Blog

Mengenal Pengertian Tujuan Dan Jenisjenis Media Menurut Para Ahli

Ada banyak pengertian media menurut para ahli. Pengertian-pengertian ini, tentunya muncul karena banyak ahli yang berusaha untuk membantu kamu dalam mengenal media secara umum.

Terlebih peran media yang sangat penting dalam kehidupan dan aktivitas sehari-hari manusia. Khususnya dalam bidang pembelajaran.

Tak hanya pengertian media, para ahli juga menjelaskan tentang tujuan dan jenis-jenis media secara umum. Penjelasan ini ditujukan untuk membuat kamu lebih mengenal tentang media itu sendiri.

Lalu apa saja pengertian, tujuan dan jenis-jenis media? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak beberapa penjelasan berikut ini.

Pengertian Media Menurut Para Ahli
Seperti halnya yang telah dibahas sebelumnya ada banyak pengertian media yang dipaparkan oleh para ahli.

Terkadang karena banyaknya pengertian tersebut dapat membuat kamu lebih mudah mengerti tentang media. Oleh karenanya, berikut akan dijelaskan tentang beberapa pengertian media menurut para ahli.

Media adalah segala sesuatu yang bisa ditangkap oleh indera manusia. Media ini berfungsi sebagai perantara, sarana atau alat untuk proses pembelajaran.

Media dapat diartikan sebagai segala jenis bentuk saluran yang digunakan dalam proses penyaluran serta penyampaian pesan.

Media merupakan saluran komunikasi yang digunakan untuk penyampaian pesan dari sumber media ( pemberi pesan ) kepada penerima pesan.

Media adalah sarana dan alat penyampaian pesan antara komunikator dan khalayak. Dalam media, hal yang paling mendominasi adalah panca indera manusia. Khususnya panca indera penglihatan, indera peraba dan indera pendengaran.

Media merupakan segala jenis alat bantu apa saja yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim pesan agar dapat sampai kepada tujuan dari pesan tersebut.

1. Nasional Education Association ( NEA )

Media dapat diartikan sebagai salah satu jenis sarana komunikasi yang ditemui dalam bentuk cetak, audio maupun audio visual. Termasuk berbagai jenis perangkat keras pendukungnya.

Sebenarnya selain pengertian-pengertian di atas masih banyak pengertian media menurut ahli lainnya. Namun dari pengertian-pengertian tersebut, tentu dapat ditarik kesimpulan bahwa media merupakan sebuah alat yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana penyajian informasi dan komunikasi.

Baca juga: Pengertian Globalisasi menurut para ahli.

Tujuan Media Secara Umum
Secara umum media memiliki beberapa tujuan yang pastinya sangat membantu dalam kehidupan manusia. Beberapa tujuan media tersebut, terdiri dari :

1. Alat komunikasi.
2. Sarana perantara dan penghubung pesan.
3. Mempermudah penyampaian informasi dan komunikasi.
4. Mempermudah proses pembelajaran, serta
5. Berbagai kemudahan lainnya.

Jenis-jenis Media Secara Umum
Ada banyak jenis media yang dikenal dan digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Namun, secara umum media tersebut dikategorikan ke dalam 4 jenis media yang meliputi :

Media visual merupakan jenis media yang paling sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Sehingga media ini juga termasuk dalam kategori jenis media yang paling mudah ditemukan. Sebab media visual merupakan media yang memiliki bentuk fisik secara nyata. Sehingga dapat diakses dengan mudah menggunakan indera penglihatan atau indera peraba. Beberapa contoh dari media visual, yaitu koran, majalah, gambar dan alat peraga.

Media audio adalah media yang menyampaikan pesan maupun informasi dalam bentuk audio ( suara ). Sehingga media ini dapat diakses melalui indera pendengaran manusia. Beberapa contoh media audio terdiri rekaman suara dalam kaset, siaran radio dan musik lagu.

Sema seperti namanya media audio visual merupakan jenis media yang terdiri dari media audio dan media visual. Artinya media ini dapat diakses melalui indera penglihatan, indera pendengaran serta indera peraba. Beberapa contoh dari media audio visual, meliputi siaran TV, pertunjukan drama, teater dan film.

Multimedia sebenarnya hampir tak ada bedanya dengan media audio visual. Namun multimedia cenderung memiliki format yang lebih lengkap. Dalam multimedia terdapat penyatuan gambar, grafik, teks, suara, video serta animasi. Contoh dari multimedia, yaitu internet.

Baca juga: Pengertian Industri menurut para ahli.

Itulah beberapa pengertian, tujuan dan jenis-jenis media. Semoga informasi ini dapat membantu. Khususnya bagi kamu yang ingin mengenal lebih dalam tentang pengertian media menurut para ahli, tujuan serta jenis-jenisnya.