Blog

Manajemen Kepemimpinan Pengertian Dan Fungsi Menurut Para Ahli

Home » Lifestyle » Manajemen Kepemimpinan: Pengertian dan Fungsi Menurut Para Ahli

Dibaca Normal : 32 Menit

Secara sadar atau tidak, Manajemen Kepemimpinan tidak akan pernah lepas dari kehidupan setiap orang, bahkan dalam keluarga dan dalam pengaturan hidup masing-masing pribadi.

Mari simak pembahasan tentang manajemen kepemimpinan melalui artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

Manajemen Kepemimpinan berasal dari 2 kata, manajemen dan kepemimpinan. Dalam setiap lini, kedua kata ini memiliki makna yang mendalam dan pengaruh yang kuat.

Mari bahas lebih mendalam tentang manajemen kepemimpinan berikut ini.

[Baca Juga: Kenali Manajemen Yang Buruk Dalam Kepemimpinan Anda!]

Definisi Manajemen Menurut Para Ahli
Berikut ini beberapa definisi Manajemen menurut para ahli:

Encyclopedia of the Social Science
Definisi manajemen adalah proses yang dalam pelaksanaan tujuannya ,direncanakan, dilaksanakan serta diawasi.

Mary Parker Follet
Manajemen adalah suatu seni, setiap pekerjaan bisa diselesaikan dengan orang lain. Dengan kata lain, seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

George R. Terry
Manajemen adalah proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia serta sumber-sumber lain.

Manajemen adalah sebuah wadah di dalam ilmu pengetahuan, sehingga manajemen bisa dibuktikan secara umum kebenarannya.

James A. F. Stoner
Manajemen merupakan proses dalam membuat suatu perencanaan, pengorganisisasian, pengendalian serta memimpin berbagai usaha dari anggota entitas/organisasi dan juga mempergunakan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Ricky W. Griffin
Manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien.

Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

Henry Fayol
Manajemen adalah ilmu yang mengandung gagasan atau ide 5 fungsi utama yaitu merancang, memerintah, mengorganisasi, mengendalikan dan mengkoordinasi.

Eiji Ogawa
Manajemen adalah perencanaan, pengimplementasian, serta pengendalian dari setiap kegiatan yang dilakukan oleh setiap perusahaan atau organisasi dengan menetapkan setiap sasaran yang disempurnakan sesuai dengan kondisi (fleksibel).

John D. Millet
Ia berpendapat dalam bukunya yang berjudul Management in the Public Service, bahwa pengertian manajemen adalah proses dalam memberikan arahan pekerjaan kepada orang-orang dalam suatu organisasi guna mencapai tujuan.

Prajudi Atmosudirdjo
Manajemen merupakan menyelenggarakan sesuatu dengan menggerakkan orang-orang, uang, mesin-mesin dan alat-alat sesuai dengan kebutuhan.

Harold Koontz dan Cyrill O’ Donnel
Ia menjelaskan apa itu manajemen dalam bukunya The Principles of Management, yaitu suatu cara untuk mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan yang lain.

Manullang
Manajemen adalah seni dan ilmu pencatatan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, pengawasan terhadap sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Luther Gulick
Pengertian manajemen adalah suatu bidang ilmu pengetahuan yang berupaya secara sistematis bertujuan untuk memahami bagaimana serta mengapa manusia bekerja sama dalam menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Joseph Massie
Manajemen adalah proses dimana kelompok yang saling bekerjasama mengarahkan tindakannya ke arah tujuan bersama.

Theo Haimann dan William Scott
Pengertian manajemen adalah proses sosio-teknikal yang memanfaatkan sumber daya, pengaruh, tindakan manusia dan fasilitas perubahan untuk mencapai tujuan organisasi.

Karnadi Wargasasmita
Manajemen merupakan mengatur, mengurus, memimpin, dan mengawasi pekerjaan-pekerjaan ke arah tujuan usaha.

Definisi Kepemimpinan Menurut Para Ahli
Adapun definisi Kepemimpinan menurut Para Ahli, yaitu sebagai berikut:

George R. Terry (1972:458)
Kepemimpinan adalah sebuah aktivitas mempengaruhi orang-orang supaya diarahkan mencapai tujuan organisasi.

