Blog

Legitimasi Pengertian Hukum Politik Dan Kekuasaan Menurut Para Ahli

Pengertian Legitimasi – Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan tentang legitimasi menurut para ahli . Langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama agar mudah untuk dipahami.

Pengertian Legitimasi
Legitimasi merupakan suatu kondisi yang terkiat dengan penerimaan keputusan pimpinan atau pejabat pada sebuah pemerintahan.

Atau pelaksana kekuasaan yang sudah disesuaikan terhadap berbagai prosedur yang di berlakukan di tengah masyarakat umum atau dengan kata lain sesuai dengan berbagai nilai politik dan moral yang sewajarnya.

Umumnya Legitimasi masih erat hubungannnya dengan masalah hukum dan penerapan berbagai undang – undang yang dibuat atas dasar sejumlah keputusan di peradilan.

Yang mana hal ini nantinya akan di jadikan sebagai tolak ukur bagaimana nantinya sebuah keputusan tersebut dapat di terima dan bisa di akuinya keabsahannya pada masyarakat banyak.

Pengertian Legitimasi Politik
Sedangkan, legitimasi politik adalah merupakan suatu gambaran dari suatu politik yang berdasarkan terhadap suatu keputusan dari hasil peradilan yang bertujuan sebagai suatu bukti bahwasanya disetiap kebijakan yang sudah di tetapkan adalah untuk kepentingan masyarakat.

Pengertian Legitimasi Hukum
Legitimasi hukum adalah sebuah pengakuan hukum yang berada di tengah masyarakat dan dapat di katakana masih ada kaitannya dengan tindakan perbuatan hukum yang sudah berlaku serta berbagai undang – undang yang sah dan sudah di tetapkan.

Yang mana hal ini meliputi di antaranya peraturan hukum formal, hukum etnis, hukum adat – istiadat dan hukum kemasyarakatan yang memang telah ada pada masyrakat tersebut.

Dan diakui keabsahannya, sehingga dengan melihat penjelasan di atas maka legitimasi memang sangat penting dalam kehidupan masyarakat luas.

Dari segi pelaksanaannya, legitimasi dapat dibilang memang di tujukan secara khusus untuk pemegang kekuasaan dalam menggunakan berbagai cara dan tataran masyarakat yang berbeda – beda yang umumnya masih melibatkan dan berupa ritual formal yang sifatnya religious.

Sehingga dalam hal ini akan melibatkan berbagai pihak yang memiliki beberapa kepentingan. Kemungkinan ini bisa saja terjadi di dalam sebuah tataran masyarakat yang masih memiliki hubungan yang erat dengan konsep adat dan budaya lokal itu sendiri, dimana hal ini dilakukan sebagai suatu kewajiban.

Pengertian Legitimasi Kekuasaan
Selanjutnya adalah legitimasi kekuasaan, David Easton menjelaskan bahwa Legitimasi kekuasaan merupakan suatu keyakinan terhadap setiap anggota yang ada di dalam masyarakat yang mentaati dan menerima berbagai kebijakan yang sebelumnya sudah di buat oleh penguasa dan sudah memenuhi berbagai tuntutan yang terdapat pada rezim penguasa tersebut.

Sehingga Legitimasi mempunyai pengertian sebagai suatu konsep yang bisa melahirkan sebuah keterikatan di antara pemimpin dan masyrakat. Pada sebuah negara pemerintahan, legitimasi dapat dikatakan keberadaanya sangatlah penting khususnya untuk pemimpin pemerintahan.

Karena para pemimpin tersebut akan selalu bekerja keras supaya dapat memperoleh atau mempertahankan dari legitimasi tersebut.

Demikianlah ulasan tentang Pengertian Legitimasi semoga dapat bermanfaat dan berguna dalam menambah wawasan serta ilmu pengetahuan untuk kalian semua , sekian dan terimakasih.