Blog

Manajemen Administrasi Pengertian Tujuan Dan Fungsinya Dalam Perusahaan

Manajemen Administrasi: Pengertian, Tujuan dan Fungsinya dalam Perusahaan *

Pengertian manajemen administrasi secara umum adalah suatu bentuk usaha dan aktivitas yang erat kaitannya dengan pengaturan suatu kebijakan di dalam perusahaan agar tujuan perusahaan bisa terwujud secara baik.

Pengertian administrasi secara khusus adalah suatu bentuk kegiatan yang mencakup pencatatan, penyuratan, pembukuan sederhana, pengetikan pada komputer, serta aktivitas lain yang bersifat teknis dalam hal ketatausahaan.

George R. Terry menjelaskan bahwa manajemen administrasi adalah suatu kegiatan perencanaan, pengendalian, pengorganisasian pekerjaan dan juga pergerakannya dilakukan untuk meraih tujuan yang sebelumnya memang sudah ditetapkan.

Disisi lain, Millis Geoffrey menjelaskan bahwa manajemen administrasi adalah suatu proses pembimbingan personil perusahaan dalam hal menggunakan sarana dan juga prasarana yang tersedia agar bisa mencapai tujuan bisnis yang sudah ditentukan.

Jadi, manajemen administrasi adalah salah satu ilmu manajemen yang mampu memberikan informasi layanan administrasi agar bisa melakukan operasional secara lebih maksimal. Manajemen administrasi ini sangat mempengaruhi kelancaran pada divisi lainnya dan juga kerap kali dimanfaatkan sebagai bahan utama dalam mengambil suatu kebijakan.

Walaupun begitu, manajemen administrasi selalu menjadi bentuk kekuatan yang tidak terlihat. Namun ketika Anda salah dalam mengelola nya, maka yang akan terjadi adalah kekacauan yang sangat banyak sekali.

Manajemen Administrasi berdasarkan Para Ahli
Mereka yang sudah ahli dalam bidang ilmu manajemen memiliki pandangannya sendiri tentang manajemen administrasi. Berikut ini adalah penjelasan manajemen administrasi menurut mereka:

W.H. Evans menerangkan bahwa administration management adalah suatu fungsi yang erat kaitannya dengan manajemen dan pengarahan pada seluruh tahap kegiatan perusahaan tentang pengelolaan suatu bahan, keterangan, bentuk komunikasi, dan juga memori perusahaan.

Millis Geoffrey berpendapat bahwa administration management adalah suatu seni tentang membimbing setiap individu dalam suatu perusahaan untuk mampu memanfaatkan sarana yang sesuai dengan lingkungan perusahaan demi meraih tujuan yang sebelumnya sudah ditentukan.

George R. Terry mengatakan bahwa administration management adalah suatu bentuk kegiatan perencanaan, pengendalian, dan juga pengorganisasian pekerjaan, serta menggerakan para individu pada suatu perusahaan agar mampu meraih tujuan yang sudah ditetapkan.

* Edwin Robinson dan William Leffingwell

Kedua ahli dalam bidang ilmu manajemen ini berpendapat bahwa administration management adalah suatu kegiatan perencanaan, pengendalian dan juga pengorganisasian setiap individu dalam suatu perusahaan, serta menggerakan para pelaksana yang ada di dalamnya untuk mampu mencapai tujuan perusahaan secara lebih baik.

Menurut Prajudi Atmosudirdjo, administration management adalah suatu gabungan antara kantor sebagai suatu kesatuan yang terdiri dari tanah, personel, perlengkapan, dan gedung (corporate management), serta pekerjaan perusahaan atau operation management.

Suparjati dkk. menjelaskan bahwa administration management adalah suatu proses bentuk kerjasama yang terjadi di dalam kantor agar seluruh tujuan perusahaan yang sebelumnya sudah ditetapkan bisa diraih dengan melakukan berbagai fungsi manajemen yang ada.