Stoner
Kepemimpinan adalah proses usaha untuk mempengaruhi kegiatan yang berhubungan dengan anggota kelompok.

Jacobs dan Jacques (1990:281)
Kepemimpinan adalah proses memberi arti terhadap usaha kolektif dan mengakibatkan kesediaan untuk melakukan usaha yang diinginkan untuk mencapai sasaran.

Hemhiel dan Coons (1957:7)
Perilaku dari seseorang individu yang memimpin aktivitas-aktivitas suatu kelompok ke suatu tujuan yang akan dicapai bersama (shared goal).

Ralph M. Stogdill
Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi kegiatan-kegiatan sekelompok orang yang terorganisasi dalam usaha mereka menetapkan dan mencapai tujuan.

Rauch dan Behling (1984:46)
Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi aktivitas-aktivitas sebuah kelompok yang diorganisasikan ke arah pencapaian tujuan.

Wexley dan Yuki (1977)
Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi orang lain untuk lebih berusaha mengarahkan tenaga, dalam tugasnya atau merubah tingkah laku mereka.

Wahjosumidjo (1987:11)
Kepemimpinan adalah suatu yang melekat pada diri seorang pemimpin yang berupa sifat-sifat tertentu seperti: kepribadian (personality), kemampuan (ability), dan kesanggupan (capability), kepemimpinan sebagai rangkaian kegiatan (activity) pemimpin yang tidak dapat dipisahkan dengan kedudukan (posisi) serta gaya atau perilaku pemimpin itu sendiri.

Kepemimpinan adalah proses antar hubungan atau interaksi antara pemimpin, pengikut dan situasi.

Sutarto (1998b:25)
Kepemimpinan adalah rangkaian kegiatan penataan berupa kemampuan mempengaruhi perilaku orang lain adalah situasi tertentu agar bersedia bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

S. P. Siagian
Kepemimpinan adalah kemampuan dan keterampilan seseorang untuk menduduki jabatan sebagai pimpinan dalam suatu pekerjaan untuk mempengaruhi perilaku orang lain, terutama bawahannya supaya berpikir dan bertindak sedemikian rupa sehingga melalui perilaku positif ini memberikan sumbangan nyata dalam pencapaian tujuan organisasi.

Moejiono (2002)
Kepemimpinan adalah sebagai akibat pengaruh satu arah, karena pemimpin mungkin memiliki kualitas-kualitas tertentu yang membedakan dirinya dengan pengikutnya.

Duben (1954)
Kepemimpinan sebagai keputusan dan kegiatan pemerintah pembuat.

Reed (1976)
Kepemimpinan merupakan cara agar dapat mempengaruhi perilaku seseorang yang mencoba untuk mengikuti kehendak pemimpin.

G. L. Feman dan E. K. Taylor (1950)
Kepemimpinan adalah kemampuan untuk menciptakan kegiatan kelompok mencapai tujuan organisasi dengan efektivitas dan kerjasama dari setiap individu maksimal.

James M. Black (1961)
Kepemimpinan adalah kemampuan yang mampu meyakinkan orang lain yang bersedia bekerja di bawah arahannya dalam kesatuan tim untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

H. Kootz “Principles
Kepemimpinan sebagai kegiatan untuk dapat membujuk orang agar bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

C. Schenk (“Leadership”: Infantry Journal. 1928)
Kepemimpinan adalah untuk mengetahui orang dengan cara persuasi dan inspirasi daripada melalui briefing, ataupun ancaman terselubung.

O’ Donnel
Kepemimpinan sebagai kegiatan agar membujuk orang untuk bekerja sama agar termencapai tujuan bersama.

Pengertian Manajemen Kepemimpinan
Menurut Rocketmanajemen.com, merangkum dari pengertian manajemen dan kepemimpinan, maka Manajemen kepemimpinan didefinisikan sebagai suatu seni untuk mengelola kemampuan seseorang dalam memimpin, mengarahkan dan mengajak orang lain menuju tujuan dengan cara yang efisien dan efektif.

Tentunya manajemen yang baik juga perlu diterapkan dalam mengelola keuangan, Anda dapat menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk mengelola keuangan Anda menjadi lebih matang. Anda dapat download Aplikasi Finansialku di Google Play Store atau dengan klik link dibawah ini.