Blog

Pengertian Administrasi Lengkap Secara Umum Para Ahli

Setiap aspek dalam kehidupan pasti tidak lepas dari politik atau administrasi. Keduanya berjalan beriringan untuk memperlancar dan memudahkan segala aktivitas.

Bayangkan saja jika di dunia ini tidak ada pencatatan secara resmi dan penataan arsip yang bagus, pasti akan kesulitan untuk mencari data yang dibutuhkan.

Lalu sebenarnya apa sih pengertian administrasi secara lengkap? Silahkan simak pembahasannya di Cryptowi berikut ini.

Pengertian Administrasi Secara Umum

Anda pasti berpikir bahwasanya administrasi hanya terbatas pada pencatatan saja, tapi ternyata lebih dari itu.

Jika ditinjau dalam arti sempitnya, administrasi merupakan kegiatan surat menyurat, catat mencatat, kegiatan ketatausahaan, agenda dan pembukuan ringan.

Namun jika diartikan secara luas, administrasi adalah seluruh proses kerjasama yang dilakukan dua orang atau lebih.

Tujuannya untuk mencapai kemanfaatan baik sarana ataupun prasarana, berdaya guna dan berhasil.

Administrasi juga merupakan kegiatan atau usaha yang berhubungan dalam pembuatan atau penyelenggaran sebuah kebijakan.

Ada 3 hal penting yang perlu digaris bawahi yaitu administrasi dipandang sebagai sebuah seni atau proses yang bersifat situasional.

Kemudian administrasi juga mengandung unsur-unsur tertentu yang sifatnya formal dan hierarkis dan terakhir muncul bersamaan dengan budaya atau peradaban manusia yang baru.

Para ahli juga turut memberikan sumbangan pikiran dan batasan yang jelas bagaimana sesuatu itu bisa disebut dengan administrasi.

1. Sondang P. Siagian

Sondang P. Siagian memberikan definisi administrasi pada tahun 1973 yaitu keseluruhan proses yang mencakup kerjasama antara dua pihak atau lebih. Pengambilan keputusannya berdasarkan rasional agar tujuan yang ditetapkan bisa tercapai.

2. William Leffingwell dan Edwin Robinson

Mereka berdua memberikan pengertian bahwa administrasi merupakan cabang dari ilmu manajemen, yang mana segala hal yang diatur didalamnya berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan kantor. Sifatnya harus efisien, bisa dilakukan kapan dan dimana saja.

3. Ulbert

Ulbert memberikan sumbangan definisi administrasi dalam arti sempit yaitu persiapan pencatatan data atau informasi secara lebih sistematis, baik internal maupun eksternal. Tujuannya agar informasi yang dibutuhkan bisa lebih mudah didapatkan atau dipulihkan.

Pengertian Administrasi Perkantoran

Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan administrasi perkantoran?

Singkatnya, pengertiannya adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan secara rutin, baik dalam sebuah organisasi, lembaga, instansi atau perusahaan yang berkaitan dengan pengolahan data atau informasi agar tujuan organisasi tersebut bisa tercapai secara sistematis.

Menurut George Terry pengertian administrasi perkantoran adalah sebuah pengorganisasian, pengendalian atau perencanaan sesuatu hal yang berkaitan dengan pekerjaan yang ada di kantor.

Fungsinya menggerakkan sumber daya (manusia) agar tujuan lembaga atau instansi bisa tercapai.

Sedangkan menurut Edwin Robinson, administrasi perkantoran merupakan turunan dari ilmu manajemen karena berkaitan dengan bagaimana sebuah kantor bisa mengoperasionalkan kegiatannya secara lebih tepat dan sistematis.

Pengertian Administrasi Kepegawaian

Bisa dibilang jika administrasi kepegawaian merupakan bagian dari administrasi perkantoran yang mana dikaitkan dengan seluruh aktivitas atau kegiatan yang mencakup masalah penggunaan pegawai (tenaga kerja) atau kerjasama agar tujuan tertentu bisa tercapai.