Moekijat berpendapat bahwa administration management adalah bentuk penerapan berbagai fungsi manajemen di dalam perusahaan yang berupa pengorganisasian, perencanaan, penggerakan, dan juga pengawasan perusahaan agar tujuan perusahaan bisa dicapai dan para karyawan di dalamnya bisa merasa puas.

Rifhi Siddiq menerangkan bahwa manajemen administrasi adalah suatu cara yang dilakukan dengan memperhatikan berbagai fungsi manajemen yang erat kaitannya dengan bentuk pekerjaan yang sebelumnya sudah direncanakan.

* John Neuner dan Benjamin Haynes

Kedua ahli pakar manajemen ini berpendapat bahwa administration management merupakan ilmu manajemen di dalam perusahaan yang mencakup pada bidang yang lebih sempit daripada yang umumnya terdapat dalam istilah manajemen untuk sebagian besar yang berkenaan dengan kegiatan pengawasan.

Pengertian administration managementberdasarkan Arthur Grager adalah suatu fungsi tata penyelenggaraan atas kegiatan komunikasi dan juga pelayanan warkat pada suatu perusahaan.

Pakar ilmu manajemen bernama Gie menjelaskan bahwa administration management adalah suatu rangkaian kegiatan berbentuk perencanaan, pengorganisasian yang berisi mengatur dan menyusun, pengawasan, pengarahan, dan juga pengendalian hingga penyelenggaraan yang dilakukan secara tertib pada pekerjaan kantor demi mencapai tujuan perusahaan.

* William Spriegel dan Ernest Davies

William Spriegel dan Ernest Davies menerangkan bahwa administration management adalah bentuk pengerahaan secara menyeluruh atas berbagai kegiatan menulis sebagaimana yang sudah dibedakan dari berbagai kegiatan seperti pengangkutan, pergudangan, ke pabrik, dan juga penjualan.

Baca juga: Kualitas Produk Adalah: Pengertian, Dimensi dan Pengaruhnya Pada Konsumen

Tujuan Manajemen Administrasi
Saat manajemen administrasi diterapkan dan dijalankan, maka perusahaan akan mendapatkan informasi penting terkait seberapa sukseskah tujuan yang sudah diraih dengan memanfaatkan saran dan juga prasarana yang sebelumnya sudah dirancang. Bentuk efisiensi yang terkandung di dalamnya mengacu pada syarat ekonomi, psikologis dan juga teknis.

Jadi perusahaan akan mendapatkan informasi berupa keefektifan biaya dan penggunaan pada saran dan prasarana, pemanfaatan hal tersebut secara maksimal, dan juga kepuasan terhadap karyawan dan pelanggan.

Berbagai tujuan administrasi akan bisa diraih jika berbagai fungsinya mampu dilakukan secara tepat dan benar. Jika diuraikan secara lebih lengkap, maka bisa diketahui bahwa tujuan administrasi mencakup:

* Melakukan pengelolaan data serta keterangan perusahaan di dalamnya secara lengkap, melindungi dan juga menyimpan serta menginformasikannya kepada mereka yang memerlukan.
* Memberikan dan mempresentasikan laporan serta catatan penting dengan rincian biaya yang tepat dan sesuai.
* Membantu pihak perusahaan dalam hal memelihara dan juga memenuhi keperluan yang erat kaitannya dengan proses administrasi.
* Memberikan layanan tata usaha kepada para mitra kerja dan juga pada pelanggan atau konsumen.
* Memberikan laporan yang terbaru dan juga relevan terkait perusahaan.

