Blog

Mengenal Pengertian Pariwisata Menurut Para Ahli Berikut Penjelasannya

Merdeka.com – Perkembangan pariwisata di Indonesia sekarang ini semakin pesat. Perkembangan sektor pariwisata begitu menjanjikan dan memberikan manfaat kepada banyak pihak mulai dari pemerintah, masyarakat, maupun swasta. Hal ini dikarenakan pariwisata merupakan sektor yang dianggap menguntungkan untuk terus dikembangkan.

Meski hampir semua orang menyukai pergi berwisata, tapi masih banyak dari mereka yang sebenarnya tidak benar-benar memahami pengertian dari pariwisata itu sendiri. Maka dari itu sebagai pengetahuan umum yang amat dasar, berikut ini informasi lengkap mengenai pengertian pariwisata menurut para ahli, lengkap dengan penjelasannya telah dirangkum merdeka.com melalui eprints.ums.ac.id pada Rabu, (27/10/2021).

1. A.J Burkat dalam Damanik (2006)
Pariwisata adalah perpindahan orang untuk sementara dan dalam jangka waktu pendek ke tujuan-tujuan di luar tempat di mana mereka biasa hidup dan bekerja dan juga kegiatan-kegiatan mereka selama tinggal di suatu tempat tujuan.

2. Pitana dan Gyatri (2005)
Pariwisata adalah kegiatan perpindahan orang untuk sementara waktu ke destinasi di luar tempat tinggal dan tempat bekerjanya dan melaksanakan kegiatan selama di destinasi dan juga penyiapan-penyiapan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan mereka.

3. Youti (1991)
Pariwisata berasal dari dua kata yaitu Pari dan Wisata. Pari dapat diartikan sebagai banyak, berkali-kali,berputar-putar atau lengkap. Sedangkan Wisata dapat diartikan sebagai perjalanan atau bepergian yang dalam hal ini sinonim dengan kata “travel” dalam bahasa Inggris.

Atas dasar itu maka kata “pariwisata” dapat juga diartikan sebagai perjalanan yang dilakukan berkali-kali atau berputar-putar dari suatu tempat ke tempat yang lain yang dalam bahasa Inggris disebut juga dengan istilah “Tour”.

Tujuan dan Manfaat Kepariwisataan

Kepariwisataan merupakan sebuah kegiatan usaha dalam melayani kebutuhan atau memenuhi keinginan seorang wisatawan yang akan memulai atau sedang dalam melakukan sebuah perjalanan wisata. Selain pengertian dari kepariwisataan, masih ada tujuan serta manfaatnya sesuai dengan instruksi presiden nomor 9 tahun 1969 yaitu sebagai berikut:

* Meningkatkan pendapatan devisa pada khususnya dan pendapatan negara serta masyarakat pada umumnya.
* Memperluas kesempatan serta lapangan kerja dan mendorong kegiatan-kegiatan industri penunjang dan industri sampingan lainnya.
* Memperkenalkan keindahan alam dan kebudayaan Indonesia.
* Meningkatkan persaudaraan atau persahabatan nasional dan internasional.

(mdk/nof)