Blog

Mempelajari Pengertian Data Menurut Para Ahli Fungsi Dan Jenisnya

Jika anda penasaran tentang pengertian data menurut para ahli, anda bisa langsung simak pengertian di bawah ini.

Data digunakan sebagai elemen awal yang dijadikan sebagai bahan dasar pertimbangan suatu kebijakan ataupun keputusan.

Singkatnya, data merupakan kumpulan fakta yang bisa memberikan gambaran luas tentang suatu keadaan ataupun situasi.

Tentu saja data dikumpulkan dengan ragam cara tertentu kemudian diolah sehingga bisa mendapatkan suatu informasi jelas, konkret dan mudah dipahami.

Data juga sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang, seperti di bidang kependudukan, ekonomi, pergudangan, penjualan, penelitian dan masih banyak lainnya.

Semakin kompleks data yang dikumpulkan, maka akan semakin rumit pula pengelolaannya. Pengertian dari para ahli langsung saja simak informasi di bawah ini.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika data merupakan kumpulan dari fakta yang bisa berupa simbol, tulisan ataupun angka yang didapatkan dari proses pengamatan suatu objek.

Data yang baik harus bisa dipercaya kebenarannya ataupun bersifat reliable, tepat waktu, akurat dan mencakup ruang lingkup luas.

Data yang didapat biasanya masih bersifat mentah sehingga peneliti yang melihat atau membacanya belum bisa mendapatkan informasi utuh yang diinginkan, harus diolah terlebih dahulu.

Nah, adanya pengolahan data membantu untuk menghasilkan sebuah fakta atau informasi yang lebih mudah dipahami oleh pembacanya.

* Menurut KBBI data merupakan keterangan ataupun bahan nyata yang bisa dijadikan sebagai dasar kajian untuk menarik analisis ataupun membuat kesimpulan.
* Menurut Slamet Riyadi, data adalah sekumpulan informasi yang didapatkan dari proses pengamatan dimana data juga bisa berupa angka maupun lambang.
* Menurut Kuswadi dan E. Mutiara, data adalah kumpulan informasi yang didapatkan dari suatu pengamatan dapat berupa lambang, angka ataupun sifat.
* Menurut Lia Kuswayatno, data merupakan kumpulan kejadian ataupun peristiwa yang terjadi di dunia nyata bisa berungka huruf, angka, simbol khusus atau gabungan.
* Menurut Arikunto, data bisa didefinisikan sebagai semua fakta dan angka yang bisa digunakan sebagai bahan dalam menyusun suatu informasi.

Beberapa fungsi data
Seperti yang kita tahu jika data mempunyai ragam fungsi dan manfaat, beberapa diantaranya sebagai berikut:

1.Sebagai dasar dalam membuat kesimpulan atau keputusan
Seperti yang sudah dijelaskan diatas jika data bisa digunakan dalam mengambil keputusan terbaik terkait dengan permasalahan yang ada.

Dengan adanya data keputusan maka akan menjadi lebih mudah dibuat dan tentu saja lebih bisa dipertanggungjawabkan di kemudian hari.

Baca juga: Pengertian Anggaran Menurut Para Ahli.

2.Data digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan suatu kegiatan
Dengan adanya data bisa juga dijadikan sebagai acuan atau tolak ukur dalam melakukan suatu kegiatan tertentu.

3.Data digunakan sebagai dasar perencanaan yang baik
Membuat suatu perencanaan sangat penting menggunakan parameter yang akurat. Data disini juga digunakan sebagai parameter dan acuan dalam membuat suatu perencanaan yang baik.

Adanya data juga bisa digunakan untuk memperkirakan keadaan yang mungkin terjadi di masa depan, sehingga perencanaan yang terarah dengan baik akan mempengaruhi keberhasilan yang lebih baik.

4.Data bisa digunakan sebagai bahan evaluasi
Di dalam suatu lembaga maupun organisasi, sudah pasti membutuhkan adanya evaluasi dalam meningkatkan mutu kinerjanya. Data mempunyai peranan penting yang digunakan sebagai bahan utama dalam melakukan evaluasi pada suatu kinerja atau aktivitas suatu organisasi.

Jenis Data
Jenis data dari cara mendapatkannya

* Data primer, data yang didapatkan dan dikumpulkan langsung dari objek yang diteliti, biasanya didapatkan dari data kuesioner terhadap responden, data hasil survey dan masih banyak lainnya.
* Data sekunder, data yang didapatkan dari pihak ataupun sumber lain yang sudah ada. Jadi peneliti tidak perlu mengumpulkan data langsung dari objek. Biasanya data satu ini didapatkan dari proses penelitian terlebih dahulu dan data bisa diterima dalam bentuk jadi seperti grafik, tabel, dan diagram.

baca juga: Pengertian Arsip Menurut Para Ahli.

Jenis data dari sifatnya

* Data kualitatif, data yang tidak berbentuk angka dan berupa deskriptif biasanya dinyatakan dalam bentuk gambar, verbal atau simbol. Didapatkan dari proses wawancara, kuesioner, dll.
* Data kuantitatif, data yang didapatkan dari proses survey untuk mendapatkan hasil angka