Para ahli juga turut menyumbangkan pikirannya tentang administrasi kepegawaian.

Pertama adalah Edwin B. Flippo, ia menjelaskan bahwa manajemen personalia atau administrasi kepegawaian merupakan cara pengorganisasian, pengarahan, perencanaan, pengembangaan, pengintegrasian, pemeliharaan dan pemberhentian karyawan.

Tujuannya agar keinginan individu ataupun perusahaan, karyawan dan masyarakat.

Kedua yaitu Dole Toder yang menganggap bahwa administrasi kepegawaian merupakan sebuah kegiatan pengarahan karyawan, penyediaan kepemimpinan dalam sebuah hubungan kerja.

Terakhir yakni Andrew F. Sikula yang memberikan definisi bahwa administrasi kepegawaian merupakan kegiatan penempatan orang tertentu dalam sebuah perusahaan atau pekerjaan.

Pengertian Administrasi Keuangan

Kalimat administrasi keuangan pastinya sudah sangat familiar di telinga masyarakat.

Definisinya adalah kegiatan pengelolaan segala hal yang berkaitan dengan keuangan untuk tercapainya tujuan masyarakat atau organisasi tertentu. Adanya administrasi keuangan membentuk lingkungan kerja yang nyaman dan produktif.

Selain itu, keuangan juga lebih tertata serta mudah diawasi.

Ada dua lingkup pengertian administrasi keuangan. Pertama secara luas yang mencakup proses pengaturan maupun penetapan kebijakan tentang pemanfaatan keuangan dan pengadaan.

Tujuannya agar visi dan misi perusahaan bisa terwujud secara efisien dan efektif.

Kedua dalam arti sempit yaitu seluruh kegiatan yang berkaitan dengan proses penyimpanan, pengeluaran dan penerimaan yang berdasarkan aktivitas pembukuan.

Manfaat dari administrasi keuangan sendiri adalah terciptanya pemasukan dan pengeluaran yang teratur, meminimalisir kekeliruan dalam pembuatan laporan dan memudahkan perusahaan untuk mengendalikannya.

Contoh Administrasi

Segala sesuatu tidak akan bisa dipahami tanpa adanya contoh yang realistis.

Oleh karena itu, Anda wajib tahu apa saja sih bentuk-bentuk administrasi baik dalam negara, keuangan, pendidikan, perkantoran hingga kependudukan.

Simak beberapa poin di bawah ini:

1. Administrasi Perkantoran

✓ Membuat catatan terkait arus keluar barang produksi

✓ Laporan barang dan keuangan

✓ Mengklasifikasan stok barang dan perhitungan secara lebih rinci

✓ Mengurus absensi kepegawaian dll

2. Administrasi Negara

✓ Mengatur reshuffle kabinet yang sudah ditentukan oleh Presiden

✓ Mengatur regulasi tentang pemilihan umum

✓ Mengatur pembentukan dan penghapusan lembaga pemerintahan dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Administrasi Keuangan

✓ Menghitung kas masuk dan keluar

✓ Membuat pembukuan dan laporan keuangan

✓ Mengeluarkan faktur

✓ Mencatat aliran dana berdasarkan periode dan aturan yang berlaku dalam sebuah perusahaan

4. Administrasi Kependudukan

✓ Pembuatan dokumen kependudukan seperti surat kematian, KTP, KK

✓ Pengelolaan data dan informasi kependudukan.

5. Administrasi Pendidikan

✓ Mengurus surat menyurat

✓ Mengatur kegiatan sekolah

✓ Membuat jadwal harian, bulanan dan tahunan

Simak juga: √ Pengertian Akomodasi [Lengkap] Dan Contoh Pariwisatanya

Beberapa pengertian administrasi di atas apakah Anda sudah bisa membayangkan bagaimana prospek kerja kedepannya? Mengingat saat ini perkembangan teknologi informasi semakin canggih sehingga membutuhkan operator untuk menjalankannya.