Blog

Kremlin Berisiko Dilemahkan oleh Komentar Wagner Group Financier: ISW

 Kremlin Berisiko Dilemahkan oleh Komentar Wagner Group Financier: ISW

Kekuasaan Presiden Rusia Vladimir Putin dapat terancam sebab investor di belakang golongan tentara upah Rusia mengkritik performa militer di Ukraina, berdasarkan Institute for the Study of War (ISW).

Pernyataan kritis perihal perang dari oligarki Yevgeny Prigozhin, investor di belakang Grup Wagner , bisa \”merusak\” citra energi Putin, berdasarkan laporan ISW ​​yang diterbitkan Senin malam. Prigozhin, yang lama dianggap sebagai salah satu sekutu terkuat Putin, permulaan bulan ini memuji rekomendasi pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov bahwa seorang jenderal top Rusia seharusnya dikirim ke garis depan perang dan dipaksa untuk \”menghapus rasa malunya dengan darah.\” Prigozhin merekomendasikan bahwa \”segala bajingan ini\” yang memimpin militer seharusnya dipaksa untuk bergabung dengannya.

Sementara Prigozhin tak mengecam Putin secara segera, pengukuran buruk kepada performa militer darinya dan orang lain di antara elit Rusia sudah memicu sebagian orang untuk berspekulasi bahwa upaya untuk menggulingkan presiden Rusia mungkin sedang berjalan. Laporan ISW ​​hari Senin mencatat bahwa media sosial yang berafiliasi dengan Prigozhin dan Grup Wagner \”kian mengomentari ketidakefektifan lembaga militer tradisional Rusia dan persoalan sosial, yang secara tak segera bisa merusak undang-undang Kremlin.\”

\”Narasi Prigozhin mempunyai bahan untuk menarik konstituen nasionalis Presiden Rusia Vladimir Putin yang sudah lama menyerukan oligarki untuk membiayai pasokan untuk angkatan bersenjata, menuntut transparansi perihal apa yang sebetulnya terjadi di garis depan, dan mengkritik lembaga militer tinggi Rusia atas perbuatan mereka. kegagalan di garis depan,\” kata laporan itu.

\”Sementara Prigozhin tak secara segera menyangkal atau mengkritik Putin, ketenarannya yang berkembang dalam kelompok sosial nasionalis bisa merusak kekuatan tarik \’orang kuat\’ Putin sebagai perbandingan,\” lanjutnya. “Pembicaraan yang timbul perihal perang saudara di Rusia berikutnya bisa mengganggu narasi Kremlin perihal persatuan nasional, etnis, dan agama di Rusia.”

Ahli militer Rusia yang berbasis di Kyiv Oleg Zhdanov mengatakan dalam sebuah wawancara di radio Ukraina permulaan bulan ini bahwa Prigozhin dan Kadyrov mungkin mengkritik militer sebagai komponen dari upaya elit Rusia untuk \”mengguncang kondisi untuk menggulingkan Putin.\”

Organisasi jurnalisme investigasi Bellingcat dan yang lainnya sudah merekomendasikan bahwa Grup Wagner mungkin sudah membikin klip video baru-baru ini yang menonjolkan pasukan Rusia mengeluh perihal situasi dan kurangnya dukungan militer sebagai komponen dari upaya untuk melemahkan Putin.

Tentara upah dari Grup Wagner juga sudah memainkan peran yang meningkat dalam perang sebab pasukan Rusia sudah mengambil banyak korban di tengah serangan balik sengit Ukraina. Tentara swasta benar-benar aktif di kawasan Donbas timur Ukraina.

Minggu lalu, Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan bahwa tentara upah \”benar-benar\” terlibat dalam pertempuran berkepanjangan untuk merajai kota Bakhmut. Alexei Nagin, seorang komandan senior untuk Grup Wagner, tewas dikala berperang melawan pasukan Ukraina di dekat Bakhmut bulan lalu.

Newsweek menghubungi pemerintah Rusia untuk memberikan komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *