Blog

Manajemen Pengertiannya Dari Berbagai Ahli

Jakarta – Manajemen merupakan istilah yang sering kita dengar dalam berbagai aktivitas sehari-hari, terutama dalam suatu perusahaan atau badan usaha. Sebab banyak dikatakan bahwa salah satu kunci sukses organisasi adalah manajemen yang baik.

Lalu, seperti apa pengertian manajemen menurut para ahli?

Pengertian Manajemen
Istilah manajemen berasal dari kata kerja bahasa Inggris, “to manage”, yang artinya “control” atau mengontrol. Dalam bahasa Indonesia, dapat diartikan sebagai mengendalikan, mengelola, atau menangani.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Maka, kata manajemen dapat memiliki banyak arti. Pertama, sebagai pengelolaan, pengendalian, atau penanganan (managing), sedangkan yang kedua berarti sebagai perlakuan secara terampil untuk menangani sesuatu berupa skillful treatment.

Ketiga, gabungan dari dua pengertian tadi. Berarti manajemen berhubungan dengan pengelolaan perusahaan, rumah tangga, atau bentuk kerja sama dalam mencapai tujuan tertentu.

Mengutip buku Ekonomi SMA/MA Kelas XII dari Alam S, pengertian manajemen juga bisa ditinjau dari berbagai sudut pandang. Berikut beberapa pengertian manajemen dari sejumlah ahli dan sudut pandang mereka.

Pengertian Manajemen Ditinjau dari Segi Seni
Dari segi seni, definisi manajemen dijelaskan oleh Mary Parker Follett, seorang ahli teori sosial dan manajemen Amerika. Menurut Follett, manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.

Manajemen sebagai seni juga berarti kemampuan pengelolaan sesuatu yang merupakan seni menciptakan dan kreatif. Hal ini merupakan keterampilan seseorang, yang sangat penting untuk mencapai tujuan.

Pengertian Manajemen Ditinjau dari Segi Ilmu Pengetahuan
Pengertian manajemen dari segi ilmu disampaikan oleh ahli administrasi publik sekaligus ilmuwan politik Amerika, Luther Gulick.

Manajemen menurutnya adalah bidang pengetahuan yang berusaha secara sistematis memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kemanusiaan.

Manajemen juga memenuhi kriteria ilmu dan metode keilmuan yang menekankan pada konsep-konsep, teori, prinsip, dan teknik pengelolaan.

Pengertian Manajemen Ditinjau dari Segi Proses
James A.F. Stoner, profesor sistem manajemen di Gabelli School of Business Administration of Fordham University, mengatakan pengertian manajemen dari segi proses.

Menurut toner, manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan kegiatan anggota serta tujuan organisasi yang sudah ditentukan.

Jadi dari berbagai pengertian manajemen menurut ahli tadi, dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian anggota organisasi serta proses penggunaan sumber daya organisasi lainnya untuk mencapai tujuan organisasi.

Lalu apa fungsi dari manajemen?
Secara umum, manajemen memiliki empat fungsi yaitu Perencanaan (Planning), Pengelolaan (Organizing), Kepemimpinan (Leading), dan Pengendalian (Controlling).

Perencanaan, berarti mengidentifikasi berbagai tujuan untuk kinerja organisasi di masa depan serta menentukan tugas dan penggunaan sumber daya yang diperlukan untuk mencapainya.

Pengelolaan, dilakukan setelah perencanaan, sebagai tindak lanjut dan upaya perwujudan dari perencanaan. Pengelolaan mencakup menentukan tugas, mengelompokkan tugas, mendelegasikan otoritas, dan mengalokasikan sumber daya di seluruh organisasi.

Kepemimpinan, berarti menggunakan pengaruh untuk memotivasi karyawan guna mencapai tujuan organisasional. Kepemimpinan juga menciptakan nilai-nilai dan budaya bersama, mengkomunikasikan tujuan pada semua karyawan, dan memberi semangat agar kinerjanya semakin baik.

Pengendalian, adalah fungsi keempat dari manajemen. Pengendalian artinya memonitor aktivitas karyawan, melihat apakah organisasi sudah berjalan sesuai tujuan, dan membuat koreksi jika diperlukan.

Lihat juga Video: Bisnis Warung Bisa Untung Gede?

[Gambas:Video 20detik]

(fdl/fdl)