Blog

Niat Sholat Taubat Tata Cara Lengkap Dengan Doa Setelahnya

baca-berita.com – Anjuran untuk menjalankan sholat taubat tertera dalam Alquran surat At-Tahrim ayat 8 yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.”

Tak hanya dalam Alquran, anjuran untuk mendirikan sholat taubat juga tercermin dalam Hadis Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, Ahmad, dan Tirmidzi. Adapun bunyi hadis tersebut yaitu:

“Apabila ada orang yang melakukan suatu perbuatan dosa, kemudian dia berwudhu dengan sempurna, lalu dia mendirikan shalat dua rakaat, dan selanjutnya dia beristigfar memohon ampun kepada Allah, maka Allah pasti mengampuninya.”

Sama halnya dengan sholat fardu maupun sholat sunnah lainnya, kita wajib melafazkan niat. Adapun niat sholat taubat yaitu:

“Ushalli sunnatat taubati rokaataini lillahi taala”

Artinya: “Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.”

Tata Cara Sholat Taubat

Agar sholat taubat Anda makin khusyuk maka pahami tata caranya. Sholat sunnah ini dillakukan sebanyak dua rakaat dengan sekali salam.

Anda dianjurkan melakukan sholat ini secara sendirian dan tidak berjamaah karena sholat taubat merupakan salat nafilah yang tidak disyariatkan untuk dikerjakan secara bersama-sama.

Berikut adalah tata cara sholat taubat yang benar yang perlu diketahui.

Mengucapkan niat sholat taubat (Niat boleh diucapkan di dalam hati ataupun dilisankan)

Melafazkan takbiratul ihram

Membaca doa Iftitah (sunnah)

Lalu membaca surat Al Fatihah

Membaca surat-surat pendek dalam Alquran yang Anda hafal dengan baik

Rukuk sembari membaca doa rukuk

I’tidal

Sujud

Duduk di antara dua sujud

Sujud kedua

Lalu bangkit mengucap takbir untuk melanjutkan sholat rakaat kedua

Urutan yang sama juga berlaku pada rakaat kedua dan dilanjutkan dengan tasyahud akhir lalu diakhiri dengan salam.

Waktu Terbaik Sholat Taubat

Disebutkan bahwa tak ada waktu khusus untuk mengerjakan sholat taubat. Anda dapat melakukannya kapan saja ketika merasa membutuhkan pengampunan dari Allah SWT atas doaa-dosa yang telah diperbuat.

Namun, sebagian ulama berpendapat bahwa waktu pelaksanaan sholat taubat yang utama adalah pada 2/3 malam.

Meski tak ada anjuran khusu mengenai waktu pelaksanaan sholat, Anda dianjurkan tidak melaksanakan sholat ini pada waktu yang diharamkan untuk sholat.

Doa Setelah Sholat Taubat

Demi kesempurnaan sholat taubat yang Anda kerjakan, Anda dianjurkan untuk membaca istigfar 100 kali sembari meresapi maknanya dalam hati.

Adapun bacaan istighfar yang diucapkan usai sholat taubat yaitu:

“Astaghfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaihi”

Artinya: “Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”

Berikutnya, rangkaian sholat taubat akan diakhiri dengan memanjatkan doa sholat taubat yang diajarkan oleh Rasullah SAW. Berikut bacaan doa sholat taubat:

“Allahumma anta robbii laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. a’udzu bika min syarri maa shona’tu, abuu-u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu-u bi dzanbii, faghfirlii fainnahuua laa yaghfirudz dzunuuba illa anta”

Artinya: “Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hambamu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku padamu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.

Demikian ulasan perihal niat sholat taubat lengkap dengan tata cara sholat taubat, waktu terbaik sholat taubat, dan doa penutup sholat sunnah taubat. Semoga bermanfaat.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs -berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs -berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Baca-Berita.com di Google News