anda peluk? islam, kristen, hindu, budha atau katholik atau konghucu, kalau saya sendiri adalah islam atau muslim. meskipun kita berbeda agama yang penting kita jangan saling membeda-bedakan karena kita satu negara yaitu negara republik indonesia. karena saya muslim maka saya akan membahas satu agama saja yaitu mengenai pengertian agama islam menurut para ahli atau ulama dan istilah.

Agama islam berasal dari dua kata yaitu agama dan islam, kata agama berasal dari bahasa sangsekerta yang memiliki arti “tradisi”, sedangkan islam berasal dari bahasa arab yaitu al-islam yang artinya “berserah diri kepada tuhan” yaitu allah swt. memiliki seperempat milliar lebih penganut, menjadikan agama islam di akui seluruh dunia sebagai agama terbesar setelah kristen.
Pengertian Agama Islam Secara Umum

Agama merupakan peraturan, ajaran, pedoman atau sistem yang mengatur keimanan, keyakinan dan kepercayaan manusia. sedankan islam merupakan agama samawi yang di turunkan oleh allan swt kepada nabi muhammad saw yang merupakan seorang rasul utusan allah dan allah menjadikan islam sebagai agama yang rahmata lil alamin (rahmat bagi seluruh alam). Sebagai mana telah di tuliskan dalam qur’an surat al-anbiya ayat ayat 107 allah berfirman yang artinya “Kami tidak mengutus engkau wahai Muhammad, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam semesta”.

Islam adalah agama yang di ridhoi oleh allah swt yang paling benar dan paling sempurna serta sebuah agama yang membawa rahmat bagi seluruh semesta alam. agama islam merupakan wahyu dari allah yang di turunkan kepada nabi muhammad saw sebagai nabi terakhir yang di pilih allah. di dalamnya terdapat berbagai aturan dan hukum yang dapat di jadikan petunjuk dan tuntunan hidup bagi seluruh umat islam agar selamat dan bahagia dunia dan akhirat. allah swt berfirman yang artinya, “Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam” (QS. Ali-Imran: 19)

Pengertian Agama Islam Menurut Bahasa
Islam berasal dari kata “sallama” yang artinya selamat, dan bentuk mashdar dari kata “aslama” yang artinya patuh, taat atau berserah diri.

Pengertian Agama Islam Menurut Istilah
Islam berarti patuh atau tunduk pada ajaran atau perintah allah swt seperti yang telah di ajarkan oleh nabi muhammad saw sebagai rasul utusa-Nya.

Pengertian atau Definisi Islam Menurut Ulama
Syaikh Muhammad bin’ Abdul Wahab rahimahullah
Islam adalah berserah diri kepada Allah dengan mentauhidkan-Nya, tunduk dan patuh kepada-nya dengan ketaatan, dan berlepas diri dari perbuatan syirik dan para pelakunya

Muhammad bin Ibrahim bin Abdullah at-tawaijiri
Islam adalah penyerahan diri sepenuhnya kepada Allah dengan mengesakann-Nya dan melaksanakan syariat-Nya denga penuh ketaatan atau melepaskan dari kesyirikan.

Umar bin Khatab
Islam adalah agama yang diturunkan Allah kepada Muhammad saw. Agama ini meliputi Akidah, Syariah, dan Akhlak.

Nabi Muhamad Saw
Saat itu beliau menjawab pertanyaan Umar r.a, tentang apa itu Islam? nabi muhammad menjawab Islam itu adalah “bahwa engkau mengakui tidak ada Tuhan selain Allah dan bahawasanya muhamad itu utusan Allah, dan engkau mendirikan sholat, dan mengeluarkan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan, dan engkau mengerjakan ibadah haji di Baitullah jika engkau sanggup melakukannya”.

Semoga informasi mengenai pengertian agama islam menurut berbagai sumber di atas dapat bermanfaat untuk anda semua. dan perlu anda ketahui bahwa agama islam adalah agama yang benar-benar mengajarkan segala bentuk sesuatu dengan sangat baik dan sempurna, karena islam bersumber pada al-qur’an dan hadist.