Fungsi Manajemen Administrasi
Adapun fungsi manajemen administrasi adalah sebagai berikut:

* Merencanakan kegiatan administrasi, seperti memelihara sarana dan prasarana yang ada misal ruang kerja perusahaan, anggaran perusahaan, ventilasi, dan lain sebagainya.
* Melakukan pengorganisasian dengan cara mengelompokkan berbagai alat yang digunakan dalam bidang usaha, tugas, tanggung jawab dan sumber daya manusia yang ada di dalamnya agar mampu melahirkan organisasi yang memang sesuai dengan visi dan misi perusahaan.
* Memotivasi seluruh karyawan agar mampu meraih tujuan perusahaan, khususnya dalam hal hal administrasi.
* Mengawasi berbagai proses administrasi perusahaan.

Tugas Pokok Manajemen Administrasi
Berdasarkan arti dari manajemen administrasi itu sendiri, seorang pakar bernama Millis Geoffrey membagi tugas pokok manajemen administrasi menjadi penggandaan (duplicating), pengiriman surat atau pesan sejenis (mailing), kalkulasi (calculating), pengarsipan (filing), menelepon (telephoning), pengecekan (checking), dan lain sebagainya.

Tahapan Manajemen Administrasi
Beberapa tahapan ataupun proses dalam manajemen administrasi meliputi:

Perencanaan adalah tahapan fundamental dalam mengarahkan pada kegiatan lain yang hendak dilakukan.

Setelah direncanakan, maka tahapan selanjutnya yang harus dilakukan adalah pengorganisasian pada keuangan, material, dan sumber daya manusia. Dalam pengorganisasian ini akan disusun kebijakan dan mereka yang terlibat didalamnya akan ditugaskan sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.

Setelah melakukan perencanaan dan juga pengorganisasian, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah pengarahan atau pengeksekusian strategi tersebut agar terjadi suatu proses yang berkelanjutan agar nantinya mampu memotivasi karyawan agar mampu mencapai tujuan perusahaan secara lebih efisien.

Agar aktivitas perusahaan bisa dilakukan secara lebih maksimal, dan juga tujuan perusahaan bisa tercapai dengan baik, maka harus dilakukan kontrol atau pengendalian yang dikomunikasikan secara baik kepada karyawan.

Kegiatan Manajemen Administrasi
Beberapa kegiatan manajemen administrasi ini mencakup pengadaan berkas atau file, pengarsipan, penyediaan informasi, melakukan inventarisasi sarana dan prasarana perusahaan, serta melakukan administrasi pada berbagai kegiatan perusahaan.

Baca juga: OKR Adalah: Pengertian, Keuntungan, dan Cara Membuat OKR

Mengapa Mempelajari Manajemen Administrasi Begitu Penting?
Saat suatu bisnis baru tengah dibangun, maka membuat suatu sistem adalah kegiatan yang sangat penting. Hal tersebut termasuk berbagai hal yang erat kaitannya dengan administrasi. Nah, ketika suatu bisnis sudah berkemang, maka berbagai hal kecil seperti kegiatan surat menyurat seperti surat kerjasama, pendataan, dan berbagai informasi yang ada dalam perusahaan akan terlihat seperti harta yang penting.

Untuk itu, administrasi seperti kendaraan yang menyalurkan berbagai informasi penting perusahaan, termasuk prasarana. Saat berbagai data yang ada di dalamnya mampu disimpan dan dikelola dengan baik, maka akan berdampak pada masa depan perusahaan. Artinya perusahaan akan mampu lebih sukses lagi jika memiliki administrasi yang dikelola dengan baik.

Selain manajemen administrasi, hal lain yang harus dilakukan oleh perusahaan agar bisa lebih sukses adalah dengan melakukan manajemen keuangan berupa pencatatan keuangan yang dilakukan secara rapi dan baik. Untuk memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan keuangan tersebut, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi ini, maka Anda akan lebih mudah dalam melakukan berbagai proses akuntansi, mulai dari laporan laba rugi, hingga laporan keuangan.

Accurate Online juga akan memudahkan Anda dalam melakukan berbagai proses akuntansi yang rumit. Jadi, Anda bisa mencatat seluruh transaksi laporan keuangan Anda dengan cepat. Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Bagikan info ini ke temanmu!